Masakan Khas Kota Dhaka
Berita, Blog, Ibukota Bangladesh, Tentang Dhaka Ciy

Masakan Khas Kota Dhaka

Masakan Khas Kota Dhaka – Kota dhaka memiliki penduduk yang dominan adalah suku bengal. Suku bengal memiliki selera yang cukup kuat akan rasa pedas dan rempah. Kekayaan rempah yang ada di dhaka membuat kota ini memiliki kekayaan kuliner dan rasa yang sangat tajam. Meskipun cukup tajam, akan tetapi kenikmatan rasanya tetap terjaga. Rempah-rempah yang dijadikan racikan bumbu dasar untuk makanan di dhaka menjadikan makanan tradisionalnya sangat kaya akan rasa. Kekayaan rasa yang perlu dicoba inilah yang menjadikan berkunjung ke kota dhaka tidak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Makanan yang dominan merupakan makanan yang mempunyai cita rasa cukup pedas dan tajam. Sehingga bagi penyuka makanan pedas, wajib untuk mencobanya.

Bahan dasar dari makanan khas dhaka dominan adalah daging. Daging kambing menjadi bahan dasar dominan pada masakan dhaka. Daging kambing yang diolah dengan bumbu full rempah-rempah terutama rempah yang menimbulkan rasa pedas membuat cita rasa kambing lebih tajam. Tidak memiliki bau yang tajam tentu saja. Biasanya bumu rempah yang akan dijadikan masakan daging kambing dibuat dan digiling menjadi bentuk pasta. Kemudian dicampurkan dan dimasak bersama dengan daging kambingnya. Selain masakan daging kambing, ada pula masakan daging sapi yang juga diberikan perlakuan sama yakni diberikan bumbu pasta berupa rempah-rempah yang sudah digiling dengann cukup halus.

Bagi orang yang vegetarian, tidak perlu khawatir. Sebab di dhaka juga tersedia jenis masakan lainnya yang juga sangat istimewa untuk di makan. Bahan dasarnya adalah sayur dan juga ikan segar. Olahan sayur di dhaka kebanyakan diolah dengan cara dikukus. Namun untuk mengukus sayur maupun ikan, gaya mengukusnya langsung dicampuri dengan rempah-rempah bumbu agar mendapatkan cita rasa rempah yang sangat kuat pada sayur maupun ikan. Cara pengukusan dengan metode ini snagat terkenal di dhaka. Sehingga selain lebih sehat, rasa rempah-rempahnya sangat kuat pada makanannya. Bahkan merasuk hingga ke dalam daging ikannya. Metode pemasakan seperti ini sangat populer di seluruh dunia. Sebab dapat memperkuat cita rasa dari bahan dasar sayuran maupun ikan sungainya.

Dikelilingi oleh sungai besar maklum jika makanan khasnya sebagian besar didominasi oleh ikan sungai yang memiliki rasa cenderung gurih. Menggunakan perpaduan bahan bumbu rempah yang kuat membuat rasa gurih ikan sungai asli menjadi semakin terasa. Jenis ikan sungai cukup populer di dhaka. Sebab komoditas asli dari dhaka adalah ikan sungai. Selain itu, makanan sayuran juga cukup banyak tumbuh dan banyak varietasnya yang bisa dijumpai. Bagi seorang yang vegetarian, sangat cocok dengan masakan di dhaka. Pemberian minyak mustard juga menjadi salah satu alasan mengapa masakan di dhaka menjadi sangat kaya akan rasa yang cukup tajam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *