15 Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Bangladesh

Bangladesh

15 Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Bangladesh – Menurut Bank Dunia, Bangladesh adalah tujuan turis paling sedikit di dunia. Ini adalah negara yang indah di Asia Selatan yang berbatasan dengan India dan Myanmar.

15 Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Bangladesh

dhakacity – Pariwisata belum berkembang di negara ini. Oleh karena itu, tidak ada penipuan terkait pariwisata di sini, dan orang pada umumnya terkejut melihat turis, terutama di daerah pedesaan di luar ibu kota Dhaka.

Orang-orang menyambut orang asing di mana saja dan berusaha membantu mereka dengan cara apa pun yang memungkinkan. Situs wisata belum terlalu ramai di sini. Anda akan menemukan sangat sedikit turis di sini selama kunjungan Anda. Itulah mengapa ini adalah waktu terbaik untuk bepergian ke Bangladesh. Di sini Anda akan menemukan daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh , yang tidak boleh Anda lewatkan dalam perjalanan Anda untuk pengalaman yang tak terlupakan.

Membuat daftar tempat terbaik di suatu negara selalu menimbulkan perdebatan saat membuat daftar dalam urutan tertentu. Berada di industri pariwisata selama bertahun-tahun dan mengunjungi setiap sudut negara berkali-kali, saya pikir ini adalah tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh agar pelancong barat benar-benar mengenal negara ini. Beri tahu saya di komentar jika Anda setuju atau tidak setuju dengan saya dan punya saran untuk memperbaiki daftar. Ringkasan daftarnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga : 10 Masjid Bersejarah Terindah di Bangladesh

1. Sundarban Mangrove Forest

Sundarban adalah hutan bakau terbesar di dunia dan salah satu lingkungan paling liar dan paling tidak dikenal di Asia selatan. Terletak di delta yang dibentuk oleh pertemuan sungai Gangga, Brahmaputra, dan Meghna di Teluk Benggala, Sundarban membentang lebih dari 10.000 km persegi.

Dua pertiga dari Sundarban terletak di Bangladesh, dan sisanya di India. Ini adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan ditunjuk sebagai situs lahan basah yang penting secara internasional di bawah Konvensi Ramsar.

Sundarban adalah rumah bagi 104 Royal Bengal Tigers, 30.000 rusa tutul, 35 spesies reptil (termasuk ular kobra dan ular sanca raksasa dan delapan spesies amfibi), 300 spesies burung, 120 spesies ikan, 42 spesies mamalia, banyak lumba-lumba sungai , babi hutan, berang-berang tanpa cakar, monyet, dan buaya air asin bersama dengan banyak spesies satwa liar lainnya.

Ratusan sungai, anak sungai, dan kanal adalah urat nadi hutan, menjadikannya lingkungan yang masih asli. Lingkungan Sundarban menenangkan, dan mengunjungi hutan ini bisa menjadi pengalaman sekali seumur hidup. Sundarban adalah nomor satu dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

2. Bandarban

Bandarban di kawasan Chittagong Hill Tracts merupakan tempat yang indah alami penuh dengan perbukitan yang indah. Ini adalah satu-satunya wilayah berbukit di Bangladesh, rumah bagi banyak kelompok suku di negara tersebut. Ini adalah tempat terbaik di Bangladesh untuk perjalanan petualangan. Mendaki melalui perbukitannya, mengunjungi berbagai desa dan pasar suku, dan mengalami gaya hidup mereka adalah daya tarik utama Bandarban.

Sungai terindah di Bangladesh, Sangu, terletak di Bandarban. Ini adalah satu-satunya sungai berbukit di negara ini. Naik perahu di sungai Sangu pada sore hari akan menjadi kenangan yang luar biasa di Bandarban. Bandarban adalah nomor dua dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

Orang asing memerlukan izin khusus dari pemerintah untuk mengunjungi Bandarban, yang hanya mungkin didapat dengan bepergian dengan operator tur yang terdaftar pemerintah, seperti kami. Operator tur harus tetap berhubungan dekat dengan lembaga penegak hukum selama kunjungan orang asing mana pun. Mereka akan menjadi tanggung jawab operator tur selama tinggal di Bandarban. Juga, pemerintah membatasi wilayah di mana orang asing bisa masuk ke dalam Bandarban.

3. Cox’s Bazar

Cox’s Bazar adalah pantai berpasir tak terputus terpanjang di dunia, dengan panjang 125 km. Ini adalah tempat wisata paling populer di kalangan penduduk setempat di Bangladesh. Tempat sempurna untuk bersantai di akhir perjalanan panjang.

Untuk menghindari keramaian, menginaplah di resor dengan pantai pribadi. Pasar Ikan Grosir di Cox’s Bazar akan menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi selama Anda berada di sini. Cox’s Bazar adalah nomor tiga dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

4. Srimangal

Srimangal adalah ibu kota teh Bangladesh, yang terletak di bagian timur laut negara itu. Anda akan menemukan perkebunan teh hijau subur di mana pun Anda pergi ke sini. Ini adalah salah satu dari sedikit tempat di negara di mana jika Anda melihat-lihat, Anda mungkin tidak menemukan orang lain di mana pun kecuali Anda — tempat yang bagus dan tenang.

Berjalan melalui jalan setapak di dalam perkebunan teh di sini bisa menjadi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan di Bangladesh. Yang juga patut dikunjungi adalah Taman Nasional Lawachhara dan desa-desa dari berbagai suku. Anda dapat dengan mudah menghabiskan beberapa hari di sini dengan alam. Srimangal adalah nomor empat dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

5. Barisal

Barisal adalah tempat unik yang terletak di jantung Delta Gangga. Kehidupan di Barisal sepenuhnya didasarkan pada sungai. Daya tarik utama mengunjungi Barisal adalah untuk merasakan kehidupan dan budaya unik masyarakat di wilayah ini.

Anda dapat melihat banyak pasar terapung, bazaar, sekolah, dan desa untuk merasakan budaya unik Barisal. Musim hujan adalah waktu terbaik untuk mengunjungi wilayah ini ketika banyak sungai dan kanalnya dipenuhi air dan alam menjadi sangat hijau. Juga, saatnya pasar jambu terapung, yang sangat fotogenik. Barisal adalah nomor lima dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

6. Gauda / Gour

Gaur atau Gauda adalah reruntuhan kota dari masa kuno dan abad pertengahan, terletak di perbatasan India-Bangladesh. Kota ini berada pada masa puncaknya dari abad ke-12 hingga ke-14. Itu menjadi ibu kota seluruh Bengal. Itu adalah kota yang hidup dan kaya di abad pertengahan, yang akhirnya ditinggalkan karena kolera.

Beberapa masjid indah di Gaur masih tersembunyi di balik kebun mangga. Departemen arkeologi Bangladesh telah melakukan beberapa pekerjaan restorasi yang sangat baik pada beberapa masjid ini. Ini adalah tempat yang fantastis untuk dikunjungi bagi pecinta sejarah. Gaur adalah nomor enam dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

7. Rangamati

Rangamti adalah sebuah distrik di daerah Chittagong Hill-Tracts. Alasan utama untuk mengunjungi tempat ini adalah Danau Kaptai. Ini adalah danau buatan yang indah alami yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang indah. Hal terbaik untuk dilakukan di Rangamati adalah menikmati naik perahu di Danau Kaptai sepanjang hari.

Rangamati juga merupakan rumah bagi banyak kelompok suku. Anda dapat mengunjungi pasar kerajinan mereka untuk membeli beberapa kain buatan tangan berkualitas bagus. Ada vihara Buddha bernama Rajban Bihara yang juga patut untuk dikunjungi. Rangamati adalah nomor tujuh dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

8. Puthia

Puthia adalah desa kecil di Rajshahi yang penuh dengan kuil Hindu yang indah. Jumlah kuil bersejarah terbesar di Bangladesh ditemukan di Puthia, beberapa di antaranya terpelihara dengan baik. Kuil-kuil ini memiliki desain yang unik.

Beberapa di antaranya dihiasi dengan plakat terakota indah yang menggambarkan kisah-kisah epik Hindu. Ini adalah tempat yang harus dikunjungi jika Anda mengunjungi Bangladesh. Puthia adalah nomor delapan dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

9. Dinajpur

Kuil Hindu terindah di Bangladesh, Kuil Kantaji, adalah daya tarik utama Dinajpur, sebuah distrik terpencil di barat laut Bangladesh. Dibangun pada awal abad ke-18 oleh maharaja (tuan tanah feodal) Dinajpur, setiap inci candi ini dibungkus dengan plakat terakota yang menakjubkan yang menggambarkan kisah dan kehidupan epik Hindu di abad ke-18.

Daya tarik lain dari Dinajpur adalah Masjid Nayabad di dekatnya, sebuah masjid kecil dari zaman Mughal yang dibangun pada tahun 1793 Masehi. Penduduk setempat percaya bahwa para pekerja arsitektur Muslim Kuil Kantaji membangun masjid ini untuk mereka gunakan. Masjid ini terletak hanya 1,5 km barat daya candi.

