Sejarah Singkat Tentang Republik Bangladesh

Sejarah Singkat Tentang Republik Bangladesh

Berita Blog Ibukota Bangladesh

Sejarah Singkat Tentang Republik BangladeshRepublik Bangladesh adalah negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan Myanmar di tenggara, Bengal di selatan, dan India di barat, utara dan timur. Bangladesh, bersama dengan Benggala Barat di India, membuat wilayah Bengali etno-linguistik. Bangladesh (বাংলাদেশ) secara literal berarti “negara bangla”. Ibu kota dan kota-kota terbanyak di Bangladesh, yaitu Dhaka.

Sejarah Singkat Tentang Republik Bangladesh

Sejarah Singkat Tentang Republik Bangladesh
tirto.id

dhakacity – Kaus pinggiran Bangladesh diresmikan melalui Divisi India pada tahun 1947. Negara ini adalah kapak Pakistan Timur (Pakistan Timur) yang dipisahkan dari kapak barat 1. 600 km. Perbandingan politik, bahasa dan ekonomi menimbulkan retakan antara dua sumbu, yang berakhir pada letusan perang kebebasan 1971 dan pembentukan negara-negara Bangladesh. Bertahun-tahun setelah kebebasan berantakan dengan kelaparan, bencana alam, kekurangan, kebisingan politik, penggelapan, dan kudeta tentara.

Baca juga : Mengunjungi Tempat Wisata Populer di Dhaka Sambil Bermain Judi Online

Bangladesh memiliki jumlah tertinggi dari masyarakat kedelapan di Bumi dan merupakan salah satu negara terpadat di bumi dengan tingkat kekurangan yang besar, tetapi pendapatan per jiwa Bangladesh meningkat 2 kali sehari sejak 1975 dan tingkat kekurangannya jatuh 20% sejak awal tahun 1990-an. Negara ini dimasukkan sebagai salah satu bagian dari “Eleven berikutnya”. Kota Dhaka dan daerah perkotaan lainnya adalah perintis penting di balik perkembangan ini.

Dalam cara geografis, negara ini terletak di muara Sungai Gangga-Brahmaputra yang produktif. Bangladesh menghadapi banjir Muson dan topan tahunan.

Sisa peradaban di Bengali Raya dapat dilihat kembali ke era 4 ribu tahun kemudian, ketika daerah itu dikuduskan oleh Dravida, Tibeto-Burma, dan Austro-Asiatic. Asal usul “Bangla” atau “Bengal” tidak diketahui, tetapi mengatakan diperkirakan akan mulai dari Abang, pembicaraan tentang Dravidia yang tinggal di daerah tersebut dekat tahun 1000 SM.

Kerajaan Gangaridai dibangun di dekat era ke-7, yang berikutnya disatukan dengan Bihar di pangkalan Imperium Magadha, Nanda, Maurya, dan Sunga. Bengal setelah itu menjadi bagian dari imperium Gupta dan Harsha dari era ke-3 sampai era 6. Setelah musim gugur, Shashanka mendirikan kerajaan, dan dia dianggap sebagai raja bebas pertama di asal usul Bangladesh.

Setelah menghadapi rentang waktu anarkisme, pala yang percaya pada Buddha memahami bidang 4 tahun ini sebelum waktu berikutnya digantikan oleh bangsaya yang percaya Hindu. Islam memasuki Bengal di era ke-12 melalui pedagang Arab. Pengkhotbah Sufi dan penahanan umat Islam membantu penyebaran Islam di daerah ini.

Bakhtyar Khilji, seseorang Jenderal Turkik, mengalahkan Lakshman Sen dari Sena dan menaklukkan beberapa wilayah Bengali utama pada tahun 1204. Daerah ini dipahami oleh Dinasti Yang Mulia dan tuan tanah Tanah Bhuiyan sepanjang dupa. Pada era 16, waktu Mughal memahami Bengal dan Dhaka menjadi pusat provinsi yang bermakna dalam rezim Mughal.

Orang-orang perdagangan Eropa tiba di era ke-15, serta hasil yang mereka tumbuh ke industri India Timur Inggris memahami Bengalah setelah pertempuran plase pada tahun 1757. Berdarah pada tahun 1857 – dikenal sebagai pengajuan wewenang untuk Royal kekuatan dengan viceroy sebagai eksekutif rezim. Sepanjang era kolonialisme, kelaparan menyerang anak daratan India berulang kali, semacam rasa lapar di Bengal pada tahun 1943 yang menewaskan 3 juta orang.

Kuliah memiliki belas kasih Sheikh Mujiburu pada 7 Maret 1971.

Antara 1905 dan 1911, mencoba upaya untuk menyangkal provinsi Bengali menjadi 2 Alam, dengan Dhaka sebagai ibu kota Alam Timur. Ketika India dipecah pada tahun 1947, Bengal dipecah ke garis keagamaan. Bagian barat Bengal memasuki daerah India, serta bagian timur yang terkait dengan Pakistan sebagai provinsi yang dikatakan oleh Benggala Timur (besok untuk menjadi Pakistan Timur).

Baca juga :  Flanders, Sebuah Tempat dengan Segala Pesona

Pada tahun 1950, pembaruan tanah diadili di Benggala Timur dengan penghapusan sistem tuan tanah feodal. Rezim Pakistan ketika didominasi oleh Pakistan Barat. Tindakan Bengali pada tahun 1951 adalah fitur awal dari keretakan antara Pakistan Barat dan Timur.

Ketidakpuasan penguasa pusat kemudian meningkat dalam dekade mendatang dan aliansi Awami muncul sebagai suara komunitas politik berbicara bahasa Bengali. Mereka meminta kemerdekaan pada 1960-an dan pada tahun 1966, puncak pergerakan Sheikh Mujiburu Mercy dipenjara. Dia dibebaskan pada tahun 1969 setelah beban pengkhianatan.

Pada tahun 1970, Topan Bhola menabrak tepi laut timur Pakistan. Topan ini membunuh setengah juta orang, tetapi penguasa pusat tidak benar-benar mengatasi bencana ini. Pada tahun 1970, Aliansi Awami memenangkan suara terbanyak dalam penentuan Parlemen, tetapi Sheikh Mujiburu Mercy dilarang oleh Sovereign, sebagai akibatnya kemarahan berbicara tentang orang Bengali terus meningkat.

Setelah berdialog dengan Mujib, kepala negara Yahya Khan menangkapnya pada 26 Maret 1971, dan meluncurkan operasi pencari. Target penting dari operasi adalah intelektual dan umat Hindu. Operasi ini membunuh banyak orang.

Ketika sebelum ditangkap, Sheikh Mujibukan Mercy dalam cara yang sah untuk melaporkan kebebasan Bangladesh dan memfokuskan semua orang untuk bertarung sampai seluruh kelas Pakistan berhasil diusir. Pengawas Aliansi Awami membentuk rezim di pengasingan di Kolkata, India. Rezim di pengasingan dalam cara-cara yang sah diperoleh di Mujib Nagar, wilayah Kustia, Pakistan Timur, pada 17 April 1971 dengan Tajuddin Ahmad sebagai menteri pertama pertama.

Perang kebebasan Bangladesh berlangsung selama 9 bulan. Mukti Bahini (Force Liberation) meluncurkan perang gerilya yang luar biasa ke Pakistan. Pejuang kebebasan Bangladesh mendapatkan dorongan penuh dari India. Mukti Bahini dan India berhasil meraih kemenangan bagi Pakistan pada 16 Desember 1971, dengan 90.000 orang diadakan oleh India. Bangladesh ditemukan di muara Bengawan Gangga-Brahmaputra. Muara sungai diciptakan oleh pertemuan Bengawan Ganga (Lotus Lotus Nickname atau Pôdda), Brahmaputra (Jamuna atau Jomuna), Meghna, dan Dengawan berkaitan dengan Himalaya. Tanah aluvial yang disetor oleh sungai telah menghasilkan tanah yang sangat produktif.

