Pembangunan Terminal Ketiga Bandara Kota Dhaka Melampaui Target

Tentang Dhaka Ciy

Pembangunan Terminal Ketiga Bandara Kota Dhaka Melampaui Target – Para pejabat mengatakan peluncuran lunak terminal yang paling ditunggu-tunggu itu diharapkan terjadi pada September-Oktober tahun depan

Pembangunan Terminal Ketiga Bandara Kota Dhaka Melampaui Target

dhakacity – Pembangunan terminal ketiga Bandara Internasional Hazrat Shahjalal (HSIA) berjalan lancar dengan penyelesaian mencapai 2% lebih dari target April.

Para pejabat mengatakan peluncuran lunak terminal yang ditunggu-tunggu itu diperkirakan akan terjadi pada September-Oktober tahun depan.

Setelah mengunjungi lokasi proyek di Kurmitola ibukota pada hari Senin, Menteri Negara Penerbangan Sipil dan Pariwisata Mahbub Ali mengatakan kepada wartawan, “Pembangunan bandara kelas dunia ini 1,9% di depan target yang diharapkan.

Baca Juga : Pembelajaran Di Bangladesh Diawasi Oleh Departemen Pembelajaran 

“Pada 8 April, pembangunan terminal ketiga seharusnya 32,7% selesai. Namun, kenyataannya adalah 34,6%. Pembangunan akan selesai dalam waktu yang ditentukan.”

Mengungkapkan harapan bahwa terminal dapat diresmikan dalam waktu yang dijadwalkan Desember 2023, dia berkata, “Penumpang di terminal ketiga akan menikmati kualitas layanan yang sama seperti yang mereka dapatkan di Bandara Heathrow London atau bandara Thailand.

“Tidak akan ada kompromi dengan kualitas,” katanya tentang proyek yang dilaksanakan oleh Mitsubishi dan Fujita dari Jepang, dan Samsung dari Korea Selatan.

“Kalaupun ada pekerjaan yang tersisa, soft launching bisa dilakukan lebih awal. Selama wabah Covid-19, pekerjaan konstruksi terminal ketiga tidak berhenti satu hari pun,” tambahnya.

Sekitar 4.000 pekerja nasional dan internasional mengerjakan proyek tersebut, menurut Otoritas Penerbangan Sipil Bangladesh (CAAB).

Setelah selesai, terminal dapat melayani dua kali jumlah penumpang daripada yang ditangani Bandara Dhaka saat ini, kata para pejabat.

Di jalan tol layang, menteri negara mengatakan, “Pekerjaan ini perlu dikoordinasikan. Pekerjaan di jalan tol layang akan dimulai dalam beberapa hari, ketika terminal akan terhubung ke jalan tol.

“Perdana menteri telah menginstruksikan kami untuk memperpanjang terowongan ke Kamp Haji Ashkona. Kami akan bekerja sesuai dengan itu,” katanya

Setelah penyelesaian proyek, HSIA akan dapat memberikan layanan kepada lebih dari dua crore penumpang setiap tahun, menurut CAAB.

Ditanya apakah biaya proyek bisa meningkat, Mahbub Ali menjawab, “Kita lihat saja. Tidak ada jaminan.”

Wakil Marsekal Udara CAAB Mafidur Rahman mengatakan, “Pembangunan terminal ketiga berjalan sesuai jadwal. Ada sedikit keterlambatan karena pekerjaan di Jalan Tol Ditinggikan Dhaka dimulai sedikit terlambat.”

Ketika terminal ketiga selesai, itu akan menggandakan kapasitas penanganan penumpang dan kargo tahunan bandara, menurut AKM Maksudul Islam, direktur proyek terminal ketiga.

Baru-baru ini, dia mengatakan kepada delegasi Asosiasi Produsen dan Eksportir Garmen Bangladesh bahwa setelah menyelesaikan terminal, bandara akan mampu menangani lima lakh ton kargo dari dua lakh ton saat ini.

Menurut sumber proyek, terminal sedang dibangun di atas lahan seluas 542.000 meter persegi dan akan memiliki luas lantai 230.000 meter persegi, 115 konter check-in, 64 meja imigrasi keberangkatan dan 64 kedatangan.

Sementara itu, pembangunan high speed taxiway di bandara juga dilakukan dengan cepat.

Ketua CAAB pada hari Senin mengatakan, “Rencananya adalah untuk menyelesaikan pekerjaan pada bulan Juni. Namun, itu akan selesai dalam minggu pertama bulan Mei.”

Ketua juga mengatakan bahwa pekerjaan memasang radar baru di bandara telah dimulai.

Pada 28 Desember 2019, Perdana Menteri Sheikh Hasina meresmikan pekerjaan konstruksi “Terminal Ketiga HSIA” senilai Tk21.300 crore di Dhaka yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penumpang dan kargo bandara.

Proyek ini menerima sinyal hijau dari Komite Eksekutif Dewan Ekonomi Nasional pada 24 Oktober 2017. Ini melibatkan perkiraan biaya Tk13.610crore.

Namun, pada 2019, biaya itu kemudian direvisi. Dari total biaya tersebut, pemerintah akan menyediakan Tk5.000 crore dan sisanya akan didanai oleh Japan International Cooperation Agency.

Pembangunan Terminal Ketiga Bandara Kota Dhaka Melampaui Target

Related Posts

slot dana 5000