Musim Tak Tentu di Dhaka
Berita, Blog, Ibukota Bangladesh, Tentang Dhaka Ciy

Musim Tak Tentu di Dhaka

Musim Tak Tentu di Dhaka – Dhaka merupakan ibukota dari Bangladesh. Namun ada beberapa hal yang sangat istimewa dari kota dhaka. Kota ini memiliki letak geografis yang sangat berbeda. Memiliki kondisi geografis yang unik membuat perjalanan musim di kota ini menjadi sedikit rumit. Permasalahan di dalam kota dhaka sendiri memiliki kecenderungan yang sangat rumit. Oleh karenanya, bisa dikatakan bahwa keberadaan musim di kota dhaka sangat tidak menentu. Kondisi cuaca yang ada di kota dhaka sangatlah ekstrim. Bagaimana tidak, ketika musim kemarau tiba dhaka selalu saja kekeringan. Sedangkan ketika musim penghujan datang, dhaka selalu kebanjiran. Hal ini tentu saja sangat mengganggu kehidupan normal di kota dhaka. Cukup sulit memang untuk memastikan bahwa kota dhaka benar-benar aman.

Secara geografis, kota dhaka secara keseluruhan berupa dataran rendah. Sehingga cuacanya memang cenderung sedikit panas. Dialiri oleh sungai-sungai besar membuat daerah di sekitar aliran sungai menjadi tanah yang sangat subur. Dataran rendah yang menjadi countour utama dari dhaka memang sangat unik. Oleh karenanya dhaka memiliki kecenderungan cuaca yang sedikit ekstrim. Meskipun cuacanya ekstrim, namun lahan pertanian tumbuh subur di kota dhaka. Sebab aliran beberapa sungai besar yang mengelilinginya inilah yang membuat tanah-tanah di kota dhaka menjadi gembur dan dapat ditumbuhi oleh tanaman-tanaman pertanian. Sehingga untuk masalah pangan, dhaka tidak memiliki masalah yang cukup serius untuk dikhawatirkan.

Sungai besar yang mengelilingi seluruh daratan di kota dhaka diantaranya addalah sungai gangga, sungai brahma, dan beberapa sungai lainnya yang memiliki aliran yang cukup deras. Oleh karenanya meskipun cuacanya tidak menentu, dhaka tetap memiliki komoditas tanaman pangan yang tetap tumbuh subur. Sungai-sungai itu menjadi satu-satunya sumber air bersih yang ada di kota dhaka. Warga dhaka mengandalkan aliran sungai untuk beraktivitas dan menjadikannya sumber air bersih yang benar-benar digunakan untuk keperluan sehari-hari. Setidaknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan air bersih, warga dhaka sangat mengandalkan sungai-sungai ini untuk memenuhinya.

Sungai-sugai besar yang mengelilingi kota dhaka juga menjadi sumber tenaga listrik yang mengaliri di seluruh kota dhaka. Meskipun memiliki sumber listrik sendiri, akan tetapi tidak mampu secara keseluruhan memenuhi kebutuhan listrik warga dhaka yang sering bermain game online melalui laptop, hp dan komputer mereka. Ditambah lagi setiap warga suka menonton siaran pertandingan bola sehingga kebutuhan listrik warga dhaka sering tidak mencukupi.

Selain itu, sungai ini memiliki aliran yang tidak terlalu deras. Airnya yang cukup jernih memang sanagt dijaga dengan baik oleh warganya. Sebab air inilah yang menjadi sumber penghidupan warga kota dhaka. Jika sungainya tidak dijaga kualitas airnya maka warga kota dhaka akan kesulitan mencari sumber air bersih lainnya. Sungai jugalah yang menjadi penopang perekonomian kota dhaka. Sehingga warga sangat menjaga kualitas dari air sungai yang mengaliri di seluruh kota dhaka. Sebab sungai merupakan sumber penghidupan untuk warga kota dhaka yang paling utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *