Masalah Serius yang Dialami Kota Dhaka
Berita, Blog, Ibukota Bangladesh, Tentang Dhaka Ciy

Masalah Serius yang Dialami Kota Dhaka

Masalah Serius yang Dialami Kota Dhaka – Dhaka menjadi kota yang cukup penting. Alasannya adalah dhaka merupakan ibukota dari negara Bangladesh. Sebagai ibukota negara, dhaka memiliki peran penting untuk sejarah utama negara Bangladesh. Seluruh sejarah penting Bangladesh terjadi di dhaka. Oleh karenanya, dhaka memiliki peranan yang lebih dari sekedar ibukota negara. Memiliki jumlah penduduk yang cukup padat membuat dhaka memiliki sejumlah masalah sosial tersendiri yang cukup serius. Bangladesh sebagai negara kecil yang memiliki permasalahan serius tentu saja membuat dhaka city memiliki segudang pekerjaan yang harus diselesaikan dengan baik. Termasuk permasalahan lingkungan yang menjadi pekerjaan besar di kota dhaka yang sudah terjadi sejak lama.

Masalah serius yang terjadi di kota dhaka diantaranya adalah kota dhaka selalu dilanda angin topan yang cukup kencang. Bahkan beberapa diantaranya sudah menelan korban jiwa yang cukup besar. Pada tahun 1970, kota dhaka pernah dilanda badai besar hingga memakan korban jiwa sekitar 500 ribu jiwa. Kemudian pada tahun 1991, badai besar juga melanda kota dhaka dengan korban jiwa sebesar 140 ribu jiwa. Hal ini menandakan bahwa dhaka memiliki kondisi permasalahan lingkungan yang cukup serius. Hal ini merupakan dampak dari kondisi geografis kota dhaka yang secara keseluruhan di kelilingi oleh sungai besar yang berdampak pada angin yang bertiup cukup kencang. Seluruh daratan yang ada di dhaka memang merupakan dataran rendah. Tidak heran jika badai angin topan besar sering melanda kota dhaka.

Dhaka memiliki jumlah penduduk sekitar 15 juta jiwa. Mayoritas merupakan suku bengal. Sebagian besar warganya memeluk agama islam. Tidak heran jika kota dhaka terkenal dengan julukan sebagai kota masjid. Kota ini memiliki banyak sekali masjid yang cukup besar. Sehingga julukan sebagai kota masjid tepat rasanya diarahkan di kota dhaka. Sebagian besar warganya merupakan warga suku bengal yang memiliki karakteristik yang cukup unik. Sehingga tidak heran jika permasalahan sosial juga sangat kental di kota dhaka. Kehidupan yang cukup damai di kota dhaka memang tetap terjalin. Sebab di kota dhaka merupakan kota yang cukup besar.

Meskipun memiliki suku lain yang menjadi perbatasan dengan burma, akan tetapi suku bengal mampu hidup berdampingan dengan suku lainnya. Meskipun secara geografis bisa dikatakan dhaka tidak menguntungkan, namun untuk masalah perekonomian bukan menjadi yang terlalu utama. Sebab sebagian warganya merupakan warga petani yang hidup dengan memanfaatkan lahan pertanian di sekitar sungai. Meskipun angin kencang dan kekeringan sering melanda kota dhaka, namun sungai-sungai yang mengalirinya tidak pernah kering ketika musim kering. Hanya saja angin topan yang cukup besar terlalu sering melanda kota dhaka yang berdampak pada banyaknya korban jiwa ketika badai besar itu datang. Sehingga penduduk harus waspada dengan adanya angin topan tersebut ketika musim angin topan sedang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *