Hal yang Perlu Diketahui Tentang Dhaka, Ibukota Bangladesh

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Dhaka, Ibukota Bangladesh – Bangladesh merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Selatan. Negara ini memiliki nama resmi yaitu Republik Rakyat Bangladesh. Negara ini memiliki batas perbatasan dengan India di sebelah timur, barat, dan utara. Sedangkah di bagian selatan, terdapat Teluk Benggala sebagai batas alam. Bangladesh merupakan sebuah negara berkembang hasil bentukan perpecahan dari India yang kemudian membentuk sayap timur Pakistan sebelum menjadi sebuah negara sendiri. Saat masa awal kemerdekaan Bangladesh, negara ini memiliki tingkat kemiskinan yang sangat parah. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya waktu, Bangladesh bisa menjadi salah satu negara yang menurunkan tingkat kemiskinan dalam jumlah yang besar.

Bangladesh memiliki ibukota di Dhaka atau yang juga dikenal sebagai Dhaka City. Ibukota Bangladesh ini terletak di tepi Sungai Buriganga yang merupakan sungai penting di Bangladesh. Selain itu, Dhaka juga dikenal sebagai salah satu kota yang merupakan penghasil yuter terbaik dan terbesar di dunia. Dhaka merupakan salah satu kota dengan tingkat kepadatang penduduk yang sangat tinggi baik di Bangladesh maupun dunia. Hal ini dikarenakan Bangladesh memiliki jumlah penduduk tertinggi kedepalan dunia. Sehingga, ibukotanya, Dhaka, menjadi salah satu magnet yang sangat kuat bagi para penduduk Bangladesh untuk mengadu nasib dan mencari mata pencaharian. Dhaka juga dikenal sebagai salah satu kota dengan arus perdagangan yang sangat sibuk. Komoditas utama yang menjadi bahan perdagangan bagi Dhaka adalah gula, yute, dan teh. Selain itu, Dhaka juga dikenal sebagai salah satu kota yang memproduksi tekstil dengan jumlah yang sangat tinggi. Maka, tak heran jika kain tekstil yang ada di Kota Dhaka merupakan salah satu kain tekstil yang memiliki kualitas tinggi. Selain itu, penduduk Kota Dhaka juga sangat terampil dalam memproduksi berbagai produk kerajinan tangan. Mereka menjual hasil kerajinan tangan mereka sebagai salah satu oleh – oleh yang bisa dibawa oleh turis dan diekspor ke luar negeri. Dari sinilah, ekonomi kota Dhaka mulai menggeliat.

Bukan tanpa alasan mengapa negara Bangladesh memilih kota Dhaka sebagai ibukota negara. Salah satu alasan yang sangat kuat selain posisinya yang ada di tepi sungai, Dhaka juga memiliki sejarah yang sangat panjang sejak era Kekaisaran Mughal. Waktu itu, Dhaka dipilih sebagai ibu kota Kekasairan Mugal dengan nama Jagangir Nagar. Nama tersebut dipilih sebagai salah satu cara untuk mengenang dan menghormati Kaisar Jahangir sebagai salah satu kaisar terbesar di Kekaisaran Mughal. Akan tetapi, saat terjadi pendudukan oleh Inggris, Dhaka juga tak luput dari penguasaan Inggris. Dhaka dikuasai oleh Inggris sejak tahun 1765. Akan tetapi, ketika Inggris tak lagi bercokol di Asia Selatan, Dhaka kembali bebas.

Seperti yang tekah dijelaskan sebelumnya bahwa Bangladesh merupakan salah satu negara yang terbentuk dari pecahan India yang kemudian menjadi sayap timur Pakistan sebelum berdiri sebagai negara yang mandiri dan berdaulat. Oleh karena itu, maka tak heran jika Dhaka juga pernah menjadi ibukota Pakistan Timur. Hal ini terjadi pada tahun 1947. Akan tetapi, ketika Bangladesh resmi memisahkan diri dari Pakistan, Dhaka menjadi ibukota Bangladesh sejak tahun 1971 hingga saat ini. Menurut salah satu anggota yang menjadi pengamat Dhaka mengatakan bahwa sejarah panjang dari ibukota Dhaka ini memiliki misteri dan pesonanya yang tidak luntur oleh zaman. Ia masih tetap kokoh berdiri sebagai salah satu kota bersejarah, kota pusat pemerintahan, sekaligus industri bagi Bangladesh.

Masa Lalu dan Masa Kini Dari Gedung Bioskop Terkenal di Dhaka
Blog

Masa Lalu dan Masa Kini Dari Gedung Bioskop Terkenal di Dhaka

Masa Lalu dan Masa Kini Dari Gedung Bioskop Terkenal di Dhaka – Gambar bergerak atau film selalu menjadi subjek daya tarik bagi orang-orang dari segala usia. Gambar yang diproyeksikan dari pita seluloid memiliki daya tarik tertentu. Meski era seluloid telah lama berlalu, daya tarik itu tetap sama. Di Bangladesh, untuk waktu yang lama gedung bioskop adalah satu-satunya media hiburan.

Masa Lalu dan Masa Kini Dari Gedung Bioskop Terkenal di Dhaka

dhakacity – Ada 1435 gedung bioskop di seluruh negeri secara keseluruhan tetapi jumlah itu telah menurun drastis karena berbagai alasan dan kami hanya memiliki kurang dari seratus saat ini. Ketidakstabilan ekonomi, masalah sosial, dan politik adalah beberapa alasan mengapa jumlah gedung bioskop turun sebanyak ini. Tapi mari kita tidak menggali lebih dalam topik itu melainkan mari kita fokus pada gedung bioskop populer di Dhaka dan bagaimana mereka muncul.

Baca Juga : 10 Pusat Perbelanjaan & Market Place Terbaik di Kota Dhaka

Gedung Bioskop Bersejarah

“Picture House” adalah teater pertama di Bangladesh. Perusahaan ini didirikan selama Perang Dunia I di Armanitola oleh seorang Inggris bernama Lazer. Nama “Rumah Gambar” diubah menjadi “Shabisthan” kemudian. Banyak orang percaya teater itu dimiliki oleh Nawab Yousuf Khan pada awalnya dan Lazer membelinya darinya. Teater ini memulai penayangannya dengan film Greta Garbo (aktris Swedia-Amerika). Pada awalnya, dua gambar ditampilkan setiap hari kecuali hari Minggu. Karena hari Minggu adalah akhir pekan, tiga gambar ditampilkan pada hari itu. Tetapi aula ditutup pada awal abad ke-21.

Setelah Shabisthan, banyak gedung bioskop dibangun termasuk Cinema Palace, gedung bioskop kedua di Dhaka. Dibangun pada tahun 1924 dan terletak di Chittaranjan Ave di Sadarghat. Pada tahun 1930, salah satu gedung bioskop paling populer di gedung bioskop Dhaka “Lion” dibangun. Selain itu, gedung bioskop Azad, gedung bioskop Manoshi, dan gedung bioskop Maya juga merupakan beberapa gedung bioskop bersejarah yang terkenal di Dhaka.

Aula Bioskop Digital

Industri film Bangladesh menghadapi masa-masa sulit. Orang tidak akan pergi ke aula untuk menonton film karena kualitas yang buruk atau karena digitalisasi. Tapi itu mulai berubah ketika era sinema digital mencapai Bangladesh. Setelah digitalisasi gedung bioskop, film 3D mulai diputar. Perlahan-lahan, orang menjadi tertarik untuk menonton film di gedung bioskop lagi dan jumlah penonton bioskop mulai meningkat.

Star Cineplex di Shimanto Shambhar, Bashundhara City Shopping Complex, dan Mohakhali, Blockbuster Cinemas di Jamuna Future Park, Shyamoli Cinema di Shyamoli, dan Balaka Cineworld di New Market adalah gedung bioskop digital saat ini di Dhaka. Proyektor digital berkualitas tinggi dengan sistem suara surround, harga tiket yang wajar, pengaturan tempat duduk yang nyaman, toilet yang bersih, dan pengaturan yang rapi telah membuat orang tertarik untuk pergi ke gedung bioskop. Kecuali untuk Balaka Cineworld, Anda dapat memesan tiket Anda secara online untuk semua aula ini.

Aula Bioskop Tahun 60-an dan 90-an

Didirikan pada tahun 1964, Balaka Cineworld adalah salah satu gedung bioskop tertua dan terpopuler di Dhaka. Terletak tepat di seberang Pasar Baru Dhaka, gedung bioskop tradisional ini tidak kehilangan daya tariknya. Modhumita adalah salah satu gedung bioskop tertua di Dhaka. Aula memulai perjalanannya kembali pada tahun 1976 sebelum kemerdekaan negara itu. Demikian pula, gedung bioskop Avishar (terletak di Tikatuli) adalah gedung bioskop populer lainnya di Dhaka yang masih menarik orang dari seluruh kota.

Ada gedung bioskop terkenal lainnya di berbagai bagian Dhaka yang mungkin tidak dalam kondisi bagus saat ini tetapi dulunya sangat populer di kalangan penonton bioskop Dhaka. Shaheen Cinema di Dhaka Cantonment, BGB Auditorium di Hazaribagh of Old Dhaka, Rajmoni Cinema di Kakrail, Jonaki Cinema di Nayapaltan, Poonam Cinema di Rayerbagh, dan Geet Cinema Hall di Jatrabari adalah beberapa gedung bioskop paling populer di Dhaka yang telah menjadi saksi banyak kenangan masa lalu.

Sebagian besar gedung bioskop di Dhaka berakar kuat dalam sejarah. Meskipun beberapa lebih populer daripada yang lain, tidak ada keraguan bahwa gedung bioskop ini memiliki daya tarik yang melampaui waktu itu sendiri.

10 Pusat Perbelanjaan & Market Place Terbaik di Kota Dhaka
Berita Tentang Dhaka Ciy

10 Pusat Perbelanjaan & Market Place Terbaik di Kota Dhaka

10 Pusat Perbelanjaan & Market Place Terbaik di Kota Dhaka – Pusat perbelanjaan dulunya adalah tempat untuk membeli produk kebutuhan tetapi sekarang tidak hanya untuk membeli makanan tetapi juga tempat untuk hiburan dan berkumpul dengan keluarga dan teman. Setiap kali Anda berada di tempat baru, Anda mungkin ingin mengumpulkan beberapa produk lokal untuk disimpan sebagai kenang-kenangan. Berikut adalah deskripsi singkat beberapa mal populer yang dapat membantu Anda saat berbelanja.

10 Pusat Perbelanjaan & Market Place Terbaik di Kota Dhaka

1. Jamuna Future Park (Bashundhara r/a)

dhakacity – Jamuna Future Park, kompleks perbelanjaan terbesar di Bangladesh, terletak di Kuril, Dhaka. Daerah terdekat dari pusat perbelanjaan adalah Gulshan, Uttara, Banani, Bashundhara, dan dekat dengan Bandara Internasional Shahjalal. Diresmikan pada tahun 2013 tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan tetapi juga sebagai tempat hiburan.

Baca Juga : Pembuatan kota besar: bagaimana Dhaka berubah dalam 50 tahun Bangladesh

Arsitektur mal ini adalah keindahan artistik yang unik. Mal yang sepenuhnya ber-AC ini memiliki kompleks tujuh lantai. Lantai lima khusus untuk hiburan dan menghabiskan waktu. taman hiburan untuk anak-anak, gimnasium, bioskop, kolam renang terpisah untuk pria dan wanita berada di lantai lima.

Ada juga gerai dan food court bermerek internasional dan lokal. Selain itu, pesona lain dari Jamuna Future Park adalah arena ice skating.

2. Bashundhara City Shopping Complex

Bashundhara City Complex adalah mal modern di Panthapath, Dhaka, tetangga Kawran Bazar, Farmgate, Dhanmondi, dan pusat terdekat Dhaka.it didirikan pada tahun 2004 dan sejak itu merupakan tempat untuk berbelanja, hiburan, dan hang out.

Kompleks ini memiliki 19 lantai yang berisi 2.325 toko ritel. Empat lantai pertama terutama untuk produk fashion. Anda akan menemukan barang-barang listrik, ponsel, dan aksesori ponsel di lantai 5 dan 6. Lantai 8 penuh dengan unsur hiburan termasuk taman hiburan, kompleks bioskop, gimnasium, food court, dan zona permainan yang terbesar di Bangladesh. Anda juga mendapatkan arena seluncur es di Kompleks Perbelanjaan Bashundhara.

Di sana Anda tidak hanya akan mendapatkan gerai merek Bangladesh tetapi juga gerai internasional. Namun, jika Anda adalah orang yang religius dan tidak ingin ketinggalan sholat, ada zona sholat di level 2,3,5,6,7 untuk pria dan wanita di level 4.

3. New Market

Salah satu pasar tertua di Dhaka adalah Pasar Baru, didirikan pada tahun 1954 dan saat itu merupakan pusat perbelanjaan modern pertama. Meski seiring berjalannya waktu banyak mal didirikan, pasar ini tetap populer di kalangan masyarakat kelas menengah Bangladesh. Mal ini berada di pusat Dhaka yang dikelilingi oleh Azipur, Naya Polton, Pilkhana, Katabon.

Kompleks pasar baru adalah pusatnya dan ada juga kompleks seperti Chadni Chawk, Kompleks Perbelanjaan Chandrima, Pasar Baru Bot Tola, Pasar Buku Nilkhet. Anda dapat membeli produk yang diperlukan dari toko kelontong untuk memesan dari Pasar Baru. Jika Anda memiliki ide bagus tentang harga produk dan dapat menawar, Anda dapat membeli barang dengan biaya yang sangat rendah.

4. Police Plaza Concord

Mal Perbelanjaan Police Plaza Concord didirikan di Gulshan1 dekat Hatirjheel dengan kerjasama dari Trust Kesejahteraan Polisi Bangladesh dan Grup Concord. Ini adalah kompleks 12 lantai yang menjulang tinggi. Lima lantai pertama untuk belanja dan lantai lainnya untuk kantor perusahaan.

Anda akan mendapatkan toko pakaian, produk kecantikan, handphone, aksesoris handphone, dan barang-barang listrik yang branded dan non-branded di mall yang mewah ini. Namun, ada food court yang sangat populer.

5. Eastern Plaza Shopping Complex

Kompleks Perbelanjaan Eastern Plaza didirikan pada tahun 1990 dan pada saat itu unik karena bangunannya yang bertingkat. Kompleks perbelanjaan ini terletak di jalan gajah, Dhaka tua. Eastern Plaza adalah salah satu solusi terbaik jika Anda akan membeli perangkat listrik karena terkenal dengan produk listriknya.

6. Shimanto Square

Shimanto Square adalah pasar populer di Bangladesh yang terletak di dekat Pilkhana, Gerbang BDR, Dhanmondi, Zigatola, dan banyak institusi pendidikan. Pemilik pusat perbelanjaan ini adalah Penjaga Perbatasan Bangladesh. Jika Anda pecinta kuliner, Anda bisa mencoba makanan di Shimanto Square yang terkenal dengan food court-nya.

7. Pink City

Pusat perbelanjaan Pink City terletak di Gulshan, Dhaka. Mal mewah bertingkat lima adalah tempat yang tepat untuk hang out dan berbelanja. Pakaian yang modis dan unik menjadi daya tarik pembeli. Gaun Bangladesh, Pakistan, India tersedia di sana.

8. Rapa Plaza

Rapa Plaza terletak di 16 Dhanmondi, Dhaka dikelilingi oleh Monipura, Mhammadpur, dan Kalabagan. Kompleks ini memiliki semua fasilitas modern yang berisi 150 toko ber-AC. Kalau mau beli produk dari satu pasar daripada roaming sana-sini, bisa ke Rapa Plaza. Di sini Anda akan mendapatkan perhiasan, gaun, dan sepatu yang sedang tren.

9. Maskot Plaza

Salah satu pusat perbelanjaan dengan fasilitas modern adalah Maskot Plaza yang terletak di Uttara sector9, didirikan pada tahun 2001. Pasar ini memiliki nuansa timur tengah karena struktur arsitekturnya. Tingkat kelima dari alun-alun Maskot menyajikan kerajinan lokal Bangladesh oleh Aarong. Selain itu, lantai tiga untuk toko emas dan perhiasan dan merupakan mal terbesar kedua untuk emas di Bangladesh.

10. Metro Shopping Mall

Metro Shopping Mall didirikan di Mirpur Road, Dhanmondi pada tahun 2002. Bangunan ini terdiri dari enam lantai dan setiap tingkat memiliki 41 toko. Untuk pakaian dan produk listrik, mal ini terkenal. Lantai 1 hingga 4 ditempati oleh perhiasan, pakaian, kosmetik, sepatu yang sedang tren, dan lantai 5 dan 6 untuk perangkat listrik.

Pembuatan kota besar: bagaimana Dhaka berubah dalam 50 tahun Bangladesh
Tentang Dhaka Ciy

Pembuatan kota besar: bagaimana Dhaka berubah dalam 50 tahun Bangladesh

Pembuatan kota besar: bagaimana Dhaka berubah dalam 50 tahun Bangladesh – Dalam setengah abad sejak kemerdekaan, ibu kota telah berkembang dari kota yang damai menjadi pusat ekonomi. Tetapi apakah itu sesuai dengan impian mereka yang masih berbondong-bondong untuk bekerja di sana?

Pembuatan kota besar: bagaimana Dhaka berubah dalam 50 tahun Bangladesh

dhakacity – Di tepi Buriganga, tukang perahu Old Dhaka hanya beristirahat sejenak sebelum melakukan perjalanan pulang, mengangkut penumpang bolak-balik melintasi sungai tanpa henti.

Mereka mengambilnya di dermaga Sadarghat, pusat perdagangan bersejarah yang membantu membangun kota, dan mendayungnya menuju pinggiran kota yang luas yang telah merayap melintasi apa yang dulunya merupakan lahan pertanian terbuka dua dekade lalu.

Dhaka Lama tidak lagi menjadi jantung ekonomi dan politik kota, tetapi Sadarghat masih menjadi gambaran yang menentukan dari pergerakan dan pertumbuhannya yang terus-menerus, para komuter yang tinggal dan bekerja di seluruh Buriganga, dan para migran baru selamanya turun dari feri yang penuh sesak, tiba dari pedesaan.

Baca Juga : Sundarbans Bangladesh Merupakan Harimau Benggala 

Dhaka mencerminkan lintasan Bangladesh dalam 50 tahun sejak kemerdekaan, pada 26 Maret 1971. Pada waktu itu, itu adalah kota kecil dengan sejuta jiwa di negara miskin dan terbelakang, setelah beberapa dekade diabaikan oleh Pakistan.

Sekarang Dhaka adalah kota besar, pusat ekonomi yang tumbuh secara kacau – ke luar dan ke atas – untuk menyerap 20 juta orang yang tinggal di sana, dengan 400.000 tiba setiap tahun . Banyak yang bermigrasi dengan impian peluang ekonomi yang tidak dapat mereka temukan di tempat lain.

Asaduzzaman Asad mendahului sebagian besar migrasinya ke ibu kota, tiba dari distrik barat Jhenaidah pada tahun 1966, ketika Dhaka masih ibu kota Pakistan Timur, dengan ide untuk memulai bisnis.

“Kota ini sangat kecil. Jumlah bangunan tiga lantai sedikit dan Anda kebanyakan hanya melihat rumah beratap seng. Ada kolam dan kanal dan sangat sedikit orang. Itu damai,” kata Asad.

Setelah kemerdekaan pada Maret 1971, Asad menetap di Mohammadpur, sebuah daerah yang masih terbentuk di utara kota yang baru didirikan. Dhaka berkembang pesat. Di beberapa daerah, pemerintah mengalokasikan lahan untuk pendatang baru untuk menetap, mendorong lebih banyak migran untuk pergi ke kota. Di tempat lain, petak lahan basah dan lahan pertanian ditelan oleh lingkungan baru.

Jalan baru membuat perjalanan dan perdagangan lebih mudah dan Asad menuai keuntungan pribadi, dengan lebih banyak pelanggan untuk toko kelontongnya.

Bangladesh secara terkenal digambarkan sebagai ekonomi “keranjang” pada tahun 1971 oleh Henry Kissinger, yang menentang pembentukannya. Setengah abad kemudian, para pemimpin negara sering dengan bangga menunjukkan bahwa mereka telah membuktikan bahwa dia salah.

Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan pada Oktober pertumbuhan ekonomi negara itu masih akan mencapai 4,4% pada tahun 2021 meskipun pandemi virus corona mengurangi separuh pertumbuhan tahun sebelumnya.

Sebagian besar didorong oleh industri berbasis Dhaka yang telah melahirkan kelas super kaya yang tumbuh pesat, yang tinggal di lingkungan yang rimbun, makan di luar dengan masakan internasional dan berbelanja di mal yang berkilauan atau di luar negeri. Industri-industri ini memakan arus migran yang terus-menerus melarikan diri dari kekurangan atau bencana iklim, yang pindah ke tempat-tempat seperti daerah kumuh Kalyanpur dan Korail, atau pinggiran kota antara Dhaka dan kota-kota satelit yang dibangun untuk pabrik garmen.

“Ada masalah di sini. Ada juga pekerjaan di sini. Ketika krisis di desa kami meningkat, saya datang ke Dhaka untuk mencari nafkah,” kata Parveen Begum, 45 tahun, yang rumahnya di distrik pesisir Bhola ditelan sungai saat banjir.

Dia menetap di Kalyanpur, di sebidang tanah pemerintah yang dikenal sebagai bosti , dan menemukan pekerjaan di sebuah pabrik garmen. Dalam dekade sejak itu, dia telah melihat gubuk bambu di daerah itu pertama-tama digantikan oleh rumah-rumah timah dan kemudian struktur yang lebih kokoh tetapi serampangan di sepanjang jaringan gang beraspal.

Parveen dan suaminya membayar 2.000 taka (£16) sebulan untuk menyewa satu kamar, di mana mereka harus menyalakan lampu secara permanen karena tidak ada cahaya alami. Di luar, saluran air secara teratur tersumbat oleh kotoran.

“Bukannya saya bagus di sini, tetapi ada lebih banyak kesempatan kerja daripada di desa,” katanya. “Kami tidak ingin tinggal di perkampungan kumuh yang kotor ini, kami selalu berharap bisa kembali.”

Gaji bulanan 300 taka yang diperoleh Parveen ketika dia tiba di Dhaka telah meningkat menjadi 3.600 taka. Dia percaya bahwa kecuali ada investasi di pedesaan Bangladesh, upah yang lebih tinggi akan memaksa lebih banyak orang untuk meninggalkan desa mereka ke kota.

Dhaka bisa menjadi megacity terpadat keempat di dunia pada tahun 2030, menurut PBB, dan hanya sedikit yang percaya bahwa kota ini siap untuk pertumbuhan ini.

Bangunan tempat tinggal terus bertambah tinggi tanpa memperhatikan undang-undang perencanaan. Hanya ada sedikit ruang di antara gedung-gedung, kabel-kabel listrik tersangkut di tempat yang berantakan dan sistem pembuangan kotoran, yang masih dibersihkan secara manual, secara rutin kelebihan beban akibat hujan lebat.

Kualitas udara Dhaka secara rutin berada di antara yang terburuk di dunia dan jalanan sangat padat sehingga lalu lintas melambat hingga hampir berjalan dengan kecepatan 4 mph, turun dari 13 mph satu dekade lalu .

“Terkadang saya pikir seluruh Dhaka adalah bosti , Anda tidak bisa begitu saja memiliki kehidupan kota yang layak, bahkan jika Anda memiliki apartemen yang bagus,” kata Dr Shahadat Hossain, pakar perencanaan kota di Technical University of Dortmund, Jerman.

“Anda tidak dapat melihat perkembangan taman, anak-anak pergi ke sekolah dan pulang ke rumah dan tinggal di dalam … infrastruktur sosial benar-benar hilang,” katanya. “Hubungan Anda dengan kota adalah dengan apartemen Anda, tempat kerja Anda, dan sekolah tempat anak Anda bersekolah, tetapi Anda tidak memiliki hubungan apa pun di antaranya karena jalan, komunitas tempat Anda tinggal, asing bagi Anda.”

Hossain mengatakan bahwa sementara industri telah berkembang, ada kekurangan strategi komprehensif untuk mendukung penduduk kota. Korupsi telah memperburuk keadaan, membuat yang berkuasa mampu mengeksploitasi hukum atau, dalam kasus pinggiran kota Keraniganj, membeli tanah untuk proyek perumahan yang terjangkau kemudian menjualnya dengan harga di luar jangkauan pekerja biasa.

Asaduzzaman Asad melihat manfaat dari perubahan di kota kecil yang ia datangi pada tahun 1966. Saat ini bisnisnya berkembang pesat dan ada peluang yang tidak ada di tempat lain di negara ini. Tapi dia khawatir kota itu menjadi tempat tinggal yang tidak bisa ditoleransi.

“Kami membutuhkan desentralisasi, kami membutuhkan perawatan medis yang baik di desa-desa, pendidikan yang baik dan mata pencaharian alternatif,” katanya. “Kami dapat dengan mudah memprediksi masa depan Dhaka. Jika pembangunan yang tidak direncanakan ini berlanjut, kota ini akan menjadi tidak layak huni.”

Bangladesh Kaya Akan Sejarah Dan Budaya
Ibukota Bangladesh

Bangladesh Kaya Akan Sejarah Dan Budaya

Bangladesh Kaya Akan Sejarah Dan BudayaBangladesh memiliki latar belakang sejarah yang sangat kaya. Sejak awal, negara ini telah diperintah oleh beberapa kaisar paling kuat dari zaman kuno. Para penguasa ini telah membangun istana terindah dengan desain elegan yang dapat bersaing dengan keajaiban arsitektur modern.Tur Anda ke Bangladesh tidak akan lengkap jika Anda tidak mengunjungi kastil-kastil indah ini. The Ahsan Manzil dan Lalbagh Fort dua tempat tersebut. Mengikuti arahan pemandu wisata lokal , Anda dapat menikmati kunjungan Anda sepenuhnya.

 

Bangladesh Kaya Akan Sejarah Dan Budaya

 

Lokasi

dhakacity – Alasan di balik menempatkan kedua tempat ini di lorong yang sama adalah karena lokasinya. Mereka terletak sangat dekat satu sama lain di Old Dhaka , di tepi sungai Buriganga (Gangga). Ahsan Manzil berdiri di Kumortoli, jalan Ahsanullah sedangkan Benteng Lalbagh terletak di tempat bernama Lalbagh. Jalan menuju tempat-tempat indah ini sangat sempit dan padat. Kendaraan bermotor dan tidak bermotor bergerak di jalan yang sama. Anda akan memerlukan bantuan pemandu wisata untuk mencapai tujuan Anda dengan aman.

Ahsan Manzili

Dibangun pada tahun 1872, istana merah muda ini memiliki salah satu desain arsitektur paling indah yang pernah Anda lihat. Kompleks besar akan memberi Anda gambaran yang jelas tentang gaya hidup penguasa kota Dhaka saat itu. Itu pada dasarnya adalah kediaman Nawab Abdul Gani, yang merenovasi rumah taman asli dari Tuan Tanah Sheikh Enayet Ullah dan menamakannya setelah putranya Khaza Ahsanullah. Seluruh kastil telah dibangun kembali pada akhir 1980-an untuk menyelamatkannya dari terlupakan dan kini telah diubah menjadi museum nasional.

Ahsan Manzil benar-benar melambangkan keunggulan budaya yang kaya dari Bangladesh. Ini telah memantapkan dirinya sebagai salah satu monumen arsitektur terbaik di dunia. Setiap tahun sejumlah besar wisatawan datang ke Dhaka untuk melihat istana megah ini. Keindahan dan kebesaran mantra kastil membatasi sebagian besar pengunjungnya. Desain struktur berbentuk kubah menggambarkan yang digambarkan dalam “Malam Arab”. Struktur besar langsung menghadap ke sungai Gangga. Jika Anda duduk di tangga depan, angin sepoi-sepoi sungai akan mendinginkan inti hati Anda.

Kastil utama terdiri dari dua bagian; sisi timur dengan kubah dikenal sebagai “Rong Mahal” dan bangunan barat dikenal sebagai “Ondor Mahal” . Pemandu wisata akan menunjukkan Anda di sekitar ruang negara besar, ruang tamu, perpustakaan, ruang kartu dan dua kamar tamu di gedung timur. Ruang makan yang indah, ruang dansa, dan beberapa kamar kecil lainnya terletak di sisi barat. Ruang tamu didekorasi dengan langit-langit kayu buatan yang indah. Aula darbar atau ruang pertemuan yang menakjubkan menarik perhatian sebagian besar wisatawan. Di ruang penyimpanan Anda akan menemukan semua barang berharga yang digunakan para Nawab.

The pemandu wisata akan menunjukkan potret semua Nawabs tergantung di dinding dengan deskripsi pemerintahan mereka. Desain arsitektur tangga memiliki kualitas yang sangat tinggi. Pagar tangga dihiasi dengan daun sulur. Lantai dan dinding beranda dan kamar terbuat dari marmer dan pintu ditempatkan di dalam lengkungan melingkar. Pintu warna-warni dan balok kayu menambah keindahan struktur. Kubahnya didesain begitu elegan sehingga bentuknya segi delapan terlihat seperti kuncup bunga teratai.

Seluruh tempat dibanjiri pengunjung pada akhir pekan. Orang-orang datang bersama keluarga dan teman-teman mereka untuk menikmati keindahan pemandangan istana. Anda juga dapat menikmati perjalanan perahu di sungai Gangga dengan biaya yang sangat minim. Meskipun fotografi dilarang di dalam gedung, Anda dapat memotret tempat-tempat di sekitar kastil. Pemandu wisata Anda akan membantu Anda mengatur seluruh perjalanan dan menjadikan masa tinggal Anda di sana tak terlupakan.

Benteng Lalbagh

Benteng Lalbagh didirikan pada tahun 1678 oleh Pangeran Muhammad Azam, Raja Muda Benggala saat itu. Dia adalah putra Kaisar Mughal Aurangzeb. Kastil ini juga dikenal sebagai “Benteng Aurangbad”. Kemudian, Muhammad Azam dipanggil kembali oleh ayahnya dan Subadhar berikutnya dari Dhaka Shaista Khan tidak melanjutkan pekerjaan pembangunan benteng. Setelah kematian putrinya, Shaista Khan berpikir bahwa tempat itu terkutuk dan meninggalkan struktur yang tidak lengkap.

Pari Bibi masih beristirahat dengan tenang di makamnya, yang terletak di salah satu dari tiga struktur utama benteng. Ada air mancur yang indah dan taman yang mengelilingi makamnya. Beberapa sejarawan percaya bahwa, dia bertunangan dengan Pangeran Muhammad Azam pada saat kematiannya. Diwan-i-aam atau ruang kantor dan pemandian Nawab Shaista Khan kini telah diubah menjadi museum.

Benteng ini memiliki banyak lorong dan kamar rahasia. Labirin seperti istana akan memberi Anda pengalaman yang sangat mendebarkan. Hanya pemandu wisata lokal yang tahu ke mana jalan ini akan membawa Anda. Ini terutama dibangun untuk melarikan diri dengan aman selama masa perang jika diperlukan. Anda juga akan menemukan masjid raksasa di dalam kompleks utama. Di kastil utama, senjata, pakaian, dan barang berharga lainnya dari abad ke – 17 disimpan dengan aman.

Pemandu wisata Anda akan menunjukkan kepada Anda tiga gerbang utama untuk masuk ke dalam kastil. Sungai Gangga dapat dilihat dari gerbang selatan, Seperti Ahsan Manzil , benteng Lalbagh juga sangat populer di kalangan wisatawan lokal dan asing. Tempat ini tetap buka dari Minggu hingga Jumat. Old Dhaka sangat terkenal dengan makanannya dan Anda akan melihat antrian restoran di depan Benteng yang menyajikan makanan cepat saji dan masakan lezat. Pengunjung di sini kebanyakan adalah mahasiswa dari berbagai universitas.

Dua kastil yang mempesona ini akan membuat Anda merasa seperti; entah bagaimana Anda telah melakukan perjalanan melalui waktu dan mencapai abad pertengahan seperti yang telah Anda baca di buku cerita. Ini adalah dua atraksi wisata utama kota Dhaka. Untuk kunjungan yang informatif dan nyaman, Anda disarankan untuk menghubungi pemandu lokal sebelum tiba.

Sedikit Sejarah

Di era Mughal, ada rumah kebun Syekh Enayet Ullah, pemilik Jamalpur Porgona (distrik), di tempat ini. Syekh Enayet Ullah adalah orang yang sangat menawan. Dia memperoleh area yang sangat besar di Kumartoli (Kumartuli) dan memasukkannya ke dalam rumah kebunnya. Di sini ia membangun sebuah istana yang indah dan menamakannya “Rongmohol” (Rangmahal). Dia biasa menikmati di sini mengumpulkan gadis-gadis cantik dari dalam dan luar negeri, mendandani mereka dengan gaun cantik dan ornamen mahal.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa pendiri Dhaka (perwakilan kaisar mughal) tertarik pada salah satu gadis cantik. Dia mengundang Sheikh Enayet Ullah ke pesta suatu malam dan membunuhnya dalam konspirasi ketika dia kembali ke rumah. Gadis itu juga bunuh diri dalam kemarahan dan kesedihan. Ada makam Syekh Enayet Ullah di sudut timur laut halaman istana yang hancur pada awal abad ke-20.

Mungkin pada masa Nawab Alibardi Khan (Kakek Nawab Siraj-Ud-Daulah ) sekitar abad 1740, Syekh Moti Ullah, putra Syekh Enayet Ullah, menjual properti itu kepada para pedagang Prancis. Ada rumah dagang Prancis di samping properti ini. Rumah perdagangan menjadi lebih kaya setelah membeli properti ini. Pada saat itu, para pedagang Prancis dapat melakukan bisnis di sini tanpa membayar pajak apa pun dengan dekrit dari kaisar Aurangzeb.

Pada saat itu, Prancis menjadi sangat kaya dengan melakukan bisnis di sini dalam persaingan dengan Inggris dan perusahaan Eropa lainnya. Mereka membuat istana besar dan menggali kolam untuk air manis di properti yang baru dibeli. Kolam itu masih ada di kompleks Ahsan Manzil yang pada waktu itu disebut “Les Jalla”. Dalam Perang Tujuh Tahun, Prancis dikalahkan dan semua properti mereka direbut oleh Inggris. Pada tanggal 22 Juni 1757, Prancis meninggalkan rumah perdagangan dengan armada 35 kapal dari stasiun sungai Buriganga di depan Kumartuli.

Pada tahun 1785, Prancis mengalihkan properti itu kepada seorang pedagang Prancis bernama Mr. Champigni, dan merebutnya kembali pada tahun 1801. Menurut kesepakatan Paris tahun 1814, Prancis mengklaim semua properti kiri mereka di Dhaka, dan pada tahun 1827 properti itu dikembalikan lagi ke Perancis. Untuk meningkatkan kekuatan Inggris, Prancis terpaksa meninggalkan anak benua. Mereka memutuskan untuk menjual semua properti mereka di Dhaka. Maka pada tahun 1830, rumah dagang Kumartuli dibeli oleh pemilik mapan Dhaka, Khwaja Alimullah .

Setelah beberapa pekerjaan renovasi, rumah perdagangan menjadi kediaman Khwaja Alimullah . Pada masanya, sebuah kandang dan masjid keluarga ditambahkan di kompleks itu. Setelah kematiannya, putranya Nawab Bahadur Sir Khwaja Abdul Ghani mengembangkan properti tersebut, dan menamakannya “Ahsan Manzil” setelah putranya Khwaja Ahsanullah .Di sisi timur gedung lama, dia membuat gedung baru dengan desain yang berbeda, dan juga melakukan pekerjaan renovasi besar-besaran pada gedung lama. Sejak itu, bangunan lama disebut “Ondor Mohol” dan bangunan baru disebut “Rangmahal”.

Baca Juga : Pembuatan kota besar: bagaimana Dhaka berubah dalam 50 tahun Bangladesh

Pada malam hari tanggal 7 April 1888, tornado dahsyat menghantam kota Dhaka menyebabkan kerusakan besar. Ahsan Manzil rusak parah dan ditinggalkan. Seorang insinyur Inggris dari Kolkata tiba di sini untuk memeriksa istana.Dia berpendapat bahwa kecuali “Rangmahal”, semua bagian lain dari istana harus dibangun kembali. Jadi Nawab Bahadur Sir Khwaja Abdul Ghani dan putranya Nawab Bahadur Sir Khwaja Ahsanullah mengalihkan perhatian penuh mereka untuk membangun kembali istana. Kedua bangunan tersebut direkonstruksi selama waktu itu dengan desain baru dan diawasi oleh insinyur lokal Gobinda Chandra Roy.

Sundarbans Bangladesh Merupakan Harimau Benggala
Berita

Sundarbans Bangladesh Merupakan Harimau Benggala

Sundarbans Bangladesh Merupakan Harimau Benggala – Hutan bakau Terbesar merupakan area rawa yang diselimuti awan, bengawan yang dipadati arus pasang mundur, Harimau pemangsa orang, serta petualangan di luar rute. Di 3 sisinya dikelilingi oleh 2 negeri terpadat di bumi– India serta Bangladesh– tetapi senantiasa terasing, tidak ramah serta beberapa besar tidak berpenghuni. Ini merupakan area yang betul- betul buas, serta chug- chug- chugging di sejauh saluran bengawan ke jantung kemalaman yang berawa serupa mendebarkannya dengan kenyamanan.

Sundarbans Bangladesh Merupakan Harimau Benggala

 

dhakacity – Mengapa berangkat? Energi raih bintang merupakan Harimau benggala. Dekat 400 insan luar lazim ini mengatakan Sundarbans selaku rumah, menjadikannya populasi Harimau terbanyak di bumi. Terbebas dari nama baik mereka selaku pemangsa orang, mereka amat susah dikenali, namun kehebohan berupaya melacaknya susah buat dilebih- lebihkan. Serta apalagi bila Kamu tidak melihatnya, cuma bersandar di geladak kapal dikala Kamu terapung lewat hutan bakau yang rimbun merupakan pengalaman termenung yang tidak terabaikan.

Metode memandang Sundarbans

Sundarbans dipecah kurang lebih 60- 40 antara Bangladesh serta India serta Kamu bisa mendatanginya dari kedua negeri. Bagian India lebih gampang diakses, namun Bangladesh menawarkan peluang buat menjelajahi hutan lebih dalam.

Rekreasi perahu dari Khulna( Bangladesh)

Mencelupkan ke dalam hutan bakau dalam ekspedisi satu hari merupakan perasaan rasa hutan bakau yang luar lazim, namun buat betul- betul merasakan kehebohan petualangan– serta kenyamanan Sundarbans– Kamu butuh menyelam jauh ke dalam rawa- rawa sepanjang 3 ataupun 4 hari. Ekspedisi dengan memakai kapal. Ini sangat bagus dicoba dari kota Khulna di Bangladesh. Kamu hendak makan serta tidur di atas kapal darmawisata penting Kamu, namun Kamu pula hendak menemukan peluang buat memilah diri ke dalam golongan yang lebih kecil serta melacak Harimau, bagus dengan berjalan kaki( ditemani oleh pengawal hutan bersenjata) ataupun dengan perahu yang lebih kecil( di sejauh saluran bengawan yang lebih kecil).

Beberapa besar ekspedisi mengarah selatan sepanjang Kotka, tepi laut bakau yang hening di Teluk Benggala, saat sebelum lambat- laun kembali ke Khulna. Kesempatan Kamu buat memandang Harimau, pasti saja, amat pipih, namun mungkin besar Kamu hendak memandang babi hutan, rusa bintik, monyet, reptil, serta bermacam tipe burung.

Metode: Kamu wajib melaksanakan ekspedisi ini dalam rekreasi komplit, yang hendak diawali serta selesai di Khulna( meski pemindahan ke serta dari Dhaka bisa diatur). 2 operator rekreasi yang muncul merupakan The Guide Tours( www. guidetoursbd. com) serta Bengal Tours( www. bengaltours. com), keduanya mempunyai kantor di Dhaka serta Khulna. Bangladesh Ecotours( www. bangladeshecotours. com) pula melaksanakan ekspedisi yang bisa diharapkan. Harga per orang buat ekspedisi 4 hari berkisar dari dekat Tk12. 000 sampai Tk20. 000( US$150 sampai US$250).

Ekspedisi satu hari dari Mongla( Bangladesh)

Bila Kamu tidak mempunyai durasi ataupun duit buat rekreasi sebagian hari dari Khulna, Kamu bisa menata sendiri ekspedisi satu hari yang ekonomis serta mengasyikkan dari dermaga bengawan kecil Mongla. Tidak terdapat yang butuh dipesan tadinya– lumayan tiba ke Mongla, tanya- tanya, serta Kamu hendak terletak di kapal keesokan harinya. Ekspedisi tadi malam tidak diizinkan dari mari. Kebalikannya, Kamu hendak terapung ke ambang sepanjang Stasiun Hutan Karamjal ataupun, bila Kamu pergi lebih dini, ke Pengungsian Margasatwa Harbaria. Dengan jalur selangkah yang ditinggikan, program observasi, serta ladang fauna kecil, Stasiun Hutan Karamjal nyaris tidak terletak di balik, namun bila Kamu menganggapnya selaku ekspedisi perahu yang mengasyikkan dari ekspedisi terasing, Kamu tidak hendak berangkat kecewa.

Metode: Buat menggapai Mongla dari Dhaka, naik sepur malam ataupun bis ke Khulna, dari mana ada bis yang kerap( 90 menit), ataupun ambil arah yang lebih menantang dengan feri paddlewheel( diketahui selaku The Rocket) ke Hularhat( 16 jam), kemudian naik bis( 2 sampai 3 jam) lewat Bagerhat serta Khatakhali. Operator rekreasi perahu individu hendak menciptakan Kamu lekas sehabis Kamu datang di Mongla. Buat anjuran yang bisa diyakini, carilah administrator di Penginapan Parjatan yang diatur penguasa( pula diucap Penginapan Pashur), yang terletak di sisi stasiun bis Mongla. Harga tipikalnya merupakan Tk1000( US$12) buat ekspedisi kembali berangkat separuh hari ke Karamjal, serta Tk4500( US$55) buat ekspedisi pulang- pergi satu hari penuh ke Harbaria.

Rute panen madu( Bangladesh)

Petualangan Sundarbans yang luar lazim ini membolehkan Kamu buat berjalan kaki melewati hutan, menjajaki pekerja lokal, yang diketahui selaku maualis, dikala mereka mencari madu yang diperoleh oleh kumbang madu kuat di area ini. Masa panen madu berjalan sepanjang 2 bulan, namun operator rekreasi mengarah cuma menata sebagian ekspedisi dengan cara keseluruhan, serta umumnya cuma pada dini April.

Metode: Ekspedisi all- inclusive pergi dari Khulna, serta bisa dipesan lewat The Guide Tours( www. guidetoursbd. com) ataupun Bengal Tours( www. bengaltours. com). Harapkan buat melunasi dekat Tk10, 000 sampai Tk12, 000( US$125 sampai US$150) per orang.

Rekreasi dari Kolkata( India)

Kamu pula bisa menjelajahi bagian Sundarbans India dari Kolkata, dalam ekspedisi seragam dengan ekspedisi sebagian hari yang pergi dari Khulna di Bangladesh. Ekspedisi satu hari dimungkinkan, namun jauh serta meletihkan, jadi kita sarankan Kamu menjajaki rekreasi tadi malam, tidur di atas kapal darmawisata Kamu ataupun di fasilitas pondok ekspedisi di tanah kering.

Metode: Beberapa industri rekreasi bekerja di luar Kolkata( dekat 3 jam ekspedisi dari pinggiran Sundarbans), serta beberapa besar ekspedisi telah tercantum pemindahan ke serta dari kota. Backpackers( www. tourdesundarbans. com) serta Sunderban Tiger Camp( www. sunderbantigercamp. com) keduanya dianjurkan, serta rekreasi dengan mereka bisa dipesan dengan cara online. Harapkan buat melunasi dekat Rs4000 sampai Rs5000( US$75 sampai US$95) per orang buat ekspedisi 2 hari satu malam.

Bila wajib berangkat?

Bulan- bulan masa dingin yang lebih adem( Oktober sampai Februari) merupakan yang sangat aman buat menjelajahi Sundarbans. Menginginkan amat sedikit hujan serta temperatur antara 15 serta 25 bagian Celcius. Hujan masa panas( Juni sampai Agustus) bawa panorama alam yang lebih hijau dari hijau, namun banjir bisa mengusik konsep ekspedisi. Ekspedisi panen madu cuma di bulan April.

Pemesanan di wajah: Buat ekspedisi sebagian hari dari Khulna, cobalah melaksanakan pemesanan paling tidak 2 ataupun 3 minggu tadinya, bila tidak lebih. Apalagi bila Kamu tidak bisa memesan dengan cara online( The Guide Tours, misalnya, membolehkan Kamu memesan dari rumah lewat memindahkan kawat, namun tidak mempunyai sistem pemesanan online sendiri), Kamu paling tidak bisa memesan tempat di ekspedisi, yang setelah itu bisa Kamu konfirmasikan sehabis Kamu datang di Dhaka.

Kapal kecil: Bila Kamu berencana melaksanakan salah satu ekspedisi sebagian hari dari Khulna, pikirkan buat memesan sendiri ke salah satu kapal kecil kepunyaan operator rekreasi Kamu. Perahu yang lebih besar bawa sebesar 50 penumpang, alhasil dapat jadi amat riuh.

Bangladesh Menawarkan Pelabuhan Chittagong ke India
Ibukota Bangladesh

Bangladesh Menawarkan Pelabuhan Chittagong ke India

Bangladesh Menawarkan Pelabuhan Chittagong ke India – India siap untuk mengantongi tawaran yang didambakan untuk mengakses Pelabuhan Chittagong yang strategis di Bangladesh, yang menyumbang 70% dari impor dan ekspor negara itu.

Bangladesh Menawarkan Pelabuhan Chittagong ke India

10 Tempat Wisata Terbaik Di Bangladesh

dhakacity -Perkembangan itu terjadi setelah Menteri Luar Negeri India S Jaishankar dan PM Bangladesh Sheikh Hasina bertemu di Dhaka pada 29 April.

Tawaran itu akan meningkatkan konektivitas India ke pelabuhan penting yang akan membantu mengekspor barang dari negara bagian Timur Laut.

Tawaran Bangladesh ke India?

Jawabannya terletak pada langkah Dhaka untuk memperbaiki hubungannya dengan Washington menggunakan jasa baik New Delhi. Bangladesh saat ini berada di bawah sanksi Amerika atas Batalyon Aksi Cepat (RAB) Dhaka – unit anti-kejahatan dan anti-terorisme dari Kepolisian Bangladesh.

Baca Juga : Pengungsi Rohingya Di Bangladesh Semakin Bertambah 

Batalyon Aksi Cepat diduga berada di balik pengepungan oposisi negara itu; sebuah laporan rinci muncul tentang kegiatannya yang diterbitkan oleh Human Rights Watch . Pada akun ini, Bangladesh ingin mencari bantuan dari New Delhi, tetapi India telah ‘menolak untuk berkomentar.’

Selain itu, Bangladesh juga prihatin dengan pertumbuhan bisnis dan perdagangan India dengan tetangganya Myanmar. Konektivitas yang lebih tinggi dari negara-negara bagian Timur Laut India dengan Bangladesh akan menguntungkan kawasan ini karena akses ke Pelabuhan Chittagong.

Myanmar vs Bangladesh

Myanmar—yang diperintah oleh junta militer—telah mencatat pertumbuhan ekonomi meskipun ada sanksi, yang sekarang mengancam ekonomi Bangladesh. Dalam langkah terbarunya, pemerintah Myanmar telah menerapkan bahwa semua mata uang asing yang disimpan di bank negara harus ditukar dengan kyat dalam satu hari kerja.

Hal ini membuat misi Bangladesh di Myanmar mengklaim bahwa perubahan kebijakan akan berarti bahwa tidak seorang pun akan dapat menahan dolar AS dan juga akan mempengaruhi pengiriman ekspor produk farmasi Bangladesh ke Myanmar. Bangladesh ingin agar perintah itu ditarik, karena ekspor dari Bangladesh ke Myanmar akan terganggu.

Bangladesh skeptis bahwa, dalam jangka panjang, India mungkin menemukan Myanmar lebih layak untuk rute perdagangan ke negara-negara bagian Timur Laut setelah Proyek Multimodal Kaladan selesai untuk transit India-Myanmar.

Setelah selesai, proyek ini akan menghubungkan Kolkata ke Timur Laut melalui Myanmar, karena akan membantu memudahkan lalu lintas kargo untuk mencapai Myanmar dan India. Ini akan membantu India melepaskan ketergantungannya pada Koridor Siliguri atau Koridor Leher Ayam, yang menghadapi ancaman China.

Semakin India bergantung pada Myanmar untuk aksesnya ke Timur Laut, Myanmar juga akan tumbuh dalam manfaat ekonomi dari India. Oleh karena itu, Bangladesh tidak ingin keuntungan itu hilang, karena Myanmar cukup jauh dibandingkan dengan Chittagong.

Tetapi laporan menunjukkan bahwa Ashok Leyland, Mahindra, dan Bajaj Auto telah meningkatkan usaha patungan mereka dan mulai mengidentifikasi kelompok distributor lokal untuk merakit sebagian besar produk mereka di Bangladesh.

Oleh karena itu, dalam upaya untuk memasuki industri mobil masa depan, Bangladesh menginginkan konektivitas yang lebih baik dengan India dan juga cenderung mengatasi kerumitan birokrasi.

Pejabat Bank Dunia Cecile Frumanhas mengatakan bahwa dibutuhkan 138 jam dan 55 tanda tangan untuk memindahkan satu truk dari India ke Bangladesh. Hanya ada dua kereta barang antara India dan Bangladesh.

India terikat untuk membantu Bangladesh dengan mengurangi sanksi terhadap negara tersebut; mungkin karena Bangladesh tidak memiliki taruhan besar dengan Rusia, ada kemungkinan bahwa Dhaka akan sangat mendukung Ukraina, dan kemudian India akan memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Bangladesh.

Mari kita tunggu dan lihat cetakan bagus ketika Sheikh Hasina datang ke India untuk menandatangani kesepakatan.

Pengungsi Rohingya Di Bangladesh Semakin Bertambah
Berita

Pengungsi Rohingya Di Bangladesh Semakin Bertambah

Pengungsi Rohingya Di Bangladesh Semakin Bertambah – Bangladesh menghalangi pergerakan lebih dari 400. 000 migran dari etnik Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar.Para migran wajib bermukim di posisi yang sudah didetetapkan oleh penguasa serta tidak diizinkan buat berjalan ke tempat lain, semacam di informasikan kepolisian setempat.

Pengungsi Rohingya Di Bangladesh Semakin Bertambah

 

dhakacity – Bangladesh pula memublikasikan konsep buat membuat posisi pengungsian untuk lebih dari 400. 000 orang Rohingya di dekat kota Coxs Ekspo.Etnik Rohingya yang beberapa besar berkeyakinan Islam mengungsi dari kekerasan yang dicoba penguasa Myanmar semenjak bulan kemudian, yang oleh PBB bisa dikira selaku eliminasi etnik.

Golongan HAM mendakwa tentara membakar desa- desa yang ditempati orang Rohingya.Namun angkatan berkata aksi itu dicoba selaku reaksi atas serbuan agresif serta menyangkal menyimpang warga awam.Suasana ini pula mengakibatkan bentrokan diplomatik terkini antara Bangladesh serta Myanmar dampak asumsi pelanggaran area hawa Bangladesh dalam seminggu terakhir.

Semacam apa pemisahan aksi orang Rohingya?

Dalam suatu statment, polisi Bangladesh berkata Rohingya tidak hendak diizinkan buat berjalan pergi posisi yang sudah didetetapkan, apalagi buat bermukim dengan keluarga ataupun sahabat mereka.Operator pemindahan serta para supir pula dimohon buat tidak bawa pengungsi, serta para owner rumah buat tidak menyewakan properti pada pengungsi.

Analis berkata penguasa mau menghindari orang Rohingya membaur dengan masyarakat setempat serta membuat mereka senantiasa terpantau, dengan impian hendak dipulangkan kembali ke Myanmar- ataupun apalagi ke negeri ketiga.

Apa yang wajib dikenal mengenai tempat pengungsian terkini?

Bagi surat kabar Bangladesh, Daily Star, tempat pengungsian terkini itu hendak terletak di suatu tanah seluas 8 km persegi, dekat dengan posisi barak yang dipenuhi pendatang dari Myanmar.Sarana sanitasi hendak dibentuk pula di posisi itu, antara lain 8. 500 kamar kecil sedangkan serta 14″ bangunan gawat” hendak dibuat di dekat tempat pengungsian, semacam dikabarkan Daily Star.

Tempat pengungsian terkini ini hendak dibentuk dalam 10 hari.Suatu konsep ambisius, namun apakah masuk ide?Jonathan Head, jurnalis Asia Tenggara BBCBangladesh mengalami suatu profesi yang buat mengakomodasi lebih dari 400. 000 Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar. Situasi itu menginginkan lebih banyak sokongan global. Serta sokongan itu melambat akhir- akhir ini.

Salah satu sebabnya merupakan lonjakan pendatang dengan jumlah menggemparkan dalam durasi yang amat pendek. Alibi yang lain merupakan politik dorongan di Bangladesh selatan.Tubuh pengungsi PBB tidak diizinkan buat mengelola orang Rohingya yang bermukim di luar barak pengungsian sah sebab penguasa tidak mau banyak orang ini mempunyai status pengungsi. Seperti itu penyebabnya Badan Evakuasi Global IOM sudah diserahkan kedudukan yang besar, sebab mempunyai kemampuan dalam menolong serta memantau migran tetapi tidak buat menuangkan dorongan manusiawi yang lebih besar.

Dalam kondisi ini, konsep buat membuat 14. 000 rumah serta 8. 000 jamban ditaksir ambisius. Waktu durasi 10 hari yang diresmikan penguasa nampak tidak realstis. Kenyataannya, puluhan ribu orang Rohingya bertahan tanpa tempat bersembunyi serta santapan, dan banyak orang yang tiba tiap harinya. Hingga dikala ini belum terdapat yang membuat konsep yang masuk ide buat menolong mereka.

Dorongan Indonesia datang di Bangladesh, tetapi belum hingga ke barak pengungsi Rohingya

Gelombang dorongan Indonesia buat pengungsi Rohingya berdatangan di Lapangan terbang Chittagong, Bangladesh, sepanjang sebagian hari terakhir. Tetapi, susunan dorongan ini belum hingga ke barak pengungsi Rohingya.

Begitu juga dikabarkan Dinas Pers Kastel, 2 pesawat Hercules Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan Hawa datang di Lapangan terbang Global Shah Mandat, Chittagong, Bangladesh, pada Jumat( 15/ 09) petang durasi setempat.Kedua pesawat itu bawa dorongan manusiawi berbentuk paket pakaian, tangkir air, selimut, gula, serta 10 ton beras.Semenjak Rabu( 13/ 09), penguasa Indonesia sudah mengirimkan 4 pesawat pengangkut dorongan. Jumlah ini hendak meningkat bersamaan dengan kehadiran 2 pesawat pada Sabtu( 16/ 09).

Kepala Karyawan Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan Hawa, Marsekal Hadi Tjahjanto, berkata pesawat kelima serta keenam diberangkatkan dari Lapangan terbang Baginda Iskandar Belia, Banda Aceh, pada jam 06. 30 Wib serta 08. 30 Wib.Dalam penjelasan tadinya, Menlu RI Retno Marsudi berkata bantuan- bantuan itu rencananya hendak didistribusikan ke Coxs Ekspo, tempat posisi pengungsian, yang jaraknya dekat 170 km dari Chittagong.

Hendak namun, bagi reporter BBC di Coxs Ekspo, Justin Rowlatt, truk dorongan Indonesia yang mengangkat kamp serta bagian pemurni air belum timbul di barak pengungsian Rohingya. Lembaga- lembaga dorongan mengatakan kalau dorongan itu belum pula hingga pada yang menginginkan.Seluruh tubuh dorongan manusiawi serta badan global terdapat di Coxs Ekspo. Pada BBC, para perwakilan badan itu bercerita kalau mereka frustrasi dengan minimnya koordinasi serta pemisahan yang diberlakukan oleh penguasa Bangladesh.

Sementara itu, bersumber pada informasi PBB, populasi barak menggapai 70. 000- jauh melewati titik bosan. Jadi, seluruh pengungsi terkini yang dekat 400. 000an orang itu terdampar di luar barak.Mereka amat membutuhkan santapan serta obat- obatan. Tetapi, dengan ketentuan yang terdapat, UNHCR tidak mempunyai wewenang buat membagikan cadangan keinginan berarti ini pada banyak orang yang membutuhkannya. Wewenang itu terdapat pada penguasa Bangladesh.

Baca Juga : Pembangunan Terminal Ketiga Bandara Kota Dhaka Melampaui Target

Menuangkan bantuan

Tetapi, terdapat pula badan manusiawi yang dapat langsung berikan dorongan. Salah satunya, Kelakuan Kilat Paham( ACT) yang mengklaim sudah menjangkau dekat 50. 000 pengungsi di Bangladesh.Anca Rahadiansyah, atasan regu ACT Rohingya di Bangladesh, berterus terang sudah menuangkan dorongan di Whaikhyang, salah satu titik pengungsian gelombang terkini yang terletak dekat pinggiran Myanmar.

Kala diwawancara pada Sabtu( 16/ 09) pagi, Anca Rahadiansyah tengah mengarah Shamlapur di pantai selatan Bangladesh yang berjarak dekat 11 km dari Whaikhyang.” Kita menuangkan dorongan santapan, selimut, serta kamp pada para pengungsi. Distribusi itu telah dikoordinasikan tadinya dengan kepala wilayah alhasil para pengungsi tidak berebut,” ucapnya.

Menteri Luar Negara Bangladesh AH Mahmood Ali berkata negaranya kesusahan menanggulangi darurat ini.Saat sebelum darurat terkini, Bangladesh sudah menampung dekat 400. 000 pengungsi Rohingya dari Myanmar sepanjang puluhan tahun.Dengan begitu, keseluruhan pengungsi Rohingya yang terletak di Bangladesh dengan terdapatnya gelombang terkini menggapai 700. 000 orang.

Kelakuan membela Rohingya

Sedangkan itu, kelakuan menentang perlakuan kejam kepada etnik Rohingya berjalan di Jakarta, pada Sabtu( 16/ 09). Kelakuan yang diiringi ribuan orang itu ikut dihadiri penggagas Partai Gerindra, Prabowo Subianto.Dalam orasinya, Prabowo mengajak tokoh- tokoh Islam buat mawas diri diri saat sebelum menolong etnik Rohingya.

” Kita ingin tolong kalangan Rohingya, jika kita tidak selesai gimana kita didengar oleh bangsa lain? Aku memanggil tokoh- tokoh Islam, ayo kita emendasi diri kita sendiri. Ayo kita perkuat bangsa Indonesia biar bangsa Indonesia disegani,” cetus Prabowo.Prabowo pula menganjurkan pada FPI.” Memanglah aku mantan jenderal, tetapi kita wajib senantiasa adem, hening, gunakan kepala, gunakan otak. Jadi aku di mari mengimbau janganlah cepat- cepat ucapan senjata. Sahabat aku dari FPI, aku ingatkan,” serunya.

Tadinya, ahli ucapan FPI Slamet Maarif berterus terang grupnya tengah menggalang sokongan buat mengirimkan sukarelawan ke Myanmar buat berjihad menolong etnik Rohingya. Slamet mengklaim telah terdapat 10. 000 sukarelawan FPi yang sedia diberangkatkan ke Myanmar.Kenapa dorongan manusiawi ke pengungsi Rohingya sedemikian itu lamban?

Panorama alam berisik pikuk rancu balau di dini darurat pengungsi dalam rasio raksasa yang kita amati di tenggara Bangladesh- tak jauh dari pinggiran Myanmar, telah dapat dicerminkan.Setelah nyaris 2 separuh minggu setelah itu, usaha dorongan manusiawi yang terorganisir sepatutnya telah mulai timbul.Tetapi kita tidak memandang perihal ini di Coxs Ekspo, tempat terdamparnya ratusan ribu masyarakat Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar.

Pesawat Herkules C- 130 yang mengangkat santapan serta kamp serta matrial buat penampungan belum pula berlabuh di lapangan terbang; tidak kita amati terdapatnya truk dorongan yang mengangkat kamp serta bagian pemurni air berjalan lamban menapaki jalur yang marak.Memanglah, salah satu perihal yang sangat mencengangkan di antara seluruh kengerian di mari merupakan pengakuan banyak orang Rohingya kalau mereka serupa sekali belum tersambung dengan badan dorongan ataupun tubuh manusiawi global.

Dorongan dari Indonesia serta beberapa negeri lain telah dikirimkan, tetapi lembaga- lembaga dorongan mengatakan kalau dorongan itu belum pula hingga pada yang menginginkan.Beberapa besar pengungsi berterus terang kalau informasi mereka- nama serta dusun asal- dicatat di pinggiran. Tetapi sehabis itu, mereka didiamkan sedemikian itu saja.

Nyaris seluruh tempat penampungan cemar yang nampak di kota- kota dadakan yang besar di tengah belukar semak serta perbukitan kecil itu dibuka, dibentuk serta dibiayai oleh para pengungsi itu sendiri.

Justru ini berkembang ekonomi terkini di pinggir- pinggir jalur, yang merespons kehadiran- dan keinginan para pengungsi. Bermunculan toko tepi jalur yang menjual batang- batang bambu yang terkini dipotong serta lembar- lembar plastik pipih, yang ialah materi membuat tempat penampungan gawat, yang dijual pada para pengungsi.

Tetapi jika Kamu tidak memiliki duit, Kamu tidak hendak memperoleh apapun.Puluhan ribu orang wajib tidur di tempat terbuka walaupun masa hujan telah datang.Bekal santapan amat terbatas. Banyak orang hendak bergerombol dalam jumlah besar di dekat truk bila tiba ikhlas hati masyarakat Bangladesh yang kesimpulannya melemparkan bermacam materi santapan serta busana ke tengah mereka.

Aku sempat memandang kanak- kanak serta orang berumur teraniaya dalam desak- desakan orang yang tidak teratasi itu.Itu tidak berarti kalau tidak terdapat yang dicoba. Seluruh tubuh dorongan manusiawi serta badan global terdapat di mari.Kala berdialog sah, mereka amat politis. Mereka hendak membenarkan kalau banyak orang tidak mendapatkan dorongan yang mereka butuhkan serta hendak membenarkan kalau usaha pemberian dorongan sepatutnya dapat dicoba lebih bagus.

Tetapi bicaralah dengan mereka dengan cara off the record, tidak buat dicatat serta ditayangkan, hingga Kamu memperoleh narasi yang berlainan. Mereka bercerita kalau mereka frustrasi dengan minimnya koordinasi serta pemisahan yang diberlakukan oleh penguasa Bangladesh mengenai gimana pembedahan mereka.

Ilustrasi yang sangat nyata merupakan gimana perlakuan kepada tubuh pengungsi PBB, UNHCR.Bagi determinasi yang telah berjalan lama, UNHCR cuma dapat bekerja di 2 barak pengungsian sah, Kutupalong serta Nayapara.Kedua barak sudah dibuat sepanjang bertahun- tahun serta ialah penampungan untuk dekat 20. 000 hingga 30. 000 orang Rohingya yang meninggalkan Myanmar pada gelombang pengungsian tadinya.

PBB berkata kalau semenjak evakuasi Rohingya dalam jumlah raksasa semenjak bertepatan pada 25 Agustus, populasi barak menggapai 70. 000- jauh melewati titik bosan.Jadi, seluruh pengungsi terkini yang dekat 400. 000an itu terdampar di luar barak, karenanya- menurut peraturan penguasa Bangladesh- UNHCR tidak bisa bertugas bersama dengan mereka.

Situasinya sangat luar lazim.

Pada hari Selasa, UNHCR memublikasikan kalau mereka mulai mengangkat dorongan besar lewat udara- dua pesawat barang besar yang bawa kamp keluarga, selimut, jerigen, dasar tidur serta benda keinginan dasar yang lain.Dibilang seluruh itu hendak lumayan buat penuhi keinginan menekan 25. 000 pengungsi serta kalau setelah itu hendak terdapat pesawat dorongan lain yang mengangkat keinginan gawat buat dekat 120. 000 pengungsi.

Tetapi, dengan ketentuan yang terdapat, UNHCR tidak mempunyai wewenang buat membagikan cadangan keinginan berarti ini pada banyak orang yang membutuhkannya.Jadi kenapa penguasa Bangladesh membuat badan semacam UNHCR sedemikian itu susah buat melaksanakan profesi mereka?Negeri ini memanglah mengalami bimbang yang menyakitkan.

Banyak orang Bangladesh ketahui benar, gimana mengerikannya jadi orang yang tersingkir.Lebih dari 10 juta orang melarikan diri dari negeri itu sepanjang perang kerabat pada tahun 1971, yang menimbulkan terjadinya negeri merdeka Bangladesh di area yang tadinya ialah Pakistan Timur.Mereka mau menolong sesama Orang islam yang mengidap penganiayaan yang seram itu.Tetapi mereka pula ketahui kalau para pengungsi hendak jadi bobot besar untuk bangladesh, yang ialah salah satu negeri sangat miskin serta terpadat di bumi.

Serta janganlah kurang ingat kalau ini bukan gelombang pengungsi Rohingya awal yang mencari proteksi di Bangladesh. Bagi ditaksir penguasa Bangladesh, telah terdapat 400. 000 orang Rohingya di mari.Jadi di satu bagian penguasa mau menawarkan dorongan serta sokongan, semacam yang dibilang kesatu menteri Bangladesh, di bagian lain mereka tidak mau membuat para pengungsi itu merasa hidup lebih gampang sebab khawatir perihal itu hendak mendesak lebih banyak lagi orang rohingya yang menyeberang.

Strategi itu bawa resiko, bukan cuma buat para pengungsi yang mengidap selaku akhirnya. Sepanjang ini, kebimbangan bumi difokuskan pada Myanmar.Tetapi bila panorama alam kesusahan serta keputusasaan yang kita amati di area pinggiran ini lalu bersinambung, dapat saja tidak lama lagi Bangladesh mengalami dirinya jadi pancaran minus bumi.

Pembangunan Terminal Ketiga Bandara Kota Dhaka Melampaui Target
Tentang Dhaka Ciy

Pembangunan Terminal Ketiga Bandara Kota Dhaka Melampaui Target

Pembangunan Terminal Ketiga Bandara Kota Dhaka Melampaui Target – Para pejabat mengatakan peluncuran lunak terminal yang paling ditunggu-tunggu itu diharapkan terjadi pada September-Oktober tahun depan

Pembangunan Terminal Ketiga Bandara Kota Dhaka Melampaui Target

dhakacity – Pembangunan terminal ketiga Bandara Internasional Hazrat Shahjalal (HSIA) berjalan lancar dengan penyelesaian mencapai 2% lebih dari target April.

Para pejabat mengatakan peluncuran lunak terminal yang ditunggu-tunggu itu diperkirakan akan terjadi pada September-Oktober tahun depan.

Setelah mengunjungi lokasi proyek di Kurmitola ibukota pada hari Senin, Menteri Negara Penerbangan Sipil dan Pariwisata Mahbub Ali mengatakan kepada wartawan, “Pembangunan bandara kelas dunia ini 1,9% di depan target yang diharapkan.

Baca Juga : Pembelajaran Di Bangladesh Diawasi Oleh Departemen Pembelajaran 

“Pada 8 April, pembangunan terminal ketiga seharusnya 32,7% selesai. Namun, kenyataannya adalah 34,6%. Pembangunan akan selesai dalam waktu yang ditentukan.”

Mengungkapkan harapan bahwa terminal dapat diresmikan dalam waktu yang dijadwalkan Desember 2023, dia berkata, “Penumpang di terminal ketiga akan menikmati kualitas layanan yang sama seperti yang mereka dapatkan di Bandara Heathrow London atau bandara Thailand.

“Tidak akan ada kompromi dengan kualitas,” katanya tentang proyek yang dilaksanakan oleh Mitsubishi dan Fujita dari Jepang, dan Samsung dari Korea Selatan.

“Kalaupun ada pekerjaan yang tersisa, soft launching bisa dilakukan lebih awal. Selama wabah Covid-19, pekerjaan konstruksi terminal ketiga tidak berhenti satu hari pun,” tambahnya.

Sekitar 4.000 pekerja nasional dan internasional mengerjakan proyek tersebut, menurut Otoritas Penerbangan Sipil Bangladesh (CAAB).

Setelah selesai, terminal dapat melayani dua kali jumlah penumpang daripada yang ditangani Bandara Dhaka saat ini, kata para pejabat.

Di jalan tol layang, menteri negara mengatakan, “Pekerjaan ini perlu dikoordinasikan. Pekerjaan di jalan tol layang akan dimulai dalam beberapa hari, ketika terminal akan terhubung ke jalan tol.

“Perdana menteri telah menginstruksikan kami untuk memperpanjang terowongan ke Kamp Haji Ashkona. Kami akan bekerja sesuai dengan itu,” katanya

Setelah penyelesaian proyek, HSIA akan dapat memberikan layanan kepada lebih dari dua crore penumpang setiap tahun, menurut CAAB.

Ditanya apakah biaya proyek bisa meningkat, Mahbub Ali menjawab, “Kita lihat saja. Tidak ada jaminan.”

Wakil Marsekal Udara CAAB Mafidur Rahman mengatakan, “Pembangunan terminal ketiga berjalan sesuai jadwal. Ada sedikit keterlambatan karena pekerjaan di Jalan Tol Ditinggikan Dhaka dimulai sedikit terlambat.”

Ketika terminal ketiga selesai, itu akan menggandakan kapasitas penanganan penumpang dan kargo tahunan bandara, menurut AKM Maksudul Islam, direktur proyek terminal ketiga.

Baru-baru ini, dia mengatakan kepada delegasi Asosiasi Produsen dan Eksportir Garmen Bangladesh bahwa setelah menyelesaikan terminal, bandara akan mampu menangani lima lakh ton kargo dari dua lakh ton saat ini.

Menurut sumber proyek, terminal sedang dibangun di atas lahan seluas 542.000 meter persegi dan akan memiliki luas lantai 230.000 meter persegi, 115 konter check-in, 64 meja imigrasi keberangkatan dan 64 kedatangan.

Sementara itu, pembangunan high speed taxiway di bandara juga dilakukan dengan cepat.

Ketua CAAB pada hari Senin mengatakan, “Rencananya adalah untuk menyelesaikan pekerjaan pada bulan Juni. Namun, itu akan selesai dalam minggu pertama bulan Mei.”

Ketua juga mengatakan bahwa pekerjaan memasang radar baru di bandara telah dimulai.

Pada 28 Desember 2019, Perdana Menteri Sheikh Hasina meresmikan pekerjaan konstruksi “Terminal Ketiga HSIA” senilai Tk21.300 crore di Dhaka yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penumpang dan kargo bandara.

Proyek ini menerima sinyal hijau dari Komite Eksekutif Dewan Ekonomi Nasional pada 24 Oktober 2017. Ini melibatkan perkiraan biaya Tk13.610crore.

Namun, pada 2019, biaya itu kemudian direvisi. Dari total biaya tersebut, pemerintah akan menyediakan Tk5.000 crore dan sisanya akan didanai oleh Japan International Cooperation Agency.

Pembelajaran Di Bangladesh Diawasi Oleh Departemen Pembelajaran
Ibukota Bangladesh

Pembelajaran Di Bangladesh Diawasi Oleh Departemen Pembelajaran

Pembelajaran Di Bangladesh Diawasi Oleh Departemen Pembelajaran – Pembelajaran di Bangladesh diawasi oleh Departemen Pembelajaran negeri itu. The Unit Pokok serta Mass Pembelajaran bertanggung jawab buat melakukan kebijaksanaan buat pembelajaran dasar serta sekolah yang didanai negeri di tingkatan lokal. Di Bangladesh, seluruh masyarakat negeri wajib menjajaki harus berlatih 2 simpati tahun yang terdiri dari 8 tahun di tingkatan sekolah dasar serta 4 tahun di tingkatan sekolah menengah. Pembelajaran dasar serta menengah dibiayai oleh negeri serta free di sekolah biasa.

Pembelajaran Di Bangladesh Diawasi Oleh Departemen Pembelajaran

dhakacity – Bangladesh seluruhnya cocok dengan tujuan Pembelajaran Buat Seluruh( EFA) PBB serta Tujuan Pembangunan Milenium( MDG) dan keterangan global terpaut pembelajaran yang lain. 17 Konstitusi Bangladesh memutuskan kalau seluruh anak menyambut pembelajaran free serta harus.

Denah sistem pembelajaran Bangladesh,Sistem pembelajaran penting dipecah jadi 3 kadar:

– Tingkatan dasar( kategori 1–8)

– Tingkatan menengah( 9- 12): Tidak terdapat sistem sekolah menengah di Bangladesh.

– tingkatan tersier

Di seluruh tingkatan sekolah, anak didik bisa memilah buat menyambut pembelajaran mereka dalam bahasa Inggris ataupun Bangla. Sekolah swasta mengarah memakai alat penataran berplatform bahasa Inggris sebaliknya sekolah yang disponsori penguasa memakai bahasa Bangla.

Calon perwira di ruang kelas

Akademi Besar Calon perwira berarti dalam sistem pembelajaran Bangladesh. Akademi besar calon perwira merupakan akademi besar kamar serta badan yang diatur oleh Tentara Bangladesh. Patuh merupakan harus di seluruh akademi besar calon perwira. Faujdarhat Cadet College merupakan akademi besar calon perwira awal di Bangladesh, dibuat pada tahun 1958 di atas tanah seluas 185 acre( 0, 75 kilometer 2) di Faujdarhat di area Chittagong. Dikala ini, terdapat 12 akademi besar calon perwira di Bangladesh, tercantum 3 buat anak wanita.

Sampai September 2019, pembelajaran besar di Bangladesh berjalan di 44 universitas negara, 101 swasta, serta 3 universitas global. Anak didik bisa memilah buat meneruskan riset mereka di aspek akuntansi sewaan, metode, teknologi, pertanian serta medis di bermacam universitas serta akademi besar.

Pembelajaran Utama

Tanggung jawab manajemen pembelajaran dasar dengan cara totalitas terdapat pada Departemen Pembelajaran Dasar serta Massal( MOPME), yang dibangun selaku Departemen pada tahun 1992. Sedangkan MOPME ikut serta dalam formulasi kebijaksanaan, tanggung jawab penerapan terletak pada Direktorat Pembelajaran Dasar( DPE) dipandu oleh seseorang Ketua Jenderal. Direktorat Pembelajaran Dasar( DPE) serta kantor- kantor bawahannya di tingkatan kabupaten serta upazilabertanggung jawab penuh atas pengurusan serta pengawasan pembelajaran dasar. Tanggung jawab mereka mencakup perekrutan, penempatan, serta pemindahan guru serta karyawan yang lain; menata penataran pembibitan in- service guru; penyaluran novel bacaan free; serta pengawasan sekolah. Tanggung jawab pembangunan sekolah, koreksi serta penyediaan perabotan sekolah terletak pada DPE yang dilaksanakan lewat Unit Metode Penguasa Wilayah( LGED). Tubuh Kurikulum serta Novel Bacaan Nasional( BKTB) bertanggung jawab atas pengembangan kurikulum serta penciptaan novel bacaan. Sedangkan Departemen Pembelajaran( MOE) bertanggung jawab atas formulasi kebijaksanaan, Direktorat Pembelajaran Menengah serta Besar( DSHE) di dasar Departemen Pembelajaran bertanggung jawab buat mempraktikkan perihal yang serupa di tingkatan pembelajaran menengah serta besar. NCTB bertanggung jawab buat meningkatkan kurikulum serta menerbitkan novel bacaan standar.

Direktorat Pembelajaran Dasar( DPE) bertanggung jawab buat menyelenggarakan 2 tes biasa:

– Akta Pembelajaran Dasar( PEC)( 5 kategori)

– Akta Sekolah Menengah Awal( JSC)( kategori 8)

Pelajaran kedua

Postingan penting: Sekolah Menengah di Bangladesh

Tingkatan pembelajaran menengah dikendalikan oleh 9 badan Pembelajaran Biasa:

– Badan Pembelajaran Barishal buat Bagian Barishal

– Badan Pembelajaran Chattogram buat Bagian Chittagong

– Badan Pembelajaran Cumilla buat Bagian Cumilla

– Badan Pembelajaran Dhaka buat Bagian Dhaka

– Badan Pembelajaran Dinajpur buat Bagian Rangpur

– Badan Pembelajaran Jashore buat Bagian Jashore

– Badan Pembelajaran Mymensingh buat Bagian Mymensingh

– Badan Pembelajaran Rajshahi buat Bagian Rajshahi

– Badan Pembelajaran Sylhet buat Bagian Sylhet

Markas badan terdapat di Barishal, Cumilla Chattogram, Dhaka, Dinajpur Jessore, Mymensingh, Rajshahi serta Sylhet.

8 Tubuh Pembelajaran Menengah serta Menengah( BISE) berplatform area bertanggung jawab buat melaksanakan 2 tes biasa:

– Akta Sekolah Menengah( SSC)( kategori 10)

– Akta Sekolah Menengah Atas( HSC)( kategori 12)

Di tingkatan sekolah, buat sekolah menengah non- pemerintah, Panitia Manajemen Sekolah( SMC), serta di tingkatan akademi besar menengah, buat akademi besar non- pemerintah, Tubuh Pengasuh( GB), dibangun cocok bimbingan penguasa, bertanggung jawab buat mengerahkan pangkal energi, membenarkan perhitungan, mengatur pengeluaran, serta menunjuk serta mendisiplinkan karyawan. Sedangkan guru sekolah menengah non- pemerintah direkrut oleh SMC terpaut dengan menaati peraturan penguasa yang relevan, guru sekolah menengah negara direkrut dengan cara terkonsentrasi oleh DSHE lewat tes bersaing.

Baca Juga : Proyek Kereta Bawah Tanah Kota Dhaka yang Berisiko

Di sekolah menengah negara, tidak terdapat SMC. Kepala sekolah bertanggung jawab penuh buat melaksanakan sekolah serta diawasi oleh delegasi ketua dari alam tiap- tiap. Federasi Guru Orang Berumur( PTA), bagaimanapun, terdapat buat membenarkan area berlatih serta membimbing yang lebih bagus.

Pembelajaran Tinggi

Di tingkatan tersier, universitas diatur oleh University Grants Commission. Akademi besar yang sediakan pembelajaran besar terletak di dasar Universitas Nasional. Tiap akademi besar medis berafiliasi dengan universitas negara. Universitas di Bangladesh merupakan tubuh bebas yang diatur oleh tubuh hukum semacam Perkongsian, Badan legislatif, Badan Akademik, dan lain- lain cocok dengan determinasi yang diresmikan dalam aksi tiap- tiap.

Pembelajaran metode serta kejuruan

Sistem Pembelajaran Metode serta Keahlian sediakan bimbingan yang berhubungan dengan bermacam aspek terapan serta efisien ilmu wawasan, teknologi serta metode, ataupun berpusat pada aspek spesial khusus. Lama bimbingan berkisar dari satu bulan sampai 4 tahun. The Badan Pembelajaran Teknis mengendalikan penataran pembibitan teknis serta keahlian di tingkatan menengah serta pula 2 tahun HSC BM atau Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) di tingkatan menengah yang lebih besar.

Direktorat Pembelajaran Metode( DTE) bertanggung jawab atas pemograman, pengembangan, serta penerapan pembelajaran metode serta keahlian di dalam negara. Kurikulum dilaksanakan oleh BTEB. Dalam Sistem Pembelajaran Metode, sehabis mendapatkan titel Akta Metode( kurikulum 4 tahun) dari institut yang tertera di dasar ini, anak didik bisa meneruskan pekerjaan pembelajaran mereka dengan mendapatkan titel ahli dari Universitas Metode& Teknologi. Umumnya diperlukan bonus 2 separuh hingga 3 tahun bimbingan buat memperoleh titel ahli, walaupun sebagian anak didik menginginkan durasi lebih dari 3 tahun buat melaksanakannya. Mereka setelah itu bisa mencatat di riset sesudah ahli. Anak didik pula bisa berlatih CA( Chartered Accounting) sehabis lolos HSC ataupun sarjanas serta wajib penuhi patokan masuk dari Institute of Chartered Accountants of Bangladesh( ICAB).

– Institut Politeknik Swedia Bangladesh Institut Politeknik Swedia Bangladesh ataupun Swedia semacam yang lazim diketahui, merupakan Sekolah Besar Metode Akta penguasa yang berada di Kaptai, Rangamati Hill Tracts di Bangladesh yang Dibuat pada tahun 1963.