Yang juga patut dikunjungi adalah sekolah yang terbuat dari lumpur dan bambu yang dirancang oleh seorang arsitek Jerman, yang menerima Penghargaan Agha Khan untuk Arsitektur. Dinajpur adalah nomor sembilan dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

10. Dhaka

Dhaka adalah megacity dan ibu kota Bangladesh, yang terletak di tepi sungai Buriganga. Ini adalah salah satu kota terpadat di dunia, rumah bagi 22 juta orang. Daya tarik utama Dhaka adalah keramaian dan hiruk pikuknya, surga bagi fotografer jalanan. Berjalan di jalan belakang Old Dhaka, mengunjungi banyak bazaarnya yang sibuk, dan menikmati naik perahu di Buriganga akan menjadi beberapa pengalaman luar biasa yang dapat dimiliki para pelancong di kota Dhaka.

Dhaka memiliki sejarah peradaban yang kaya, mulai dari abad ke-7. Ini pertama kali menjadi ibu kota pada masa pemerintahan kaisar Mughal Jahangir. Pada tahun 1610, gubernur Mughal yang baru diangkat Islam Khan dari subah Bengal memindahkan ibu kota dari Rajmahal (sekarang negara bagian Jharkhand di India) ke Dhaka.

Dhaka juga merupakan kota penting di bawah pemerintahan kolonial Inggris selama 200 tahun sesudahnya. Ini memiliki banyak situs arkeologi dari periode Mughal dan Inggris yang menjadi tempat wisata utama. Ahsan Manzil, Benteng Lalbagh, Masjid Bintang, Kuil Dhakeshwari, dan Gereja Armenia adalah beberapa di antaranya. Dhaka adalah nomor sepuluh dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

11. Sylhet

Sylhet adalah tempat yang indah secara alami di timur laut Bangladesh, dekat dengan negara bagian Meghalaya di India. Ini memiliki banyak tempat yang indah untuk dikunjungi. Kanal air hijau Lalakhal, area pengumpulan batu Jaflong, hutan rawa Ratargul dan banyak kebun tehnya menjadi daya tarik untuk mengunjungi Sylhet.

Anda juga bisa bertemu dengan beberapa orang suku di Sylhet, khususnya di Jaflong. Di sini Anda bisa bertemu dengan masyarakat suku Khasia yang menanam daun sirih di hutan. Sylhet adalah nomor sebelas dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

12. Paharpur

Di bagian barat laut Bangladesh, ada sebuah tempat kecil bernama Paharpur, yang menyimpan situs arkeologi paling mengesankan di Bangladesh bernama Somapura Mahabhihara, sebuah situs warisan dunia UNESCO. Itu adalah biara Buddha terbesar kedua di selatan Himalaya pada abad ke-8.

Pada masa puncaknya, para biksu dari seluruh dunia datang ke sini untuk pendidikan tinggi. Itu adalah salah satu biara Buddha terbaik di dunia pada waktu itu. Paharpur adalah nomor dua belas dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

13. Bagerhat

Bagerhat adalah kota yang didirikan pada abad ke-15 oleh seorang jenderal Turki, yang sebelumnya dikenal sebagai Khalifatabad. Itu penuh dengan masjid bersejarah yang indah, di antaranya Masjid 60 Kubah adalah yang paling terkenal. Seluruh kota ini diakui sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Kota bersejarah ini, yang terdaftar oleh Forbes sebagai salah satu dari 15 kota yang hilang di dunia, memiliki lebih dari 50 monumen Islam yang ditemukan setelah menghilangkan tumbuh-tumbuhan yang telah menutupinya dari pandangan selama berabad-abad. Bagerhat adalah nomor tiga belas dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

14. St. Martin’s Island

Pulau St. Martin adalah pulau karang yang indah di Teluk Benggala di Bangladesh. Bagi pecinta pantai, ini adalah tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh. Turis lokal pergi mengunjungi pulau ini terutama dalam perjalanan sehari. Setelah mereka pergi pada sore hari, itu menjadi tenang.

Anda dapat tinggal di resor mana pun dengan pantai pribadi dan bersantai di pulau selama beberapa hari saat Anda lelah bepergian selama beberapa minggu di pedesaan. Pulau St. Martin adalah nomor enam belas dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

15. Bagha

Bagha adalah sebuah desa di barat laut Bangladesh, berjarak 20 km dari desa kuil Puthia. Daya tarik tempat ini adalah Masjid Bagha, arsitektur pra-Mughal di Bengal. Dibangun pada tahun 1523-1524 oleh Sultan Nusrat Shah, putra Alauddin Shah, pendiri dinasti Husain Shahi, Masjid Bagha adalah masjid terakota terindah di Bangladesh.

Tidak seperti masjid bersejarah lainnya di Bangladesh, karya terakota yang luas hadir di dinding dalam dan luar masjid ini. Akan sangat mudah untuk menggabungkan kunjungan ke Bagha dengan kunjungan Anda ke Puthia. Bagha adalah nomor tujuh belas dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bangladesh.

Bangladesh Dikunjungi Tempat Terbaik

Related Posts

slot dana 5000