Beberapa Big Bangladesh terletak 12 m di dasar dataran laut, dan diyakini mendekati 50% tanah untuk dibanjiri ketika dataran laut naik menjadi 1 meter. Poin tertinggi di Bangladesh terletak di pegunungan Mowdok pada ketinggian dekat 1. 052 meter (3.51 kaki).

Iklim

Hawa Bangladesh tropis, dengan zaman dingin yang dingin dari Oktober hingga Maret dan panas dan kering panas dari bulan Maret hingga Juni. Periode hujan yang hangat dan basah mengalir dari Juni hingga Oktober dan menyediakan sejumlah besar curah hujan negara. Bencana alam, sejenis banjir, siklon tropis, dan angin tornado besar saling terkait setiap tahun, [26] ditambah dengan deforestasi, penurunan pusalah, dan abrasi.

Coxs Expo, sisi selatan kota Chittagong, memiliki pinggir laut yang tidak terputus sejauh 120 km (75 mil).

Pada bulan September 1998, Bangladesh menghadapi banjir terburuk di asalnya Bumi modern. 300.000 rumah dan 9. 700 km (6. 027 mi) Jalur banjir. Lebih dari 1. 000 orang melewati dan 30 juta tunawisma. 2 per 3 Bangladesh dibanjiri. Pemicunya banjir ini adalah curah hujan besar, salju yang meleleh di Himalaya, dan penebangan hutan.

Beberapa jalur pesisir utama terdiri dari hutan berawa yang diketahui oleh Sundarbans (Bengali: সুন্দরবন Shundorbôn), adalah hutan paling bakau di Bumi dan merupakan rumah bagi berbagai flora dan fauna, antara lain, gender Bengal. Pada tahun 1997, daerah ini diklaim rentan. Desa Kucica adalah burung nasional Bangladesh dan dikenal sebagai Doyel atau Doel (Bengali Bahasa: দোয়েল). Kepentingan nasional nasional adalah lily air, yang dikenal sebagai Shapla. Buah Nasional Bangladesh adalah Cempedak, yang di Bengali dikenal sebagai Kathal.

Bangladesh adalah negara kesatuan yang memiliki sistem rezim permanen parlementer. Kepala negara, kepala negara. Perannya dipenuhi dengan pergi ke upacara. Kontrol rezim sebenarnya dipegang oleh Menteri Pertama, yang merupakan kepala rezim. Kepala negara dipilih oleh badan legislatif setiap 5 tahun dan memiliki otoritas yang cukup terbatas. Otoritas kepala negara telah meningkat di seluruh era posisi rezim pemeliharaan.

Rezim sementara bertanggung jawab untuk mengatur transisi memimpin rezim terbaru. Administrator rezim sedangkan harus non-partisan dan memiliki durasi 3 bulan untuk menyelesaikan tugasnya. Sistem ini awalnya dipraktikkan pada tahun 1991 dan dilembagakan pada tahun 1996 sebagai amandemen ke-13 Konstitusi.

Menteri pertama dipilih melalui upacara penentuan oleh Kepala Negara dan Mustat Badan Parlemen dan menemukan kepercayaan pada sebagian besar anggota parlemen. Dewan Menteri terdiri dari menteri yang dipilih oleh Menteri Pertama dan dibesarkan oleh Kepala Negara. Parlemen Unikameral Bangladesh, Jatyo Sangshad, dipilih oleh orang-orang melalui suara terbanyak dari konstitusi suatu daerah untuk menghuni posisi yang berusia 5 tahun. Hak Pemilihan Umum Hukum untuk semua orang di negara itu ketika mereka tiba berusia 18 tahun.

Konstitusi Bangladesh ditulis pada tahun 1972 dan menghadapi 4 amandemen simpati. Hukum hukum lain di negara ini dibuat oleh parlemen yang merupakan anak dari Konstitusi. Tubuh yudisial tertinggi adalah Dewan Tertinggi. Hakim tertinggi dibesarkan oleh kepala negara. Lembaga Keadilan dan Penguatan Hukum di Bangladesh adalah lemas. Divisi Yudisial dari rezim dicoba pada 1 November 2007. Diperkirakan bahwa pembelahan ini akan membuat tubuh peradilan menjadi lebih kokoh. Undang-undang di Bangladesh bersumber dalam hukum hukum adat Inggris, tetapi undang-undang eksklusif seperti pernikahan dan peninggalan beralasan dalam fenomena dalam buku yang bersih, sebagai hasilnya lingkup agama seseorang dapat memiliki penguatan yang berbeda dengan ruang lingkup lainnya. agama.

2 Pihak penting di Bangladesh, yaitu Partai Patriot Bangladesh (PNB) dan Awami Alliance. PNB berteman dengan partai-partai Islam seperti Jamaat-e-Islamic Bangladesh dan Islamic Oikya Jote, sebaliknya Aliansi Awami berteman dengan pihak-pihak kiri dan sekuler. Pemain berarti yang lain, Partai Jiaiya, yang dipimpin oleh mantan penguasa tentara Ershad. Kompetisi Awami-BNP Alliance telah dipentaskan dan melonjak dengan pembentukan demonstrasi, kekerasan, dan pembantaian. Siswa khusus politik tegas di Bangladesh, aset era pembebasan. Hampir semua pihak memiliki sumbu mahasiswa aktif, dan siswa telah dipilih ke Parlemen.

2 Partai Islam, Janata Bangladesh Islam Craga (JMJB) dan Jamaat-Mujahidin Bangladesh (JMB) yang dianggap radikal, dilarang pada Februari 2005. Beberapa bom pengeboman kecil yang telah didirikan sejak 1999 diprediksi akan dicoba oleh kedua kelompok. Anggota partai yang dicurigai ditangkap. Penguasa Bangladesh dipuji oleh para pemimpin Bumi dengan posisi anti-teroris yang kokoh.

Bangladesh memiliki kebijaksanaan di luar negeri yang seimbang dan tergantung pada kebijakan multinasional. Pada tahun 1974, negara dikaitkan dengan persekutuan dan persatuan bangsa-bangsa, dan telah disaring karena tubuh tidak selalu sebagai Badan Keamanan PBB pada tahun 1978-1979 dan 2000-2001. Pada 1980-an, Bangladesh memainkan posisi yang signifikan dalam pendirian Asosiasi Asia Selatan untuk Kerjasama Regional (SAARC) untuk meningkatkan ikatan dengan negara-negara Asia Selatan lainnya.

Obligasi luar Bangladesh yang berarti ikatan dengan India. Obligasi India dengan Bangladesh datang dengan baik karena India membantu Bangladesh mencapai kemerdekaannya. Seiring dengan durasi, obligasi menemani kedua negara itu bangkit karena berbagai alibi. Dasar ketegangan penting antara Bangladesh dan India adalah tanggul Faraakka. Pada tahun 1975, India membuat tanggul dalam Gang Bengawan, 11 mil (18 kilometer) dari pinggiran kota dengan Bangladesh. Bangladesh menuduh tanggul terhadap penyelam air dari Bangladesh dan memunculkan bencana. Di bagian lain, India takut akan tindakan anti-India dan Islam yang agresif serta masuknya imigran tangan. Pada 2007, kedua negara sepakat untuk menyelesaikan keamanan, ekonomi, dan keunggulan dengan cara kerja sama.

Bangladesh memiliki ikatan hangat dengan Republik Cina. Antara 2006 hingga 2007, perdagangan disertai dengan kedua negara menambah 28. 5% dan sudah memberikan persetujuan untuk mendistribusikan akses gratis ke biaya untuk berbagai barang Bangladesh yang ingin memasuki pasar Cina. Kegiatan serupa antara tentara Bangladesh dan RRT juga meningkat, dengan penandatanganan persetujuan militer.

Saat ini, angkatan bersenjata Bangladesh telah mendekati 200.000 personel aktif, 17.000 personel pasukan Hawa, dan 24.000 personel Angkatan Laut. Ketika Bangladesh ini tidak berpartisipasi dalam perang apa pun, tetapi negara ini telah berlatih 2. 300 kekuatan dalam Perang Teluk I pada tahun 1991 dan juga mempraktikkan kekuatan untuk tujuan pembangunan kedamaian PBB di seluruh Bumi. Pada Mei 2007, Angkatan Bangladesh berpartisipasi dalam tujuan perdamaian di Republik Demokratik Kongo, Liberia, Sudan, Timor Leste, dan Tepi Laut Gading. Saat ini, Bangladesh adalah kekuatan agensi perdamaian ke-2.

Bagian dibagi menjadi area (ZILA). Ada 64 area di Bangladesh. Setiap area dibagi menjadi Upazila (Sub-Luas) atau Thana (Kantor Polisi). Setiap kantor polisi, tetapi di daerah kota besar, dipecah lagi untuk menjadi beberapa unit. Unit ini terdiri dari banyak desa. Di daerah kota besar, kantor polisi dibagi menjadi lingkungan, yang rusak kembali menjadi mahal. Tidak ada tanda tangan yang disaring di tingkat suku cadang, area, atau upazila, dan rezim terdiri dari administrator rezim. Penentuan langsung yang memilah para pemimpin seseorang dan beberapa mayat yang diadakan di setiap unit (bangsal).

Dhaka adalah ibu kota dan sebagian besar kota di Bangladesh. Kota penting lainnya adalah Chittagong, Khulna, Rajshahi, Sylhet, Larisal, Bogra, Comilla, Mymensingh, dan Rangpur. Di kota-kota, penentuan orang tua kota diadakan, sementara kotamadya lainnya memilah kepemimpinan seseorang. Orang tua dan pemimpin kota memiliki posisi 5 tahun.

Setelah kemerdekaan, Bangladesh menjadi poplisitas parlementer, dengan Mujib sebagai menteri pertama. Dalam penentuan Parlemen pada tahun 1973, Aliansi Awami menerima suara terbanyak.

Hunger dari semua negara antara tahun 1973 dan 1974. Pada awal 1975, Mujib mencoba mempraktikkan otoritas sosialis satu pihak melalui Baksental terbaru dibangun. Pada 15 Agustus 1975, Mujib dengan beberapa tubuh keluarganya terbunuh.

Kudeta yang mempekerjakan dan kemudian berjalan sampai Umum Ziaur’s Sovereign Mercy. Dia mengembalikan sistem multipartik dan mendirikan Partai Patriot Bangladesh (PNB). Otoritas Zia telah selesai setelah dia tewas pada tahun 1981. Penguasa penting Bangladesh berikutnya adalah Jenderal Hussain Muhammad Ershad, yang menerima otoritas tanpa kudeta berdarah pada tahun 1982. Dia didorong mengundurkan diri pada tahun 1990 setelah letusan revolusi yang luar biasa.

Sejak saat itu, sistem rezim Bangladesh kembali ke populasi parlemen. Istri Zia, Khaleda Zia, memimpin Partai Patriot Bangladesh menyebabkan kemenangan dalam penentuan yang biasa pada tahun 1991 dan menjadi yang pertama dari menteri wanita awal dalam asal usul Bangladesh. Aliansi Awami yang dipimpin oleh Sheikh Hasina Wajed (Mujib Girl) memenangkan pemilihan tahun 1996, tetapi dikalahkan oleh Partai Patriot Bangladesh pada tahun 2001.

Pada tanggal 11 Januari 2007, setelah pembentukan kebingungan politik, rezim sementara (pengasuh) ditunjuk untuk mengatur penentuan biasa berikutnya. Sikap menggelapkan gila di Bangladesh. Penguasa sementara hasil terbaru dalam memberantas penggelapan sebagai prioritas penting. Akhirnya, banyak politisi, administrator berarti, administrator kecil, dan lembaga partai ditangkap karena penggelapan. Penguasa penjaga mengadakan pemilihan yang seimbang dan bersih pada tanggal 29 Desember 2008. Sheikh Hasina Wajed memenangkan pemilihan dan bersumpah sebagai Menteri Pertama pada 6 Januari 2009.

Republik Bangladesh

Related Posts

Dhakacity - Informasi Terbaru Kota Dhaka Bangladesh