– Institut Politeknik Barisal– salah satu institut politeknik terbanyak di Bangladesh

– BCMC College of Engineering& Technology– bersertifikat ISO serta akademi besar metode swasta terbanyak di Bangladesh, terdapat di Jessore

– Institut Politeknik Bogura– salah satu institut politeknik terbanyak di Bangladesh

– Comilla Polytechnic Institute– dibuat pada tahun 1962, salah satu institut politeknik penguasa terbanyak serta bereputasi baik

– Institut Politeknik Chittagong– sediakan pembelajaran abstrak serta efisien mengenai Metode serta teknologi dasar

– Institut Politeknik Dhaka– suatu badan teknis penguasa di Dhaka

– Institut Politeknik Feni– dibuat pada 29 Februari 1964, mempunyai dekat 2. 000 mahasiswa

– Institut Seni Grafis– salah satunya badan percetakan serta konsep grafis penguasa di Bangladesh

– Institut Politeknik Jessore

– Institut Politeknik Khulna– suatu badan teknis penguasa di Khulna

– Institut Politeknik Kushtia– institut politeknik terbanyak di Bangladesh

– Institut Ilmu serta Teknologi Mangrove– suatu badan teknis non- pemerintah di Khulna

– Institut Politeknik Mymensingh– dibuat pada tahun 1963 oleh Ford Foundation

– Institut Politeknik Patuakhali– salah satu institut politeknik terbanyak di Bangladesh

– Institut Politeknik Rajshahi– suatu badan teknis penguasa di Rajshahi

– Sylhet Polytechnic Institute– suatu badan akademis teknis yang dibantu negeri, dibuat pada tahun 1955 oleh Penguasa Pakistan

– Institut Politeknik Brahmanbaria– suatu badan teknis penguasa di Brahmanbaria, suatu badan akademis teknis yang dibantu negeri, dibuat pada tahun 2005

Sistem pembelajaran alternatif

sekolah menengah bahasa Inggris

Sekolah menengah bahasa Inggris beberapa besar merupakan sekolah swasta di mana seluruh bimbingan diajarkan dalam bahasa Inggris melainkan satu mata pelajaran Bahasa Bengali pada tingkatan lazim( O Tingkat). Sekolah- sekolah di Bangladesh ini menjajaki kompendium General Certificate of Examination( GCE) di mana anak didik direncanakan buat menjajaki tes Ordinary Tingkat( O Tingkat) serta Advanced Tingkat( A Tingkat). Sistem Akta Pembelajaran Biasa merupakan salah satu kualifikasi yang sangat diakui dengan cara global, yang berplatform di Inggris. Tes Tingkatan Lazim serta Sambungan merupakan bahasa Inggris yang sebanding dengan Akta Sekolah Menengah( SSC) serta Akta Sekolah Menengah Atas( HSC) pengecekan tiap- tiap. Beberapa besar anak didik menjajaki tes ini dari sekolah tertera di Bangladesh yang menjajaki kompendium GCE. Mereka yang tidak mendatangi sekolah yang menjajaki kompendium GCE pula bisa menjajaki tes Tingkatan Lazim serta Sambungan dari British Council. Pengecekan ini dicoba di dasar pengawasan British Council di Bangladesh. Tes GCE yang dicoba oleh British Council berjalan 2 kali satu tahun. Dikala ini, terdapat 2 badan yang bekerja dari Bangladesh buat Tes Tingkatan Lazim serta Sambungan, ialah Tes Global Edexcel serta Universitas Cambridge. Bangladesh baru- baru ini[ bila?] membuka sekolah tipe bahasa Inggrismenerjemahkan novel bacaan kediaman ke dalam bahasa Inggris. Dalam sebagian tahun terakhir kebijaksanaan bahasa nasional sudah membagikan prioritas penting buat pembelajaran bahasa Inggris di Bangladesh

pembelajaran madrasah

The Perguruan Sistem Pembelajaran berpusat pada pembelajaran agama, mengarahkan seluruh dasar- dasar pembelajaran di area agama. Pelajaran agama diajarkan dalam bahasa Arab serta para anak didik di sebagian wilayah pula melayani masjid- masjid setempat. Anak didik pula wajib menuntaskan seluruh bimbingan dari Sistem Pembelajaran Biasa. Banyak Perguruan swasta berlisensi menyambut kanak- kanak gelandangan serta berikan mereka santapan, tempat bermukim serta pembelajaran, misalnya Jamia Tawakkulia Renga Perguruan di Sylhet. Dalam Sistem Pembelajaran Perguruan terdapat 2 sistem:

Satu, yang diucap sistem Perguruan” Quomi” dipunyai serta didanai oleh swasta serta dijalani bagi sistem pembelajaran Islam Deobandi, yang menyangkal ilmu- ilmu logis.

Yang yang lain, yang diucap sistem perguruan” Alia”, dipunyai swasta namun disubsidi oleh penguasa( penguasa membelanjakan 11, 5% perhitungan pendidikannya buat perguruan alia, melunasi 80% pendapatan guru serta administrator). Perguruan Quomi beramal 1, 9% dari keseluruhan registrasi sekolah dasar serta 2, 2% dari registrasi sekolah menengah; Perguruan aliyah beramal 8, 4% dari sekolah dasar serta 19% dari registrasi sekolah menengah. Sistem alia ini semacam sistem pembelajaran pada biasanya, cuma saja bahasa Arab diajarkan di sisi pembelajaran biasa. The Perguruan Badan Pendidikanmencakup pembelajaran agama di Perguruan yang tertera di penguasa di tingkatan menengah. Sehabis lolos” Patuh”, seseorang anak didik bisa mencatat sepanjang 3 tahun bonus buat memperoleh tingkatan” Fazil”. Anak didik bisa meneruskan pembelajaran biasa lebih lanjut serta memperoleh titel universitas. Sehabis lolos dengan berhasil, mereka berikutnya bisa mencatat sepanjang 2 tahun lagi buat memperoleh titel tingkatan” Lengkap”.

Proyek Kereta Bawah Tanah Kota Dhaka yang Berisiko
Tentang Dhaka Ciy

Proyek Kereta Bawah Tanah Kota Dhaka yang Berisiko

Proyek Kereta Bawah Tanah Kota Dhaka yang Berisiko – Para ahli bertanya-tanya bagaimana sejumlah besar dihabiskan untuk studi kelayakan sebuah proyek ketika tidak ada proposal kereta bawah tanah dalam dokumen utama transportasi dan perencanaan kota Dhaka.

Proyek Kereta Bawah Tanah Kota Dhaka yang Berisiko

dhakacity – Kereta bawah tanah bukanlah proyek perencanaan sosial ekonomi yang berkelanjutan untuk kota Dhaka dan juga berisiko dan ambisius, kata pakar perencanaan transportasi dan pembangunan perkotaan.

“Pemerintah telah memutuskan untuk membangun kereta bawah tanah di beberapa rute sebagai bagian dari proyek Metrorel Dhaka, tetapi tanpa diskusi partisipatif dan analisis rinci dari aspek ekonomi dan aspek lain dari proposal tersebut. Keputusan itu tidak bijaksana,” kata Adil Muhammad Khan. direktur eksekutif, Institute for Planning and Development (IPD), dalam dialog perkotaan online.

Baca Juga : Kota Dhaka Mendadak Mendapat Suguhan Istimewa Dari Alam

IPD menyelenggarakan program Jumat, “Proyek Kereta Bawah Tanah di Dhaka: Analisis Utilitas dalam Relevansi Perencanaan Transportasi Berkelanjutan”. Adil Muhammad Khan, juga guru besar Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Jahangirnagar, menjadi pembicara utama.

“Proyek ini tidak realistis untuk kota Dhaka kami karena investasi dan biaya operasinya yang sangat tinggi, mengingat pendapatan per kapita dan kapasitas ekonomi Bangladesh. Karena pembangunan kereta bawah tanah adalah proyek yang sangat mahal, bahkan negara-negara terkaya pun tidak berencana untuk mengambil alih. proyek ambisius seperti pembangunan kereta bawah tanah di seluruh jaringan kota yang luas,” tambahnya.

Sementara pendapatan per kapita Bangladesh adalah sekitar $2.000, itu adalah $70.000 di AS (35 kali lipat dari Bangladesh), $65.000 di Singapura (33 kali), $50.000 di Jerman (25 kali), $45.000 di Inggris (23 kali), $40.000 di Jepang (20 kali). “Dengan demikian, kami tidak memiliki kekuatan ekonomi untuk membangun kereta bawah tanah,” kata Adil Muhammad.

Dia mengatakan biasanya biaya setidaknya $300 juta untuk membangun jalur kereta bawah tanah sepanjang satu kilometer. Namun, belakangan ini, biaya pembangunan subway di Singapura dan Hong Kong lebih tinggi, hingga $586 juta. Biaya awal kereta bawah tanah Dhaka diperkirakan mencapai $275 juta per kilometer.

Sekretaris Jenderal Institut Perencana Bangladesh Sheikh Muhammad Mehdi Ahsan mengajukan pertanyaan tentang bagaimana sejumlah besar anggaran dihabiskan untuk studi kelayakan proyek meskipun tidak ada proposal kereta bawah tanah dalam dokumen utama untuk transportasi dan perencanaan kota Dhaka.

Pakar transportasi SM Salehuddin, mantan direktur eksekutif, Otoritas Koordinasi Transportasi Dhaka, mengatakan proyek kereta bawah tanah tidak sesuai dengan masyarakat, ekonomi, atau sosial budaya kota Dhaka. Pada saat yang sama, biaya keseluruhannya sangat tinggi.

Alih-alih membuang Tk320 crore untuk studi kelayakan proyek kereta bawah tanah, ribuan bus berkualitas bisa diluncurkan di kota. Ini akan efektif dalam memecahkan masalah lalu lintas Dhaka, tambahnya.

Pakar transportasi menekankan implementasi cepat rasionalisasi rute bus di kota Dhaka dan menjadikan Dhaka kota yang ramah pejalan kaki.

Perencana Mohammad Ariful Islam, direktur, Institut Perencanaan dan Pembangunan, menyerukan untuk mengurangi tekanan di Dhaka dengan membangun kotapraja yang direncanakan di sekitar Dhaka.

Pada tahun 2005, sebuah rencana strategis dirumuskan untuk membangun sistem komunikasi yang berkelanjutan di Dhaka mengingat proyek Metrorail, Expressway, dan BRT sedang dilaksanakan.

Selanjutnya, rencana strategis yang direvisi disiapkan pada tahun 2016 di mana pemerintah mengambil inisiatif lain, termasuk pembangunan rute Metrorail baru.

Terlepas dari usulan STP dan RSTP, pemerintah tertarik pada proyek kereta bawah tanah untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Dhaka, yang studi kelayakannya sedang berlangsung.

10 Tempat Wisata Terbaik di Gazipur
Berita

10 Tempat Wisata Terbaik di Gazipur

10 Tempat Wisata Terbaik di Gazipur – Gazipur adalah salah satu tempat terbaik di Bangladesh untuk turis. Ini adalah distrik yang terletak di dekat ibu kota Kota Dhaka. Begitu banyak tempat wisata yang tersedia di sini.

10 Tempat Wisata Terbaik di Gazipur

10 Tempat Wisata Terbaik di Gazipur

dhakacity – Jika Anda ingin piknik bersama seluruh keluarga, maka itu adalah tempat terbaik untuk Anda karena ada banyak tempat piknik, resor, taman, dan spa. Disebut juga kawasan industri karena memiliki beberapa perusahaan multinasional, pemerintah, dan nasional.

Ada populasi besar yang tinggal di distrik ini. Perusahaan kota distrik Gazpur didirikan pada Januari 2013. Walikota Perusahaan Kota Gazipur (GCC) adalah Advokat Jahangir Alam.

Hari ini, saya membahas dengan Anda “Top 10 Tempat Wisata Terbaik di Gazipur” yang merupakan daya tarik alam untuk semua jenis wisatawan nasional dan internasional.

Berikut daftar Tempat Wisata Terbaik di Gazipur, Bangladesh:

01. Taman Safari Bangabandhu
Taman Safari Bangabandhu juga dikenal sebagai Taman Safari Sheikh Mujib yang merupakan taman safari yang terkenal dan populer di tanah air dan dunia.

Ini sangat dekat dengan jalan raya Mymensingh yang memiliki lima taman berbeda di divisi ini.

Anda dapat melihat empat puluh tujuh kategori hewan yang berbeda seperti harimau, zebra, bebek, singa, dan lainnya.

02. Bhawal Resort and Spa
Bhawal Resort and Spa adalah resor hutan hujan yang terletak di Noljahni, Gazipur. Ini menginformasikan sekitar area sebagai resor vila butik dengan level standar. Jika Anda ingin mendapatkan layanan kamar di resor ini, Anda harus membayar sekitar dua belas ribu untuk setiap kamar.

03. BRAC CDM Rajendrapur
BRAC CDM menyediakan kamar modern untuk setiap pelanggan dengan makan dan sarapan gratis yang terletak di Rajendrapur, Gazipur. Ini adalah pilihan pertama bagi setiap wisatawan untuk keuntungan resor. Mereka juga mengambil kegiatan Wi-Fi untuk pelanggan mereka.

04. Nuhash Polli
Nuhash Polli adalah tempat wisata alam yang terkenal dan paling menarik di distrik Gazipur yang terletak pada tahun 1997 dan memiliki tanah seluas dua puluh dua hektar oleh pengadaan Dr. Ejaz. Tempat menarik dari Polli ini adalah kolamnya, dan juga jembatan yang dibangun di atas kolam.

05. Resor Golf Pemandangan Hijau
Green View Resort menyediakan layanannya dengan keamanan tinggi. Mereka menawarkan pelanggan mereka restoran berkualitas tinggi, kolam renang luar ruangan, danau berperahu, dan lain-lain menyewa fasilitas akomodasi mereka terutama untuk acara sosial dan pertemuan perusahaan. Tempat akomodasi pertemuan tampak luar biasa. Terletak di Vangnahati, Sreepur, Gazipur.

06. Resor Nokkhottrobari
Nokkhottrobari Resort memberi Anda sumber berbeda untuk menikmati dan mencari sesuatu yang lain. Ini adalah bumi yang beragam dan beragam yang mengelilingi seluruh area di desa hijau.

Itu penuh dengan tempat-tempat penghilang kebisingan. Jika Anda ingin menikmati waktu Anda dengan tempat penghilang kebisingan yang berbeda di dalam Divisi Dhaka, maka Anda dapat memilih resor ini untuk tempat menghabiskan waktu terbaik Anda.

07. Resor Chuti & Tempat Piknik
Chuti Resort & Picnic Spot terletak di Amtoli, Gazipur, di Dhaka, Bangladesh. Mereka juga menawarkan kepada pelanggannya sarapan gratis dan layanan gratis lainnya untuk mendapatkan hati mereka.

Baca Juga : Proyek Kereta Bawah Tanah Kota Dhaka yang Berisiko

Ini adalah tempat pertama yang menyediakan gaya hidup ramah lingkungan kepada pelanggannya. Aktivitas penetapan biaya per orang terutama tergantung pada kategori kamar yang ingin Anda pilih.

08. Taman & Resor Shohag Palli
Shohag Palli Park & ​​Resort mencakup sepuluh hektar taman yang terletak di Sinaboh Safipur Road, Gazipur, Bangladesh. Ini terutama sekuler sebagai tempat piknik dengan restoran yang tampak, ditambah taman, dan penuh fasilitas.

Jika Anda ingin bersantai dengan pemandangan alam, maka Anda bisa memilih resor ini. Ini adalah tempat piknik alami terbaik di Bangladesh yang menyediakan layanan akomodasi tinggi dengan pengeluaran hidup mewah di seluruh negeri.

09. Resor Sarah
Sarah Resort terletak dan berlokasi di Bhawal Rajabari, Gazipur, di Dhaka, Bangladesh. Resor ini dirancang dengan unsur alam dengan ramah tetapi bahan dan peralatan resor modern ini mewah.

Jika Anda ingin berkunjung dan mendapatkan keuntungan dari Dhaka, maka Anda hanya membutuhkan waktu satu setengah jam. Itu sebabnya untuk rapat perusahaan, semua orang memilih resor ini terlebih dahulu.

Vila premium dari resor ini terlihat luar biasa dan tempat terbaik. Jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama istri Anda, maka itu adalah penghilangan kebisingan yang sempurna dan tanah tanpa dunia yang membawa Anda penuh kenikmatan.

10. Taman Nasional Bhawal
Menurut Undang-Undang Margasatwa tahun 1974, Taman Nasional Bhawal pertama kali diperkenalkan pada tahun 1982 dan mencakup 940 hektar lahan.

Taman ini mengelilingi seluruh area dengan hutan. Ada juga yang tersedia pada tumbuhan, hewan, dan lain-lain. Jika Anda ingin mengunjungi taman ini, maka Anda bisa leluasa datang dengan menggunakan bus.

Kota Dhaka Mendadak Mendapat Suguhan Istimewa Dari Alam
Tentang Dhaka Ciy

Kota Dhaka Mendadak Mendapat Suguhan Istimewa Dari Alam

Kota Dhaka Mendadak Mendapat Suguhan Istimewa Dari Alam – penduduk kota Dhaka mendapat suguhan istimewa dari alam. Udara yang mereka hirup jauh lebih bersih karena kualitas udara meningkat secara signifikan sebagian besar berkat hujan yang mengurangi polusi, eksodus Idul Fitri, dan pembatasan Covid.Bahkan Dhaka mendapat ceruk di antara sepuluh kota teratas dunia yang memiliki udara bersih dari 22-31 Juli lalu, melegakan untuk kota yang padat penduduk yang terkenal dengan polusi udaranya yang parah.

 

Kota Dhaka Mendadak Mendapat Suguhan Istimewa Dari Alam

dhakacity – Menurut data IQAir Visual yang berbasis di AS, Dhaka juga termasuk di antara lima kota teratas untuk waktu tertentu pada 24 dan 30 Juli untuk kualitas udara yang baik, kata Prof Dr Ahmad Kamruzzaman Majumder, pendiri dan direktur Center for Atmospheric Pollution. Studi (CAPS) dari Universitas Stamford Bangladesh.Kualitas udara kota meningkat secara signifikan pada bulan Juli karena skor Indeks Kualitas Udara (AQI) tetap kurang dari 100 di sebagian besar hari dalam sebulan.Skor AQI 0-50 dianggap kualitas udara ‘baik’, 51-100 sedang, 101-150 tidak sehat untuk kelompok sensitif, 151-200 tidak sehat, 201-300 sangat tidak sehat, dan 301 ke atas berbahaya.

Namun, skor AQI udara Dhaka tetap di atas 200 dan terkadang mendekati 300 dalam waktu normal.Prof Majumder mengatakan kualitas udara membaik pada Juli terutama untuk hujan, eksodus Idul Fitri, lebih sedikit pergerakan lalu lintas dan pembatasan dalam banyak kegiatan lainnya karena penguncian Covid-19 yang berulang bulan lalu.

Rata-rata partikulat (PM2.5) tertinggi adalah 53,48 g/m³ di Gulshan-2, sedangkan konsentrasi rata-rata terendah 18,89 g/m³ di daerah Motijheel pada Juli 2021, menurut temuan studi yang dilakukan oleh CAPS.

Kualitas udara tercatat di 10 titik di ibu kota, termasuk Gulshan-2 dan Motijheel sebagai bagian dari studi yang dilakukan di bawah Proyek Advokasi Anti-Pencemaran yang didanai oleh USAID dan FCDO.Dari 8 tempat lain, rata-rata konsentrasi PM2.5 adalah 19,34 g/m³ di daerah Sangsad Bhaban, 19,63 g/m³ di Ahsan Manjil, 28,85 g/m³ di Shahbagh, 30,23 g/m³ di Tejgaon, 32,92 g/m³ di Dhanmondhi , 33,84 g/m³ di Agargaon, 36,94 g/m³ di Uttara-Abdullapur dan 40,10 g/m³ di Mirpur-10.

Kualitas udara tercatat sehat di 10 tempat karena konsentrasi 65 g/m³ dianggap sebagai udara sehat di Bangladesh sesuai dengan pedoman kualitas udara nasional.Dalam empat bulan terakhir (April-Juli 2021), konsentrasi rata-rata terendah adalah 51,27 di Dhanmondi-32, sedangkan konsentrasi rata-rata tertinggi adalah 71,23 di Gulshan-2, menurut temuan.

Selama periode 90 hari (Jan-Maret 2021), udara Dhaka ‘berbahaya’ selama 12 hari, ‘sangat tidak sehat’ selama 58 hari, ‘tidak sehat’ selama 19 hari dan ‘tidak sehat untuk kelompok sensitif dalam satu hari.Menghirup udara yang tercemar telah lama diketahui dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung, penyakit pernapasan kronis, infeksi paru-paru dan kanker, menurut beberapa penelitian.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), polusi udara membunuh sekitar tujuh juta orang di seluruh dunia setiap tahun, sebagian besar sebagai akibat dari peningkatan kematian akibat stroke, penyakit jantung, penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru dan infeksi saluran pernapasan akut.

Baca Juga : 6 Fakta tentang Hak Perempuan di Bangladesh

Kualitas udara Dhaka meningkat selama lockdown

Kualitas udara kota Dhaka telah membuat peningkatan yang nyata dengan rata – rata sekitar 45 persen sehari selama tujuh hari pertama penguncian Covid-19 karena rendahnya tingkat emisi.Menurut survei yang dilakukan oleh Center for Atmospheric Pollution Studies (CAPS) dari Stamford University Bangladesh, ada empat alasan yang secara efektif bekerja di balik peningkatan aneh dalam kualitas udara.Dikatakan arus lalu lintas yang rendah, penangguhan renovasi jalan dan pekerjaan konstruksi dan kurangnya kegiatan untuk membakar limbah menyebabkan peningkatan kualitas udara meskipun dikatakan sebagai keuntungan yang berumur pendek.

Bahkan polusi udara menurun hingga 70 persen di beberapa daerah di kota selama periode 14-21 April, kata survei tersebut.Survei dilakukan di bawah proyek berjudul “Mempromosikan Tata Kelola yang Demokratis dan Advokasi Kolektif untuk Perlindungan Lingkungan di Kota Dhaka” dengan dukungan keuangan dari USAID dan UKAid.Sebagai bagian dari survei, kualitas udara diukur menggunakan peralatan otomatis selama delapan jam sehari di 10 wilayah ibu kota.

Hasil pengukuran menunjukkan bahwa kualitas udara telah meningkat rata-rata 45 persen sehari dari 14 hingga 21 April lalu.Skor AQI rata-rata adalah 117,8 pada 14-21 April selama penguncian penuh, yang 45 persen lebih rendah dari skor rata-rata 214,5 yang tercatat pada 5-8 April selama penguncian sebagian.Peningkatan kualitas udara kota yang signifikan juga terlihat pada awal penguncian sebagian yang diberlakukan pada 29 Maret karena rata-rata skor AQI adalah 168,3 dari 1 hingga 4 April lalu. Kualitas udara kemudian memburuk lagi karena pembatasan lalu lintas dan kegiatan publik sebagian besar ditentang.

Namun, kualitas udara Dhaka dengan skor 117,8 masih ‘tidak sehat’ untuk kelompok sensitif seperti anak-anak, ibu hamil, lanjut usia dan penderita penyakit jantung dan paru-paru karena masuk dalam kategori skor AQI 100-150, kata Founder Director CAPS Prof Dr Ahmad Kamruzzaman Majumder.Selama 5-8 April lalu, kualitas udara dengan 214,5 ‘sangat tidak sehat’, katanya seraya menambahkan skor 200-300 termasuk ‘sangat tidak sehat’.

Kualitas udara dengan skor AQI 300+ dianggap ‘berbahaya’ dan skor 150-200 sebagai ‘tidak sehat’, kata Prof Majumder, yang juga ketua Departemen Ilmu Lingkungan Universitas tersebut.Menurut temuan studi, penghentian penggalian, renovasi dan pekerjaan konstruksi jalan; tidak bergeraknya kendaraan bermotor; kurangnya polusi dari pembakaran sampah; dan keberadaan lebih sedikit debu di udara berkontribusi pada peningkatan kualitas udara.

Dikatakan penggalian yang tidak aman, renovasi dan pekerjaan konstruksi jalan adalah sumber 20pc-25pc polusi udara di kota Dhaka. Ibukota telah dalam kegiatan konstruksi dan rekonstruksi yang padat selama beberapa dekade yang mempengaruhi kualitas udaranya dengan buruk.Asap hitam yang dipancarkan dari sekitar 5,6 lakh kendaraan yang tidak layak bertanggung jawab atas 15pc-20pc polusi udara di Dhaka. Tetapi pergerakan sekitar 95 persen kendaraan yang tidak layak tetap ditangguhkan selama penguncian (14-21 April).

Pergerakan kendaraan membuat debu melayang di udara dari permukaan jalan. Tapi debu di udara ini turun 10 persen karena arus lalu lintas yang rendah di kota. Pembakaran limbah bertanggung jawab atas 10 persen polusi udara kota, yang juga tidak terlihat selama penguncian.

Selama 90 hari sejak Januari hingga Maret 2021, kualitas udara tercatat ‘berbahaya’ selama 12 hari, ‘sangat tidak sehat’ selama 58 hari, ‘tidak sehat’ selama 19 hari dan ‘tidak sehat untuk kelompok sensitif’ selama satu hari di Dhaka, salah satu kota paling tercemar di dunia, menurut penelitian terbaru lainnya.Orang-orang disarankan untuk menghindari semua aktivitas di luar ruangan ketika kualitas udara berbahaya.Dhaka yang telah lama bergulat dengan kualitas udara yang buruk sering menempati peringkat kota paling tercemar, kota paling tercemar kedua atau ketiga di dunia.Udara Dhaka mulai segar dengan datangnya monsun dari pertengahan Juni dan sebagian besar tetap dapat diterima hingga Oktober.

Polusi udara secara konsisten menempati peringkat di antara faktor risiko utama kematian dan kecacatan di seluruh dunia. Menghirup udara yang tercemar telah lama diketahui meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung, penyakit pernapasan kronis, infeksi paru-paru dan kanker, menurut beberapa penelitian.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), polusi udara membunuh sekitar tujuh juta orang di seluruh dunia setiap tahun, sebagian besar sebagai akibat dari peningkatan kematian akibat stroke, penyakit jantung, penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru dan infeksi saluran pernapasan akut.

6 Fakta tentang Hak Perempuan di Bangladesh
Ibukota Bangladesh

6 Fakta tentang Hak Perempuan di Bangladesh

6 Fakta tentang Hak Perempuan di Bangladesh – Sejak mencapai kemerdekaan pada tahun 1971 , Bangladesh telah mengangkat 15 juta warga keluar dari kemiskinan dan membuat langkah besar dalam mengatasi kerawanan pangan. Namun, sementara pemerintahnya tanpa lelah bekerja untuk mengembangkan ekonomi, ia juga berjuang untuk hak-hak perempuan di Bangladesh.

6 Fakta tentang Hak Perempuan di Bangladesh

dhakacity – Terlepas dari kerangka sosial patriarki, perempuan Bengali telah memegang hak untuk memilih sejak 1947, dan negara itu memilih Perdana Menteri perempuan pertamanya pada tahun 1991.

Perempuan berjuang untuk negara mereka dalam Perang Pembebasan Bangladesh , dan konstitusi yang kemudian diadopsi negara itu menjanjikan kesempatan yang sama bagi wanita di segala bidang.

Baca Juga : Sejarah dan Budaya Bangladesh

Enam fakta berikut tentang hak-hak perempuan di Bangladesh menjelaskan bagaimana negara itu berusaha untuk menepati janji itu, dan tantangan apa yang masih ada.

1. Pemerintah telah memberlakukan berbagai kebijakan selama dekade terakhir yang berfokus pada hak-hak perempuan di Bangladesh.

Kementerian Wanita dan Anak telah meningkatkan tunjangan bagi para janda , meringankan beban ibu menyusui di perkotaan dan memberikan pelatihan kerja di bidang-bidang seperti pertanian dan elektronik. Kebijakan Pembangunan Perempuan Nasional tahun 2011 bertujuan untuk menetapkan persamaan hak antara laki-laki dan perempuan, tetapi juga mencakup tujuan khusus seperti pendampingan bagi pengusaha perempuan.

Untuk mengawasi pelaksanaan kebijakan pembangunan, pemerintah membentuk Dewan Pengembangan Perempuan dan Anak Nasional beranggotakan 50 orang yang diketuai oleh Perdana Menteri Sheikh Hasina. Hasina juga secara vokal mendukung pemberdayaan perempuan di forum-forum global seperti PBB .

2. Laki-laki masih mendominasi sistem politik negara.

Dengan Hasina memimpin negara itu sejak 2009 dan partai oposisi utama juga dipimpin oleh seorang perempuan, Bangladesh mungkin tampak menjadi model pemberdayaan perempuan dalam politik. Namun, dari 350 kursi di parlemen Bangladesh, hanya 22 yang saat ini dimiliki oleh legislator perempuan yang dipilih secara langsung sementara 50 kursi disediakan untuk perempuan yang tidak dipilih secara langsung.

Politisi dan aktivis perempuan telah menggambarkan budaya eksklusi di dua partai politik utama, diperkuat oleh politisi laki-laki yang memandang rekan perempuan mereka sebagai inferior. Namun, proporsi perempuan di parlemen terus meningkat selama dekade terakhir dan perempuan memegang kursi di 12.000 kantor politik lokal .

3. Kematian ibu telah turun 60% sejak tahun 2000.

Penurunan ini merupakan hasil dari investasi yang efektif dalam perawatan prenatal. Pemerintah dan Dana Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFPA), badan kesehatan seksual dan reproduksi PBB, telah memberikan dukungan penting dengan mengoordinasikan program pelatihan bidan.

Bidan terlatih mengurangi faktor risiko utama kematian ibu, yaitu kurangnya akses kesehatan bagi ibu hamil. Lebih dari setengah wanita Bengali memilih untuk melahirkan di rumah, tetapi proporsi kelahiran yang melibatkan tenaga kesehatan terlatih telah meningkat dan sekarang mencapai lebih dari setengahnya.

4. Kekerasan terhadap perempuan dan pernikahan anak masih menjadi masalah utama.

Dua dari tiga wanita menikah di Bangladesh pernah mengalami kekerasan dalam rumah tangga di beberapa titik dalam hidup mereka. Hukum agama mendikte adat-istiadat seperti pernikahan dan memperkuat diskriminasi terhadap perempuan.

Hampir 60% perempuanmenikah sebelum ulang tahunnya yang ke-18, dan keluarga suaminya dapat menelantarkan mereka jika mereka tidak dapat melahirkan anak. Akar rumput dan LSM internasional telah berusaha untuk mengubah status quo ini; misalnya, Girls Not Brides Bangladesh adalah kemitraan dari 25 organisasi yang melobi pemerintah dan mempromosikan advokasi.

Pemerintah telah menjawabnya dengan mengesahkan UU Pencegahan dan Perlindungan KDRT tahun 2010 dan UU Pembatasan Perkawinan Anak tahun 2017, namun hasil dari upaya tersebut belum juga terwujud.

5. Organisasi masyarakat sipil telah memainkan peran kunci dalam meningkatkan hak-hak perempuan di Bangladesh.

Contoh organisasi nirlaba yang mendukung wanita Bengali adalah Masyarakat Koperasi Wanita Kurang Mampu Murapa Selatan. Organisasi ini menyediakan perawatan medis untuk wanita di distrik Cox’s Bazar. Ketua kelompok itu, Kulsuma Begum, melarikan diri dari suaminya yang kejam pada usia 16 tahun dan segera berangkat untuk membantu wanita hamil di zona bencana. Selain organisasi domestik seperti Begum’s, badan amal internasional seperti Save the Children telah membuat keuntungan besar dalam kesehatan bayi dan pendidikan anak usia dini.

6. Pandemi COVID-19 telah memperburuk ketidakadilan yang ada.

Evaluasi antar lembaga oleh UN Women mengidentifikasi beberapa faktor yang dapat mengikis hak-hak perempuan di Bangladesh karena pandemi, termasuk kurangnya akses perawatan kesehatan, beban kerja perawatan yang tidak setara, dan kurangnya kekuatan pengambilan keputusan dalam respons pandemi.

Para ahli juga mendokumentasikan peningkatan kekerasan berbasis gender selama penutupan awal, memicu lonjakan panggilan ke hotline trauma nasional. Untungnya, organisasi lokal di lapangan telah mengorganisir kegiatan cash-for-work untuk perempuan, seperti pembuatan topeng.

Di bulan-bulan mendatang, pandemi COVID-19 akan terus menghadirkan tantangan bagi Bangladesh, khususnya para wanita di negara itu. Namun, perempuan Bengali telah lama menanggung beban perjuangan negara mereka sambil terus mendorong perubahan tanpa henti. Mudah-mudahan, ketahanan mereka pada akhirnya akan bersinar.

Sejarah dan Budaya Bangladesh
Berita

Sejarah dan Budaya Bangladesh

dhakacity – Bangladesh memiliki latar belakang sejarah yang sangat kaya. Sejak awal, negara ini telah didominasi oleh beberapa kaisar paling kuat di zaman kuno. Para penguasa ini membangun istana terbaik dengan desain elegan yang sebanding dengan keajaiban arsitektur modern.

Sejarah dan Budaya Bangladesh – Tur ke Bangladesh tidak akan lengkap tanpa kunjungan ke kastil-kastil yang indah ini. Ahsan Manzil dan Benteng Lalbagh adalah dua tempat seperti itu. Mengikuti arahan pemandu wisata lokal , Anda dapat menikmati kunjungan Anda sepenuhnya.

Sejarah dan Budaya Bangladesh

Sejarah dan Budaya Bangladesh

Lokasi
Alasan di balik menempatkan kedua tempat ini di lorong yang sama adalah karena lokasinya. Mereka terletak sangat dekat satu sama lain di Old Dhaka , di tepi sungai Buriganga (Gangga). Ahsan Manzil berdiri di Kumortoli, jalan Ahsanullah sedangkan Benteng Lalbagh terletak di tempat bernama Lalbagh. Jalan menuju tempattempat indah ini sangat sempit dan padat. Kendaraan bermotor dan tidak bermotor bergerak di jalan yang sama. Anda akan memerlukan bantuan pemandu wisata untuk mencapai tujuan Anda dengan aman.

Ahsan Manzili
Dibangun pada tahun 1872, istana merah muda ini memiliki salah satu desain arsitektur paling indah yang pernah Anda lihat. Kompleks besar akan memberi Anda gambaran yang jelas tentang gaya hidup penguasa kota Dhaka saat itu. Itu pada dasarnya adalah kediaman Nawab Abdul Gani, yang merenovasi rumah taman asli dari Tuan Tanah Sheikh Enayet Ullah dan menamakannya setelah putranya Khaza Ahsanullah. Seluruh kastil telah dibangun kembali pada akhir 1980an untuk menyelamatkannya dari terlupakan dan kini telah diubah menjadi museum nasional.

Ahsan Manzil benarbenar melambangkan keunggulan budaya yang kaya dari Bangladesh. Ini telah memantapkan dirinya sebagai salah satu monumen arsitektur terbaik di dunia. Setiap tahun sejumlah besar wisatawan datang ke Dhaka untuk melihat istana megah ini. Keindahan dan kebesaran mantra kastil membatasi sebagian besar pengunjungnya. Desain struktur berbentuk kubah menggambarkan yang digambarkan dalam “Malam Arab”. Struktur besar langsung menghadap ke sungai Gangga. Jika Anda duduk di tangga depan, angin sepoisepoi sungai akan mendinginkan inti hati Anda.

Kastil utama terdiri dari dua bagian; sisi timur dengan kubah dikenal sebagai “Rong Mahal” dan bangunan barat dikenal sebagai “Ondor Mahal” . Pemandu wisata akan menunjukkan Anda di sekitar ruang negara besar, ruang tamu, perpustakaan, ruang kartu dan dua kamar tamu di gedung timur. Ruang makan yang indah, ruang dansa, dan beberapa kamar kecil lainnya terletak di sisi barat. Ruang tamu didekorasi dengan langitlangit kayu buatan yang indah. Aula darbar atau ruang pertemuan yang menakjubkan menarik perhatian sebagian besar wisatawan. Di ruang penyimpanan Anda akan menemukan semua barang berharga yang digunakan para Nawab.

The pemandu wisata akan menunjukkan potret semua Nawabs tergantung di dinding dengan deskripsi pemerintahan mereka. Desain arsitektur tangga memiliki kualitas yang sangat tinggi. Pagar tangga dihiasi dengan daun sulur. Lantai dan dinding beranda dan kamar terbuat dari marmer dan pintu ditempatkan di dalam lengkungan melingkar. Pintu warnawarni dan balok kayu menambah keindahan struktur. Kubahnya didesain begitu elegan sehingga bentuknya segi delapan terlihat seperti kuncup bunga teratai.
Pada akhir pekan, seluruh lokasi dibanjiri pengunjung. Orang-orang datang untuk menikmati pemandangan indah istana bersama keluarga dan teman. Wisata perahu di Pulau Gangga juga bisa dinikmati dengan biaya yang sangat murah. Dilarang menembak di dalam gedung,Anda dapat merekam foto di dekat kastil. Pemandu wisata Anda mengelola seluruh perjalanan dan mengingat masa tinggal Anda.

Benteng Lalbagh
Benteng Lalbagh didirikan pada 1678 oleh Raja Young Bengal, Pangeran Mahmanad Azam Prince pada waktu itu. Dia adalah Kaiser Son Mughal Aurangzeb. Kastil ini juga disebut “Aurangbad Fortress”. Kemudian Muhammad Azam terus mengingat ayahnya dan subdarnya oleh Dhaka Shaista Khan. Setelah kematian putrinya, Shaista Khan berpikir bahwa tempat itu dikritik dan meninggalkan struktur yang tidak lengkap.

Pari-bibi diam-diam beristirahat di kuburannya, yang merupakan salah satu dari tiga struktur utama benteng. Ada air mancur yang indah dan taman yang mengelilingi kuburnya. Beberapa rumah sejarawan percaya dia bekerja untuk kematiannya di Raja Hammsadoasam. Diwaniaam atau ruang kantor dan bus Nawab Shaista Khan kini diubah menjadi museum.
Benteng ini memiliki banyak lorong dan ruangan rahasia. Labirin istana akan memberikan pengalaman yang sangat seru. Hanya pemandu lokal yang tahu ke mana arah jalan ini. Itu dibangun terutama untuk melarikan diri dengan aman selama perang jika diperlukan. Ada juga masjid besar di kompleks utama. Senjata abad ke-17, pakaian, dan harta karun lainnya disimpan dengan aman di kastil utama.

Pemandu akan memandu Anda melewati tiga gerbang utama menuju kastil. Anda dapat melihat Sungai Gangga dari gerbang selatan. Seperti Ahsan Manzil, Benteng Lalbagh sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat ini buka dari hari Minggu hingga Jumat. Old Dhaka sangat terkenal dengan masakannya, dan ada banyak restoran di depan benteng yang menyajikan makanan cepat saji dan makanan lezat. Para pengunjung di sini sebagian besar adalah mahasiswa dari berbagai universitas.

Dua kastil yang menakjubkan ini akan membuat Anda ingin. Untuk beberapa alasan, seiring waktu Anda telah mencapai Abad Pertengahan untuk membaca buku cerita. Ini adalah dua atraksi utama kota Dhaka. Untuk kunjungan yang informatif dan nyaman, disarankan untuk berkonsultasi dengan pemandu lokal sebelum kedatangan.
Sedikit sejarah
Selama era Mughal, ada sebuah rumah taman di Sheikh Enaet Ullah, pemilik Jamalpur Polgona (distrik). Sheikh Enaet Ullah adalah orang yang sangat menarik. Dia membeli tanah yang sangat luas di Kuma Turi (Kuma Turi) dan membangunnya di rumah musim panasnya. Di sini ia membangun istana yang indah dan menyebutnya “Ronmo Hall” (Ran Mahal). Di sini ia mengumpulkan gadis-gadis cantik dari dalam dan luar negeri dan mengenakan gaun cantik dan perhiasan mahal.

Ada pepatah bahwa pendiri Dhaka (perwakilan Kaisar Mugar) tertarik pada salah satu gadis cantik. Suatu malam dia mengundang Sheikh Enaet Ulla ke sebuah pesta dan membunuhnya di sebuah plot dalam perjalanan pulang. Gadis itu juga bunuh diri dengan marah dan sedih. Di sudut timur laut halaman istana adalah makam Syekh Enaetoura, yang dihancurkan pada awal abad ke-20.
Mungkin pada masa Nawabu Alibardikhan (Kakek Nawab Silajuuddaura) sekitar abad ke-1740, Syekh Motiura, putra Syekh Enaetoura, menjual properti itu kepada seorang saudagar Prancis. Ada perusahaan perdagangan PrancisAtas perintah Kaisar Aurangzeb, mereka dapat melakukan bisnis di sini tanpa membayar pajak.

Baca Juga : Tempat Perbelanjaan di Dhaka,Bangladesh

Pada saat itu, Prancis menjadi sangat kaya dengan bersaing dengan Inggris dan perusahaan Eropa lainnya untuk melakukan bisnis di sini. Mereka membangun istana besar di tanah yang baru diperoleh dan menggali kolam untuk air tawar. Kolam tersebut masih berada di Kompleks Asanmanzil dan kemudian disebut “Rejara”. Dalam Perang Tujuh Tahun, Prancis dikalahkan dan semua properti mereka diambil oleh Inggris. Pada 22 Juni 1757, Prancis meninggalkan perusahaan dagang dengan armada 35 kapal dari stasiun di Sungai Briganga di lepas pantai Kumaturi.

Pada tahun 1785, Prancis mengalihkan properti itu kepada seorang pedagang Prancis bernama Mr. Champiny, yang mempeloporinya pada tahun 1801. Di bawah Perjanjian Paris tahun 1814, Prancis mengklaim semua properti yang tersisa di Dhaka, dan pada tahun 1827 properti itu dikembalikan ke Prancis. Prancis harus meninggalkan anak benua itu untuk memperkuat kekuatan Inggris. Mereka memutuskan untuk menjual semua properti mereka di Dhaka. Oleh karena itu, pada tahun 1830, Perusahaan Dagang Kumaturi diakuisisi oleh pemilik mapan Dhaka, Kwaja Arimura.

Setelah beberapa perbaikan, perusahaan perdagangan menjadi kediaman Kwaja Arimura. Pada masanya, kompleks diperluas untuk mencakup istal dan masjid keluarga. Setelah kematiannya, putranya Sir Nawab Bahadur Kwaja Abdul Ghani mengembangkan perkebunan dan menamakannya Asan Manzil setelah putranya Kwaja Asanula.

Tempat Perbelanjaan di Dhaka,Bangladesh
Berita

Tempat Perbelanjaan di Dhaka,Bangladesh

dhakacity – Berbelanja adalah acara yang menyenangkan di rumah dan festival Idul Fitri tidak mungkin lagi terjadi. Siapa yang tidak ingin membeli surat belanja terbaik untuk keluarga mereka? Seluruh keluarga pergi ke pos belanja terkenal bersama, berbelanja dan membeli produk atau barang terbaik. Tanpa berbelanja, bepergian, atau pergi ke orang lain adalah hal yang mustahil.

Tempat Perbelanjaan di Dhaka,Bangladesh – Semua orang ingin berbelanja untuk orang yang mereka cintai dan terkadang untuk diri mereka sendiri. Itu membuat hidup Anda lebih bahagia dan lebih berkesan. Dhaka adalah kota pusat perbelanjaan terbesar. Masyarakat Dhaka sangat tertarik untuk berbelanja.

Tempat Perbelanjaan di Dhaka,Bangladesh

Tempat Perbelanjaan di Dhaka,Bangladesh

Kota Dhaka memiliki banyak tempat menarik dan indah. Pria dan wanita yang menyukai sebagian besar pembeli menghabiskan waktu yang memuaskan dengan email belanja. Mereka juga mengunjungi mal untuk membeli kebutuhan pokok.
Kebanyakan mal di Dhaka menawarkan banyak keuntungan tinggal di Dhaka. Ini karena kami menyediakan layanan tidak hanya untuk berbelanja tetapi juga untuk makan dan menonton film.

Di bawah ini adalah daftar 10 pusat perbelanjaan teratas di Dhaka, Bangladesh.

01. Taman Masa Depan Jamna
Keajaiban arsitektur dan pusat perbelanjaan yang estetis di Dhaka, Bangladesh adalah Taman Masa Depan Jamna. Ini adalah pusat perbelanjaan terbesar di Kota Dhaka. Mereka mencakup area 33 hektar dan dekat dengan Basehara dekat Bandara Internasional Shahjalal. Internet WiFi dengan pusat perbelanjaan Barack dan pabrik.

02. Kompleks perbelanjaan kota Basofhara
Salah satu pusat perbelanjaan terbesar Bangladesh dan gaya Barat adalah kompleks perbelanjaan kota Harac yang ditaburi. Terletak di Pantapas, Kota Dhaka pada tahun 2004. Terkenal dengan hiburan, belanja, dan popularitas. Ini mencakup area yang cocok dari 191200 kotak. Mal ini juga memiliki kompleks bioskop, gimnasium, kafetaria, zona permainan, taman hiburan, dan food court premium, yang dibagi menjadi delapan lapisan. Level 1 hingga 4 menyediakan layanan produk fesyen, dan level 5, 6, dan 7 menyediakan layanan kelistrikan dan sepatu.

03. Alun-alun Timur
Mal Perbelanjaan Eastern Plaza terletak di Hatilpur, Dhaka pada tahun 1990. Tapi mereka sebenarnya memulai perjalanan mereka pada Januari 1992. Jika Anda ingin membeli produk elektronik, ini adalah mal terbaik untuk Anda karena menawarkan produk elektronik dan email belanja dari beberapa toko.

04. Plaza Polisi Kerukunan
Salah satu mal komersial bertingkat adalah Police Plaza Concord, mal mewah dengan AC dan fasilitas modern. Menurut Perwalian Kesejahteraan Polisi Bangladesh, itu ada di Gulshan 1.

05. Alun-Alun Simant
Mal Perbelanjaan Simant Square berlokasi strategis di dekat Universitas Dhaka dan Pilkana. Oleh karena itu, ini adalah pusat perbelanjaan yang sangat populer di kota Dhaka di Bangladesh. Jika Anda seorang foodie, mal ini adalah pilihan terbaik untuk Anda. Itu dilindungi oleh Penjaga Perbatasan Bangladesh.

06. Pasar baru
Sejak zaman kuno pada tahun 1954, pasar baru di Dhaka telah diadakan di tingkat faucet. Ini disebut pasar lama modern pertama dan pusat perbelanjaan pasar baru. Terletak di Mirpur, Dhaka, mencakup area seluas 35 hektar. Itu terlihat seperti segitiga. Jika Anda seorang pecinta es krim, ini adalah tempat terbaik untuk Anda. Pasar kuno, bersejarah, dan modern yang menawarkan semua layanan.

07. Tokyo Square
Tokyo Square adalah Mohammadpur di Dhaka, Bangladesh dan merupakan mal paling populer bagi orang-orang yang tinggal di daerah tersebut. Mal ini adalah tambahan yang sangat canggih dan berharga untuk area ini. Ini bukan hanya pusat perbelanjaan, tetapi juga pusat konvensi di kota Dhaka.

08 Fortune Mall
Jurnalis Selina Parvin Road di Dhaka, Bangladesh terkenal dengan Fortune Mall-nya. Produk di mal ini agak mahal dan mewah karena seluruh pusatnya ber-AC. Semua produk tersedia di sini, tetapi harganya agak mahal. Ideal untuk orang kaya dan masyarakat maju Dhaka.

09 Pasar Noor Jahan
Jika Anda ingin berbelanja bersama seluruh keluarga, Pasar Noorjahan adalah mal yang tepat. Anda membeli produk dengan harga terjangkau dan wajar untuk seluruh keluarga. Kualitas produk sama dengan mall lain, dan produk diperoleh dari pemasok internasional.

Baca Juga : Destinasi Wisata Keindahan Alam Bangladesh

10. Menara Utara dan Plaza Maskot
Uttara di Dhaka adalah daerah yang sangat ramai. Banyak pusat perbelanjaan di sini. Di antara mereka, Maskot Plaza dan Menara Utara adalah mal yang sangat populer. Di sini, seluruh keluarga dapat dengan nyaman berbelanja dengan harga menarik. Kedua mall ini bersebelahan dengan lokasi yang sama. Mereka juga menawarkan layanan makanan, yang sangat mewah.

Destinasi Wisata Keindahan Alam Bangladesh
Berita

Destinasi Wisata Keindahan Alam Bangladesh

dhakacity – Atraksi Bangladesh menjadikannya tujuan liburan yang seru dan bergengsi. Bangladesh terkenal dengan objek wisatanya yang eksotis yang ingin memamerkan keindahan alam dan budayanya. Jadi jangan bingung ketika banyak orang mencari banyak data tentang tempat khusus di Bangladesh ini. Sekarang, saya ingin menguraikan beberapa tempat wisata paling populer di Bangladesh.

Destinasi Wisata Keindahan Alam Bangladesh

Destinasi Wisata Keindahan Alam Bangladesh

1 Pulau St. Martin
Destinasi Wisata Keindahan Alam Bangladesh – Tempat wisata Bangladesh terletak di Pulau St. Martin. Destinasi wisata ini merupakan pulau kecil yang berjarak sekitar 8 km. Lokasinya berada di bagian timur Teluk Bangara. Lebih khusus lagi, di sisi selatan Semenanjung Cox adalah situs Expo di Teknaf.
Nelayan dan bangsawan Arab telah memberi pulau itu julukan menarik Jazeera. Itu muncul sekitar 250 tahun kemudian. Setelah itu, nama panggilan pulau itu digantikan oleh komunitas Inggris dan menjadi Pulau St. Martin terhubung satu sama lain dalam perang antara Anglo dan Burma.

2. Inani Beach
Objek wisata ke-2 adalah Pantai Inani. Pantai ini berada di ujung Laut Enani, dekat tepi pantai, 18 km di Ukhia Upazila, atau hanya tur, Coxs Expo, Bangladesh. Tempat ini juga populer dengan banyak karang yang sangat tajam dan tajam. Batuan tempat ini gelap dan dua warna hijau. Anda dapat membuat ketika musim panas atau hujan datang.
Anda mungkin memiliki saran untuk mengunjungi untuk memudahkan pemandangan Bangladesh dan mencari suasana indah laut Anda. Selain itu, banyak wisatawan yang menyukai atraksi ini di laut dapat mencocokkan foto. Oleh karena itu, orang yang suka bepergian dengan alat-alat sosial sangat cocok untuk mereka yang suka mengunggah gambar.

3. Pantai Cox Ekspo
Destinasi wisata terkenal di Bangladesh selanjutnya adalah Cox Expo by the sea atau julukan lain, Cox Expo Beach. Kawasan pejalan kaki tepi laut ini memiliki panjang sekitar 125 km dan sangat populer di garis pantai alami bumi. Lokasi objek wisata ini berjarak sekitar 150 km dari sisi selatan Chittagong Cox Expo. Selain itu, ada gelar lain di lokasi ini yaitu Panova. Juga, pantai ini sebelumnya dikenal sebagai Palonky.
Yang sedang merencanakan liburan di Bangladesh sebaiknya mengunjungi pantai yang terkenal dengan keindahan dan ombaknya yang cukup besar. Anda tidak akan menyesal melihat panorama alam laut. Sangat nyaman untuk mata dan menenangkan pikiran. Dan jangan lupa ajak keluarga, sahabat, dan terutama orang-orang tersayang ke destinasi wisata ini.

4 Tempat-tempat hutan Rawa Rawawul adalah Bengadhawan Gowain, Sylhet City, hutan gerak payau Bangladesh. Lokasi hutan lahan basah ini adalah salah satunya di Bangladesh, hutan lahan basah dengan air berbahan air besar di bumi. Selain itu, hutan ini disahkan oleh hutan penguasa Bangladesh. Hutan rawa ini memiliki akbar dekat 3, 325, 61 hektar dan 504 hekter yg lain sudah disebut selaku loka untuk mencegah para hewan sangat sporadis yg sudah terjalin sejak tahun 1973. Apalagi hutan ini juga diketahui selaku Amazon Bangla dan Sundarbam Sylhet. Buat engkau yg mau mendatangi loka Wisata ini engkau bisa menempuh menggunakan jeda 26 kilometer berdasarkan kota Shylet, Bangladesh.

Baca Juga : Seribu Taman Terpolusi di Jantung Ibu Kota Bangladesh

5. Gulshan Lake Park
Buat engkau yg bahagia menggunakan loka yg rupawan dan adem dan dilengkapi menggunakan bermacam aneka macam panorama alam yg hijau dan janganlah lupakan menggunakan suatu telaga yg masih ada pada tengah- tengah laman jawabanya adalah loka Wisata pada Gulshan Lake Park.
Tempat ini amat cocok didatangi untuk menikmati kebersamaan beserta keluarga, teman ataupun orang terkasih. Jadi engkau nir butuh bersusah lelah mencari loka yg kondusif dan dibantu menggunakan panorama alam hijau dan natural. Dipastikan engkau hendak bahagia usang pada loka Wisata Gulshan Lake Park.

6. Ahzan Manzil
Tempat Wisata Bangladesh berikutnya adalah ahzan Manzil, loka ini sinkron untuk engkau yg mau mendatangi loka Wisata yg istimewa dan rupawan. Terlebih ditambah menggunakan arsitekturnya yg amat istimewa hendak menciptakan siapa saja tentu bertanya-tanya untuk mendatangi loka Wisata ini. Apalagi loka ini jadi keliru satu saran loka Wisata yg wajib engkau datangi kala terletak pada Bangladesh. Posisi loka ini terletak pada kota Dhaka.

7. Jatiyo Srithi Saudo
Mencari loka Wisata yg populer pada Bangladesh engkau bisa mendatangi Jatiyo Srithi Saudo. Tempat Wisata ini adalah suatu kuburan para bahadur, jadi untuk engkau yg datang mendatangi loka ini, engkau nir cuma hendak memperoleh hiburan semata, karena engkau juga bisa mengenali nomor historis pada dalamnya. Apalagi loka ini terkenal menggunakan arsitektur yg menarik. Tempat Wisata ini juga menemukan nilai imbuh adalah tentang keelokan pada loka ini.

8. Jaflong
Tempat Wisata pada Bangladesh berikutnya adalah Jaflong. Tempat ini adalah suatu stasiun yg masih ada pada perbukitan. Apalagi loka Wisata ini sudah amat populer buat para turis mancanegara ataupun lokal. Lokasinya terletak pada kota Sylhet, Bangladesh lebih persisnya terletak pada Gowa Ingat Upazila.
Disini engkau hendak mencicipi atmosfer yg adem, karena loka ini dilingkupi sang pegunungan subtropis dan hutan hujan yg hendak menciptakan terus sebagai menarik untuk didatangi. Apalagi pada Jaflong ini juga terkenal menggunakan suatu tempat tinggal kaum Khasi dan koleksi batu istimewa.

Seribu Taman Terpolusi di Jantung Ibu Kota Bangladesh
Ibukota Bangladesh

Seribu Taman Terpolusi di Jantung Ibu Kota Bangladesh

Seribu Taman Terpolusi di Jantung Ibu Kota Bangladesh – Di jantung ibu kota Bangladesh, Dhaka, terletak kota Hazaribagh yang terkenal, tanah yang padat penduduk dan sangat tercemar.

Seribu Taman Terpolusi di Jantung Ibu Kota Bangladesh

dhakacity – Terletak di tepi timur sungai Buriganga, Hazaribagh membanjiri saluran airnya dengan sekitar 22.000 meter kubik limbah berbahaya, termasuk karsinogen – kromium heksavalen, setiap hari. Tersebar di 25 hektar ini adalah satu miliar dolar industri kulit Bangladesh, dihiasi dengan lebih dari 200 penyamakan kulit, masing-masing menyumbang polutan ke lapisan udara, tanah dan air yang semakin mematikan.

Sifat menguntungkan dari industri ini membuat perdagangan ekspor tetap sehat. Namun, keluarga yang secara fisik mendorong bisnis tidak mengetahui hak asasi manusia yang mendasar ini. Paparan bahan kimia beracun setiap hari menimbulkan sejumlah besar masalah kesehatan, beberapa lebih parah daripada yang lain.

Pekerja penyamakan kulit yang terlibat dalam produksi paling terpengaruh; sekitar 8000 – 12.000 orang bekerja dengan sedikit atau tanpa peralatan pelindung dan berada dalam kontak yang sangat dekat dengan asam dan bahan kimia lainnya, yang mengakibatkan luka bakar asam, pusing, ruam, dan mual. Kondisinya mengerikan.

Baca Juga : 20 Tempat Wisata Terbaik Yang Harus Anda Lihat Di Dhaka Ibu Kota Bangladesh 

Diberi peringkat oleh organisasi penelitian internasional sebagai salah satu tempat paling tercemar di Bumi, industri kulit Bangladesh telah menjadi berita di seluruh dunia karena perlakuannya yang tidak wajar terhadap pekerja dan kondisinya. Hazaribagh yang berarti ‘seribu kebun’, yang kini dijungkirbalikkan oleh industri kulitnya, tidak selalu berarti seribu kebun yang tercemar.

Catatan paling awal dari penyamakan kulit yang ditemukan di wilayah Bangladesh adalah pada tahun 1940-an, didirikan di sepanjang pelabuhan sungai Narayanganj – yang sekarang dikenal untuk pembuatan rami. Produksi skala kecil segera dialihkan ke Hazaribagh; periode pra-partisi melihat peningkatan bertahap penyamakan kulit di daerah tersebut.

Pekerjaan mereka adalah mengolah kulit mentah yang tersedia di Benggala Timur, yang kemudian diekspor ke Kalkuta, Benggala Barat untuk diolah. Pemisahan Bengal tahun 1947 menyebabkan pertumbuhan yang signifikan dalam industri penyamakan kulit karena masuknya orang-orang dari India dan sebagian Benggala Barat.

Ini berlanjut sampai tahun 1960-an, sampai perang pembebasan pada tahun 1971 dan penyamakan kulit ditinggalkan oleh pemilik non-Bengali mereka. Setelah perang, penyamakan kulit penduduk Bengali, yang memproduksi untuk pasar lokal, menopang apa yang tersisa dari industri ini.

Pada tahun 1982, pemerintah mengizinkan pengusaha swasta dengan sedikit atau tanpa pengalaman di industri untuk memulai produksi mereka sendiri. Sementara ini mengarah pada pembentukan peran terkenal Bangladesh dalam industri kulit dunia, itu juga telah menciptakan zona mati potensial, di mana tenaga kerja dan kehidupan tidak menunggu apa-apa.

Hampir sepuluh tahun yang lalu, Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO), dengan dukungan dari Badan Pembangunan Internasional Swedia mulai bekerja untuk membantu relokasi penyamakan kulit dari Hazaribagh ke Tannery Estate Dhaka (TED) baru di Savar, 15 mil barat laut dari Dhaka.

Banyak yang melaporkan manfaat lingkungan dan ekonomi dari pergeseran ini, namun, sejak 2005, hal ini belum terwujud, karena serangkaian tenggat waktu yang terlewat dan perselisihan.

Keluarga yang bekerja di Hazaribagh bergantung pada penyamakan kulit untuk mencari nafkah; dengan lokasi baru yang menuntut lebih dari satu jam perjalanan bagi para pekerja, tidak ada ketentuan yang diketahui harus dibuat untuk memfasilitasi perjalanan mereka antara rumah dan tempat kerja. Bagi orang yang bekerja di pabrik,

Di antara upaya untuk mengalihkan industri kulit dari Hazaribagh ke Savar, jurnalis foto yang berbasis di Belgia Adib Chowdhury , memutuskan untuk mengunjungi Bangladesh, awal tahun ini di bulan Januari.

Untuk proyeknya yang berjudul Hazaribagh: ‘Seribu (Polusi) Kebun’, Chowdhury menghabiskan dua minggu tinggal di dalam dan sekitar area tersebut. “Ada rasa frustrasi atas ketidakpastian nasib mereka jika penyamakan kulit pindah.

Cakupan area yang lebih luas telah memaksa banyak perusahaan untuk berhenti membeli kulit dari penyamakan kulit dan karena tekanan untuk pindah ke lokasi baru di Savar yang dilengkapi dengan fasilitas pengolahan air.

Namun, banyak penduduk setempat telah menjadi tergantung pada kehadiran penyamakan kulit begitu lama sehingga mereka tidak bisa begitu saja bergerak dengan penyamakan kulit karena semakin jauhnya pekerjaan pergi ke penduduk setempat di daerah baru, membuat banyak orang tidak yakin tentang apa yang ada di depan.

Di latar depan, pria, wanita, dan anak-anak melakukan aktivitas sehari-hari mereka, tetapi latar belakang sebagian besar dibentuk oleh lanskap limbah beracun. Meskipun kita tidak dapat melihat gas berbahaya yang dipancarkan dalam foto-foto itu, kita tidak dapat melupakan atau memaafkan keberadaan mereka, menurut penelitian tersebut.

Chowdhury mampu menangkap komunitas ini dalam keadaan penyucian, ada saat-saat bekerja, bermain dan istirahat – siklus kehidupan sehari-hari tampaknya. Chowdhury secara khusus ingin fokus “pada mata pencaharian mereka yang saat ini bekerja dan tinggal di daerah tersebut, dan merasa bahwa sedikit perhatian diberikan pada bagaimana langkah tersebut akan mempengaruhi kehidupan mereka karena bergantung pada ekonomi formal dan informal yang disediakan oleh kehadiran penyamakan kulit untuk begitu lama.”

Baru-baru ini saya menghabiskan waktu memotret Hazaribagh, Bangladesh, mendokumentasikan mata pencaharian mereka yang bekerja dan tinggal di penyamakan kulit beracun di daerah tersebut, serta mencatat biaya lingkungan dari industri yang dipicu oleh permintaan besar akan kulit murah untuk pasar Eropa.

Hazaribagh diberi label sebagai lokasi paling tercemar ke-5 di dunia dalam sebuah studi tentang tempat-tempat paling tercemar di dunia oleh Blacksmith Institute dan Green Cross Swiss pada tahun 2013. Dengan meningkatnya perhatian, tekanan untuk pindah ke situs penyamakan kulit baru di Savar dengan fasilitas perawatan modern telah sudah besar.

Namun, bagi penduduk lokal di Hazaribagh, langkah potensial ini membawa serta rasa ketidakpastian karena mata pencaharian mereka telah lama bergantung pada industri ini. Meskipun demikian, kerusakan industri yang menimpa penduduk dan lingkungan tidak dapat disangkal.

Pada tahun 2001 keputusan Pengadilan Tinggi di Bangladesh menganggap Hazaribagh sebagai ancaman bagi lingkungan dan mengakui kondisi kerja yang berbahaya bagi para pekerja dan memerintahkan relokasinya ke lokasi baru. Asosiasi penyamakan kulit dan pemerintah mengesampingkan hal ini dengan menolak dan memperpanjang tenggat waktu beberapa kali sampai ke titik di mana perpindahan ke Savar masih dikesampingkan.

