Sistem Pendidikan Di Republik Bangladesh

Sistem Pendidikan Di Republik Bangladesh

Berita Blog

Sistem Pendidikan Di Republik Bangladesh – Pembelajaran di Bangladesh diawasi oleh Departemen Pembelajaran negeri itu. The Unit Pokok serta Mass Pembelajaran bertanggung jawab buat melakukan kebijaksanaan buat pembelajaran dasar serta sekolah yang didanai negeri di tingkatan lokal. Di Bangladesh, seluruh masyarakat negeri wajib menjajaki harus berlatih 2 simpati tahun yang terdiri dari 8 tahun di tingkatan sekolah dasar serta 4 tahun di tingkatan sekolah menengah. Pembelajaran dasar serta menengah dibiayai oleh negeri serta free di sekolah biasa.

Sistem Pendidikan Di Republik Bangladesh
ppitv.org

dhakacity – Bangladesh seluruhnya cocok dengan tujuan Pembelajaran Buat Seluruh( EFA) PBB serta Tujuan Pembangunan Milenium( MDG) dan keterangan global terpaut pembelajaran yang lain. Artikel 17 Konstitusi Bangladesh memutuskan kalau seluruh anak menyambut pembelajaran free serta harus.

Sistem Pendidikan Di Republik Bangladesh

Denah sistem pembelajaran Bangladesh

Sistem pembelajaran penting dipecah jadi 3 kadar:

– Tingkatan dasar( kategori 1–8)

– Tingkatan menengah( 9- 12): Tidak terdapat sistem sekolah menengah di Bangladesh.

– tingkatan tersier

Di seluruh tingkatan sekolah, anak didik bisa memilah buat menyambut pembelajaran mereka dalam bahasa Inggris ataupun Bangla. Sekolah swasta mengarah memakai alat penataran berplatform bahasa Inggris sebaliknya sekolah yang disponsori penguasa memakai bahasa Bangla.

Baca juga : Sejarah Singkat Tentang Republik Bangladesh

Calon perwira di ruang kelas

Akademi Besar Calon perwira berarti dalam sistem pembelajaran Bangladesh. Akademi besar calon perwira merupakan akademi besar kamar serta badan yang diatur oleh Tentara Bangladesh. Patuh merupakan harus di seluruh akademi besar calon perwira. Faujdarhat Cadet College merupakan akademi besar calon perwira awal di Bangladesh, dibuat pada tahun 1958 di atas tanah seluas 185 acre( 0, 75 kilometer 2) di Faujdarhat di area Chittagong. Dikala ini, terdapat 12 akademi besar calon perwira di Bangladesh, tercantum 3 buat anak wanita.

Sampai September 2019, pembelajaran besar di Bangladesh berjalan di 44 universitas negara, 101 swasta, serta 3 universitas global. Anak didik bisa memilah buat meneruskan riset mereka di aspek akuntansi sewaan, metode, teknologi, pertanian serta medis di bermacam universitas serta akademi besar.

Pembelajaran Utama

Tanggung jawab manajemen pembelajaran dasar dengan cara totalitas terdapat pada Departemen Pembelajaran Dasar serta Massal( MOPME), yang dibangun selaku Departemen pada tahun 1992. Sedangkan MOPME ikut serta dalam formulasi kebijaksanaan, tanggung jawab penerapan terletak pada Direktorat Pembelajaran Dasar( DPE) dipandu oleh seseorang Ketua Jenderal. Direktorat Pembelajaran Dasar( DPE) serta kantor- kantor bawahannya di tingkatan kabupaten serta upazilabertanggung jawab penuh atas pengurusan serta pengawasan pembelajaran dasar. Tanggung jawab mereka mencakup perekrutan, penempatan, serta pemindahan guru serta karyawan yang lain; menata penataran pembibitan in- service guru; penyaluran novel bacaan free; serta pengawasan sekolah. Tanggung jawab pembangunan sekolah, koreksi serta penyediaan perabotan sekolah terletak pada DPE yang dilaksanakan lewat Unit Metode Penguasa Wilayah( LGED). Tubuh Kurikulum serta Novel Bacaan Nasional( BKTB) bertanggung jawab atas pengembangan kurikulum serta penciptaan novel bacaan. Sedangkan Departemen Pembelajaran( MOE) bertanggung jawab atas formulasi kebijaksanaan, Direktorat Pembelajaran Menengah serta Besar( DSHE) di dasar Departemen Pembelajaran bertanggung jawab buat mempraktikkan perihal yang serupa di tingkatan pembelajaran menengah serta besar. NCTB bertanggung jawab buat meningkatkan kurikulum serta menerbitkan novel bacaan standar.

Direktorat Pembelajaran Dasar( DPE) bertanggung jawab buat menyelenggarakan 2 tes biasa:

– Akta Pembelajaran Dasar( PEC)( 5 kategori)

– Akta Sekolah Menengah Awal( JSC)( kategori 8)

Pelajaran kedua

Postingan penting: Sekolah Menengah di Bangladesh

Tingkatan pembelajaran menengah dikendalikan oleh 9 badan Pembelajaran Biasa:

– Badan Pembelajaran Barishal buat Bagian Barishal

– Badan Pembelajaran Chattogram buat Bagian Chittagong

– Badan Pembelajaran Cumilla buat Bagian Cumilla

– Badan Pembelajaran Dhaka buat Bagian Dhaka

– Badan Pembelajaran Dinajpur buat Bagian Rangpur

– Badan Pembelajaran Jashore buat Bagian Jashore

– Badan Pembelajaran Mymensingh buat Bagian Mymensingh

– Badan Pembelajaran Rajshahi buat Bagian Rajshahi

– Badan Pembelajaran Sylhet buat Bagian Sylhet

Markas badan terdapat di Barishal, Cumilla Chattogram, Dhaka, Dinajpur Jessore, Mymensingh, Rajshahi serta Sylhet.

8 Tubuh Pembelajaran Menengah serta Menengah( BISE) berplatform area bertanggung jawab buat melaksanakan 2 tes biasa:

– Akta Sekolah Menengah( SSC)( kategori 10)

– Akta Sekolah Menengah Atas( HSC)( kategori 12)

Di tingkatan sekolah, buat sekolah menengah non- pemerintah, Panitia Manajemen Sekolah( SMC), serta di tingkatan akademi besar menengah, buat akademi besar non- pemerintah, Tubuh Pengasuh( GB), dibangun cocok bimbingan penguasa, bertanggung jawab buat mengerahkan pangkal energi, membenarkan perhitungan, mengatur pengeluaran, serta menunjuk serta mendisiplinkan karyawan. Sedangkan guru sekolah menengah non- pemerintah direkrut oleh SMC terpaut dengan menaati peraturan penguasa yang relevan, guru sekolah menengah negara direkrut dengan cara terkonsentrasi oleh DSHE lewat tes bersaing.

Di sekolah menengah negara, tidak terdapat SMC. Kepala sekolah bertanggung jawab penuh buat melaksanakan sekolah serta diawasi oleh delegasi ketua dari alam tiap- tiap. Federasi Guru Orang Berumur( PTA), bagaimanapun, terdapat buat membenarkan area berlatih serta membimbing yang lebih bagus.

Pembelajaran Tinggi

Di tingkatan tersier, universitas diatur oleh University Grants Commission. Akademi besar yang sediakan pembelajaran besar terletak di dasar Universitas Nasional. Tiap akademi besar medis berafiliasi dengan universitas negara. Universitas di Bangladesh merupakan tubuh bebas yang diatur oleh tubuh hukum semacam Perkongsian, Badan legislatif, Badan Akademik, dan lain- lain cocok dengan determinasi yang diresmikan dalam aksi tiap- tiap.

Pembelajaran metode serta kejuruan

Sistem Pembelajaran Metode serta Keahlian sediakan bimbingan yang berhubungan dengan bermacam aspek terapan serta efisien ilmu wawasan, teknologi serta metode, ataupun berpusat pada aspek spesial khusus. Lama bimbingan berkisar dari satu bulan sampai 4 tahun. The Badan Pembelajaran Teknis mengendalikan penataran pembibitan teknis serta keahlian di tingkatan menengah serta pula 2 tahun HSC BM atau Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) di tingkatan menengah yang lebih besar.

Direktorat Pembelajaran Metode( DTE) bertanggung jawab atas pemograman, pengembangan, serta penerapan pembelajaran metode serta keahlian di dalam negara. Kurikulum dilaksanakan oleh BTEB. Dalam Sistem Pembelajaran Metode, sehabis mendapatkan titel Akta Metode( kurikulum 4 tahun) dari institut yang tertera di dasar ini, anak didik bisa meneruskan pekerjaan pembelajaran mereka dengan mendapatkan titel ahli dari Universitas Metode& Teknologi. Umumnya diperlukan bonus 2 separuh hingga 3 tahun bimbingan buat memperoleh titel ahli, walaupun sebagian anak didik menginginkan durasi lebih dari 3 tahun buat melaksanakannya. Mereka setelah itu bisa mencatat di riset sesudah ahli. Anak didik pula bisa berlatih CA( Chartered Accounting) sehabis lolos HSC ataupun sarjanas serta wajib penuhi patokan masuk dari Institute of Chartered Accountants of Bangladesh( ICAB).

Baca juga : 7 Panduan Memilah Bidang Kuliah yang Pas Supaya Tidak Salah Jurusan

– Institut Politeknik Swedia Bangladesh Institut Politeknik Swedia Bangladesh ataupun Swedia semacam yang lazim diketahui, merupakan Sekolah Besar Metode Akta penguasa yang berada di Kaptai, Rangamati Hill Tracts di Bangladesh yang Dibuat pada tahun 1963.

– Institut Politeknik Barisal– salah satu institut politeknik terbanyak di Bangladesh

– BCMC College of Engineering& Technology– bersertifikat ISO serta akademi besar metode swasta terbanyak di Bangladesh, terdapat di Jessore

– Institut Politeknik Bogura– salah satu institut politeknik terbanyak di Bangladesh

– Comilla Polytechnic Institute– dibuat pada tahun 1962, salah satu institut politeknik penguasa terbanyak serta bereputasi baik

– Institut Politeknik Chittagong– sediakan pembelajaran abstrak serta efisien mengenai Metode serta teknologi dasar

– Institut Politeknik Dhaka– suatu badan teknis penguasa di Dhaka

– Institut Politeknik Feni– dibuat pada 29 Februari 1964, mempunyai dekat 2. 000 mahasiswa

– Institut Seni Grafis– salah satunya badan percetakan serta konsep grafis penguasa di Bangladesh

– Institut Politeknik Jessore

– Institut Politeknik Khulna– suatu badan teknis penguasa di Khulna

– Institut Politeknik Kushtia– institut politeknik terbanyak di Bangladesh

– Institut Ilmu serta Teknologi Mangrove– suatu badan teknis non- pemerintah di Khulna

– Institut Politeknik Mymensingh– dibuat pada tahun 1963 oleh Ford Foundation

– Institut Politeknik Patuakhali– salah satu institut politeknik terbanyak di Bangladesh

– Institut Politeknik Rajshahi– suatu badan teknis penguasa di Rajshahi

– Sylhet Polytechnic Institute– suatu badan akademis teknis yang dibantu negeri, dibuat pada tahun 1955 oleh Penguasa Pakistan

– Institut Politeknik Brahmanbaria– suatu badan teknis penguasa di Brahmanbaria, suatu badan akademis teknis yang dibantu negeri, dibuat pada tahun 2005

Sistem pembelajaran alternatif

sekolah menengah bahasa Inggris

Sekolah menengah bahasa Inggris beberapa besar merupakan sekolah swasta di mana seluruh bimbingan diajarkan dalam bahasa Inggris melainkan satu mata pelajaran Bahasa Bengali pada tingkatan lazim( O Tingkat). Sekolah- sekolah di Bangladesh ini menjajaki kompendium General Certificate of Examination( GCE) di mana anak didik direncanakan buat menjajaki tes Ordinary Tingkat( O Tingkat) serta Advanced Tingkat( A Tingkat). Sistem Akta Pembelajaran Biasa merupakan salah satu kualifikasi yang sangat diakui dengan cara global, yang berplatform di Inggris. Tes Tingkatan Lazim serta Sambungan merupakan bahasa Inggris yang sebanding dengan Akta Sekolah Menengah( SSC) serta Akta Sekolah Menengah Atas( HSC) pengecekan tiap- tiap. Beberapa besar anak didik menjajaki tes ini dari sekolah tertera di Bangladesh yang menjajaki kompendium GCE. Mereka yang tidak mendatangi sekolah yang menjajaki kompendium GCE pula bisa menjajaki tes Tingkatan Lazim serta Sambungan dari British Council. Pengecekan ini dicoba di dasar pengawasan British Council di Bangladesh. Tes GCE yang dicoba oleh British Council berjalan 2 kali satu tahun. Dikala ini, terdapat 2 badan yang bekerja dari Bangladesh buat Tes Tingkatan Lazim serta Sambungan, ialah Tes Global Edexcel serta Universitas Cambridge. Bangladesh baru- baru ini[ bila?] membuka sekolah tipe bahasa Inggrismenerjemahkan novel bacaan kediaman ke dalam bahasa Inggris. Dalam sebagian tahun terakhir kebijaksanaan bahasa nasional sudah membagikan prioritas penting buat pembelajaran bahasa Inggris di Bangladesh

pembelajaran madrasah

The Perguruan Sistem Pembelajaran berpusat pada pembelajaran agama, mengarahkan seluruh dasar- dasar pembelajaran di area agama. Pelajaran agama diajarkan dalam bahasa Arab serta para anak didik di sebagian wilayah pula melayani masjid- masjid setempat. Anak didik pula wajib menuntaskan seluruh bimbingan dari Sistem Pembelajaran Biasa. Banyak Perguruan swasta berlisensi menyambut kanak- kanak gelandangan serta berikan mereka santapan, tempat bermukim serta pembelajaran, misalnya Jamia Tawakkulia Renga Perguruan di Sylhet. Dalam Sistem Pembelajaran Perguruan terdapat 2 sistem:

Satu, yang diucap sistem Perguruan” Quomi” dipunyai serta didanai oleh swasta serta dijalani bagi sistem pembelajaran Islam Deobandi, yang menyangkal ilmu- ilmu logis.

Yang yang lain, yang diucap sistem perguruan” Alia”, dipunyai swasta namun disubsidi oleh penguasa( penguasa membelanjakan 11, 5% perhitungan pendidikannya buat perguruan alia, melunasi 80% pendapatan guru serta administrator). Perguruan Quomi beramal 1, 9% dari keseluruhan registrasi sekolah dasar serta 2, 2% dari registrasi sekolah menengah; Perguruan aliyah beramal 8, 4% dari sekolah dasar serta 19% dari registrasi sekolah menengah. Sistem alia ini semacam sistem pembelajaran pada biasanya, cuma saja bahasa Arab diajarkan di sisi pembelajaran biasa. The Perguruan Badan Pendidikanmencakup pembelajaran agama di Perguruan yang tertera di penguasa di tingkatan menengah. Sehabis lolos” Patuh”, seseorang anak didik bisa mencatat sepanjang 3 tahun bonus buat memperoleh tingkatan” Fazil”. Anak didik bisa meneruskan pembelajaran biasa lebih lanjut serta memperoleh titel universitas. Sehabis lolos dengan berhasil, mereka berikutnya bisa mencatat sepanjang 2 tahun lagi buat memperoleh titel tingkatan” Lengkap”.

Pendidikan Di Republik Bangladesh

Related Posts