Sementara proposal untuk pindah ke lokasi baru masih dalam perdebatan, penduduk terus menderita dari efek merusak dari air limpasan beracun dari penyamakan kulit. Tingkat kanker mencapai proporsi yang mengkhawatirkan di Hazaribagh dan bagian Buriganga yang mengalir di dekatnya berwarna biru, dan terkadang merah, dari air yang sarat bahan kimia.

20 Tempat Wisata Terbaik Yang Harus Anda Lihat Di Dhaka Ibu Kota Bangladesh
Ibukota Bangladesh Tentang Dhaka Ciy

20 Tempat Wisata Terbaik Yang Harus Anda Lihat Di Dhaka Ibu Kota Bangladesh

20 Tempat Wisata Terbaik Yang Harus Anda Lihat Di Dhaka Ibu Kota Bangladesh – Dhaka adalah ibu kota Bangladesh yang terletak di bagian tengah. Ini adalah kota serbaguna dan banyak seni & struktur. Ada banyak tempat untuk dikunjungi dan hal-hal yang dapat dilakukan di dalam dan di dekat Dhaka. Dhaka terkenal dengan banyak hal. Disebut kota masjid atau kota becak (transportasi lokal).

20 Tempat Wisata Terbaik Yang Harus Anda Lihat Di Dhaka Ibu Kota Bangladesh

dhakacity – Berikut adalah 20 tempat terbaik untuk dikunjungi di Dhaka:

01. Benteng Lalbagh (Juga Benteng Aurangabad)

Terletak di bagian selatan kota yang disebut kota selatan Dhaka. Ini adalah struktur arkeologi yang terpelihara dengan baik yang dibangun pada abad ketujuh. Banyak orang mengunjungi tempat itu dan menikmati makanan tradisional dari Puran Dhaka di dekatnya.

02. Ahsan Manzil

Ahsan manzil juga merupakan bangunan bersejarah yang menunjukkan kehalusan rekayasa ratusan tahun sebelumnya. Itu terletak di bagian selatan kota di samping Sungai Buriganag.

03. Sonargaon

Sonargapn memiliki bukti sejarah yang cukup banyak. Kota kuno Panam sangat terkenal dan terletak di narayongong yang tidak jauh dari kota Dhaka.

04. Taman Safari Bangabandhu

Taman safari ini terletak di distrik tetangga di utara Dhaka. Ada banyak hewan dan burung di taman. Anda bisa naik bus khusus mereka dan berkeliaran di sekitar taman.

05. Curzon Hall

Baca Juga : Tempat Terbaik dan Terindah Di Bangladesh

Ini adalah bangunan yang sangat terkenal di kota Dhaka yang dibangun pada masa penjajahan Inggris. Sekarang diwarisi oleh Universitas Dhaka. Ini juga merupakan tempat yang sangat bagus untuk menikmati malam bersama teman-teman.

06. Museum Nasional Bangladesh

Di sini Anda akan menemukan banyak bukti peradaban kuno dan teknologi awal & struktur arkeologi remanen. Ada banyak hal penting dan bukti perang pembebasan county.

07. Kuil Dhakeshwari

Ini adalah kuil pusat orang-orang dari agama Hindu. Selama festival Durga pooja, banyak orang dari dalam dan luar negeri datang ke sini untuk mengunjungi kuil.

08. Parlemen Nasional

Parlemen negara adalah bangunan indah yang dikelilingi oleh danau. Pemandangan dari luar menakjubkan. Sebelumnya terbuka untuk semua orang sekarang Anda dapat melihat bangunan yang dirancang dengan baik dari luar saja.

09. Teater Novo

Ini adalah tempat kegiatan yang menyenangkan. Bangunan tampak luar biasa dari luar dan di dalam Anda dapat mengalami pertunjukan 5D.

10. Kerajaan Fantasi

Ini adalah taman hiburan dengan banyak wahana yang menakjubkan. Ada banyak aktivitas air di dalam zona kerajaan air di taman.

11. Kebun Binatang Dhaka

Kebun binatang Dhaka terletak di kota utara Mirpur. Ada sejumlah besar hewan liar dan burung unik di sana.

12. RUU Shapla

Baru-baru ini telah cukup populer. Ini adalah danau yang sederhana. Namun saat musim hujan, banyak air Lilly bermekaran di sini dan membuat pemandangan yang menakjubkan. Anda dapat menyewa bot untuk berkeliaran di sekitar danau.

13. Shalbon (Taman Nasional)

Jalan raya Dhaka-Mymensingh adalah jalan yang menakjubkan untuk perjalanan panjang atau perjalanan darat. Di Gazipur Anda akan menemukan Shalbon yang merupakan hutan yang indah. Pemandangan pinggir jalan sangat mengagumkan.

14. Pantai Moinot Mini

Pada dasarnya, ini adalah tepi sungai Padma. Tapi pemandangannya menakjubkan dan ombak datang ke sungai memberikan getaran laut. Ada pengaturan tempat duduk dengan payung.

15. Masjid Baitul Mukarram

Ini adalah masjid nasional negara itu. Masjidnya besar dan tampak luar biasa dari luar. Banyak orang datang ke sini setiap minggu untuk sholat Jum’at.

16. Monumen Independen

Ini adalah menara kaca panjang yang terletak di Shworardi Uddan. Itu dibangun untuk menghormati para pahlawan perang pembebasan.

17. Kota Bashundhara

Ini adalah pusat perbelanjaan dengan banyak fasilitas. Ada bioskop, food court, game zone, dan aktivitas seru lainnya. Banyak orang datang ke sini untuk berbelanja dan yang lain datang ke sini untuk berkunjung.

18. Memorial Martir Nasional (Jatiya Smriti Saudha)

Ini adalah monumen simbolis besar yang terletak di Savar. Dibangun sebagai memori perang pembebasan pada tahun 1971. Banyak orang mengunjungi tempat itu setiap hari.

19. Mausoleum Tiga Pemimpin

Terletak di Shourawardi Udyan. Ini adalah kuburan dari 3 pos pemimpin fundamental negara.

20. Resor Chuti

Ini adalah resor yang indah di Gazipur. Anda bisa pergi ke sana untuk menikmati waktu bersama keluarga. Lingkungannya sangat bagus dan Anda akan dapat terhubung dengan alam. Mereka memiliki fasilitas BBQ.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

+ Ke mana saya harus pergi di Divisi Dhaka?

Anda bisa pergi ke Benteng Lalbagh, Sonargaon, Taman Safari Bangabandhu, Ahsan Manzil, Museum Nasional Bangladesh, Jatiya Smriti Saudha, Teater Novo, Kerajaan Fantasi, Shapla Bill, Pantai Mini Moinot, dll.

+ Apa yang harus saya lakukan jika saya telah melihat semuanya di Divisi Dhaka?

Anda harus mengunjungi tempat-tempat wisata paling menarik di Cox’s Bazar, Chittagong, Sylhet dll. Atau berbelanja di Jamuna Future Park, Bashundhara City dan pasar lokal lainnya.

+ Apa yang tidak boleh Anda lewatkan di Divisi Dhaka?

Anda harus mengunjungi Taman Safari Bangabandhu di Gazipur.

+ Apa yang patut dikunjungi di Kota Dhaka?

Perjalanan ke Kota Dhaka tidak lengkap tanpa kunjungan ke Benteng Lalbagh.

+ Apa aktivitas luar ruangan terbaik di Kota Dhaka?

Menurut wisatawan dan pemandu wisata, kegiatan luar ruangan terbaik adalah Jalan 300 Kaki, Kebun Binatang Dhaka, Kebun Raya Nasional, Balai Curzon, Taman Ramna, Taman Baldha, Danau Gulshan, dll.

+ Apakah ada danau untuk jalan-jalan di kota Dhaka?

Ya, ada beberapa danau di dalam kota Dhaka, termasuk danau Dhanmondi, danau Gulshan, danau Banani, Baridhara DOHS, Ramna, Uttar, Hatirjheel, Shahjadpur dan 300 Foot Road Prionti Lake.

Tempat Terbaik dan Terindah Di Bangladesh
Ibukota Bangladesh

Tempat Terbaik dan Terindah Di Bangladesh

dhakacity – Saya mencari permata tersembunyi di Bangladesh. Bagi mereka yang ingin menjelajahi tujuan mereka di luar sorotan yang harus dilihat, Bangladesh menawarkan banyak hasil. Bahkan tempat wisata paling terkenal di tanah banjir ini jarang ramai dikunjungi wisatawan, dan situs arkeologi yang terpencil, situs bersejarah, dan tempat-tempat indah membuat Anda merasa memiliki segalanya untuk diri sendiri.

Tempat Terbaik dan Terindah Di Bangladesh – Mulailah perjalanan Anda dengan orang-orang yang menyenangkan. Naik harimau, naik perahu dayung roket, atau tur perkebunan teh di Sundalban, tetapi pertimbangkan permata tersembunyi ini dan biarkan jus dari petualangan Anda mengalir.

Tempat Terbaik dan Terindah Di Bangladesh

Tempat Terbaik dan Terindah Di Bangladesh

Muktagacha Rajbari
Muktagacha Rajbari, salah satu dari sedikit rajbaris (mantan rumah keluarga bangsawan feodal) yang perlahan-lahan menghilang di kota-kota dan desa-desa di seluruh Bangladesh, seperti apa rupa setiap reruntuhan. Ini hanyalah sebuah contoh. Istana utama yang runtuh dengan indah terletak di tengah situs seluas 10 hektar, dan eksteriornya yang megah dihiasi dengan tiang-tiang Korintus yang megah, langkan tinggi, dan plester bunga. Tidak ada modifikasi mahal atau perbaikan teliti yang dilakukan di sini. Sebaliknya, ada kasus klasik upaya manusia Ozymandian, yang perlahan-lahan direklamasi oleh vegetasi di sekitarnya. Seorang pemilik perkebunan kecil yang antusias berbahasa Inggris menghidupkan seluruh tempat ini dengan sedikit petunjuk dari segelintir turis yang telah mencapainya sejauh ini.

Cara menuju lokasi: Naik bus dari Mymensingh ke Mukta Gacha dan ikuti rambu dari jalan utama ke Rajibari. Penduduk setempat yang lewat dengan senang hati akan mengarahkan Anda ke arah yang benar jika Anda tersesat.

Clay Hills of China
Perjalanan ke tempat yang tenang ini sebenarnya adalah setengah dari kesenangan sebuah perjalanan. Terletak di dekat perbatasan dengan India, di ujung perjalanan perahu selama tiga jam di sepanjang Sungai Someshwari yang tenang, “bukit” ini kecil tapi kecil, dengan aliran sungai, lahan pertanian dan danau yang saling tumpang tindih. . Tenang dengan air pirus. Ini adalah tempat yang bagus untuk piknik atau fotografi alam di tempat teduh, terutama di sore hari. Dalam perjalanan kembali, Anda dapat memilih becak, melewati banyak desa suku terpencil di sepanjang jalan.

Petunjuk Arah: Naik bus dari Mymensingh ke Biriri dan bermalam di sana. Tempat terbaik untuk menginap adalah YMCA atau YWCA, kedua kapal dapat diatur. Jika tidak, pergilah ke Main Street dan beri tahu pengemudi becak bahwa Anda ingin pergi ke Cheena Matir Pahar.

Pulau Maheskari Dengan lingkungan pedesaan dan koleksi

kuil Hindu dan Buddha, Pulau Maheskari adalah tempat pelarian yang sangat tenang dari resor Cox’s Bazar yang modis. Seberangi dermaga kayu panjang berderak yang berkelok-kelok melintasi lahan basah menuju dermaga, dan penduduk setempat naik perahu cepat kecil melintasi pulau. Sepanjang jalan, navigasikan beberapa hutan bakau yang indah saat perahu bergoyang di antara kapal-kapal lain yang lewat. Di pulau ini, Anda akan berkesempatan mengunjungi beberapa tempat pengasinan, pasar pedesaan, dan unit pengolahan ikan yang dijemur. Semua ini berkontribusi pada ekonomi lokal.

Petunjuk Arah: Dibutuhkan sekitar 30 menit dengan mobil dari dermaga ke Maheskari. Setelah Anda tiba di pulau, Anda dapat menyewa becakSecara otomatis untuk TK500 untuk melihat tampilan waktu berikutnya.

Masjid Goaldi
Salah satu masjid tertua di Bangladesh adalah rumah besar abad ke-15 yang menjadi milik keluarga Hindu yang kaya. Masjid juga ditinggalkan, tetapi itu bukan tempat ibadah, tetapi ini adalah perjalanan tahunan yang berharga untuk mengunjungi Nagar Painkillers. Terlalu jauh dari Dhaka.

Baca Juga : Tempat Wisata Terbaik pada Gazipur,Bangladesh

Lanjutkan Cara: Bersih secara berkala antara Dhaka dan Painam Nagar. Dari pemukiman, itu akan diubah ke lapangan dan jatuh ke lapangan. Untuk instruksi dari sini, cari “Torudimosk” di dekat setiap lokal.

Teknaf
Suaka Margasatwa bukanlah harimau sejati yang disembunyikan di hutan Bangkit Deis. Di sini, ada gajah liar (hanya beberapa), dan salah satu tempat terbaik untuk menemukan mereka adalah cagar alam bahwa orang ini tidak dikenal sebanyak yang tidak diketahui, dan bagian selatan Bangladesh diperpanjang.

Gajah yang sangat tipis adalah kesempatan Anda (terbaik ketika Anda keluar dari hutan, dan pergi ke badan air untuk minum dan mandi). Inilah petualangan lain untuk memanjat Hutan Hill. Tentang bagaimana menemukan penduduk desa yang mengumpulkan kayu bakar di perbukitan. Jalan ditandai pada papan kayu (hanya Bengal), mudah untuk menemukan jalan Anda. Teknost diikat ke Baybengal West, jadi ada juga pantai yang mengesankan dan tenang.

Bagaimana Anda pergi: Ambil bus target Teknaf dari Cox Bazaar. Jika gajah dan billboard ditampilkan di sisi jalan, sekitar 8 km dari Teknaf. Jika Anda ingin melihat gajah di malam hari, silakan menginap di Hotel Netaung di Teknaf.

Banaripara
Pasar Terapung Pasar Terapung Asia Tenggara adalah tempat bagi masyarakat lokal untuk masyarakat setempat di Bangladesh, di Parang Banallli, dan untuk dijual di sungai ini untuk dijual dan dijual dipenuhi dengan sungai ini. Dan jual. Pasar khusus ini hampir sepenuhnya menjual beras, dan sebagai bagian dari eksplorasi ke Bangladesh Selatan, itu mengarah pada perjalanan parsial yang menarik dan tidak biasa dari garis. Sabtu (Haat’s ‘atau Market Day) adalah hari yang paling sibuk. Barishal memiliki pasar terapung sendiri yang mengkhususkan diri pada buah-buahan dan sayuran.

Arah: Naik bus dari Barishal ke Banaripara ke tepi sungai. Setelah menghabiskan hari di sana, Anda dapat kembali ke Barishal pada malam hari dan menginap di Hotel Athena International atau Hotel Sedna International.

Sungai Sangu

Mengingat Bangladesh menawarkan segudang kombinasi wisata perahu, bentangan Sungai Sang antara Luma Bazaar dan Bangladesh sangat istimewa karena dua alasan. Pertama-tama, pemandangan di sini sangat indah. Inilah Jalur Bukit Chittagong, di mana permukaan tebing yang dramatis muncul dari tepi sungai yang dikelilingi oleh bukit-bukit berhutan yang dipenuhi satwa liar. Alasan kedua adalah lebih sulit diakses daripada rata-rata Sungai Bangladesh. Karena ketegangan politik dan masyarakat, orang asing memerlukan izin (dan dalam beberapa kasus penjaga bersenjata) untuk mengunjungi daerah tersebut. Meskipun demikian, naik perahu di sepanjang Lazy River menjadi ajaib saat Anda melewati desa-desa yang hanya dapat diakses dengan perahu, dan Anda dapat menikmati pemandangan pedesaan yang menakjubkan di sepanjang jalan.

Petunjuk Arah: Naik bus dari Bandarban ke Luma Bazaar atau Kokonjiri (tempat jeep tepi sungai 1 jam sebelum Luma), temukan tukang perahu lokal dan turuni sungai ke Bandarban (4 jam, 6 jam Luma dari Kokonjiri) dari). .. Memiliki pemandu lokal akan meningkatkan peluang Anda mendapatkan perahu. Resor lereng bukit utama Bandbon dapat mengatur pemandu wisata pribadi dan pemesanan perahu, berbeda dengan perahu layanan harian yang menjalankan rute tersebut.

Kuil Kantanagar
Salah satu dari sedikit kuil terakota di Bangladesh yang bertahan sejak abad ke-14, kuil yang benar-benar indah ini didedikasikan untuk dewa Hindu Krishna dan berada di tengah-tengah berangin luas di dekat kota utara Dinajpur. Ini adalah pemandangan yang sangat surealis, dan sangat halus untuk melihat beberapa orang lain di dekatnya, kecuali bahwa gembala sapi lewat dengan sapi itu. Lempengan tanah liat yang dibakar di bagian luar kuil memiliki detail yang rumit dan membuat foto yang bagus. Datanglah ke sini selama Festival Maharasurila Hindu pada akhir November atau awal Desember untuk menghadiri pameran tanah yang semarak di sekitar kompleks candi.

Petunjuk Arah: Bus beroperasi sepanjang hari dari kota Dinajpur ke desa Cantanaga, dari mana Anda dapat menikmati 10 menit berjalan kaki melalui lahan pertanian yang subur dan pemukiman berlumpur. Anda juga dapat menyewa becak otomatis untuk perjalanan pulang Anda dari Dinajpur ke kuil.

Tempat Wisata Terbaik pada Gazipur,Bangladesh
Uncategorized

Tempat Wisata Terbaik pada Gazipur,Bangladesh

dhakacity – Gazipur merupakan keliru satu loka terbaik pada Bangladesh buat turis. Ini merupakan distrik yg terletak pada dekat mak kota Kota Dhaka. Begitu poly loka wisata yg tersedia pada sini.apabila Anda ingin piknik beserta semua keluarga, maka itu merupakan loka terbaik buat Anda lantaran terdapat poly loka piknik, resor, taman, & spa. Disebut jua daerah industri lantaran mempunyai beberapa perusahaan multinasional, pemerintah, & nasional.

Tempat Wisata Terbaik pada Gazipur,Bangladesh – Ada populasi akbar yg tinggal pada distrik ini. Perusahaan kota distrik Gazpur didirikan dalam Januari 2013. Walikota Perusahaan Kota Gazipur (GCC) merupakan Advokat Jahangir Alam.

Tempat Wisata Terbaik pada Gazipur,Bangladesh

Tempat Wisata Terbaik pada Gazipur,Bangladesh

Hari ini, aku membahas menggunakan Anda “Top 10 Tempat Wisata Terbaik pada Gazipur” yg adalah daya tarik alam buat seluruh jenis wisatawan nasional & internasional.

Berikut daftar Tempat Wisata Terbaik pada Gazipur, Bangladesh:

01. Taman Safari Bangabandhu
Taman Safari Bangabandhu jua dikenal menjadi Taman Safari Sheikh Mujib yg adalah taman safari yg populer & terkenal pada tanah air & global.
Ini sangat dekat menggunakan jalan raya Mymensingh yg mempunyai 5 taman tidak sama pada divisi ini.
Anda bisa melihat empat puluh tujuh kategori fauna yg tidak sama misalnya harimau, zebra, bebek, singa, & lainnya.

02. Bhawal Resort and Spa
Bhawal Resort and Spa merupakan resor hutan hujan yg terletak pada Noljahni, Gazipur. Ini menginformasikan lebih kurang area menjadi resor vila butik menggunakan level standar. apabila Anda ingin menerima layanan kamar pada resor ini, Anda wajib membayar lebih kurang 2 belas ribu buat setiap kamar.

03. BRAC CDM Rajendrapur
BRAC CDM menyediakan kamar terbaru buat setiap pelanggan menggunakan makan & sarapan perdeo yg terletak pada Rajendrapur, Gazipur. Ini merupakan pilihan pertama bagi setiap wisatawan buat laba resor. Mereka jua merogoh aktivitas Wi-Fi buat pelanggan mereka.

04. Nuhash Polli
Nuhash Polli merupakan loka wisata alam yg populer & paling menarik pada distrik Gazipur yg terletak dalam tahun 1997 & mempunyai tanah seluas 2 puluh 2 hektar sang pengadaan Dr. Ejaz. Tempat menarik menurut Polli ini merupakan kolamnya, & jua jembatan yg dibangun pada atas kolam.

05. Resor Golf Pemandangan Hijau
Green View Resort menyediakan layanannya menggunakan keamanan tinggi. Mereka menunjukkan pelanggan mereka restoran berkualitas tinggi, kolam renang luar ruangan, danau berperahu, & lain-lain menyewa fasilitas akomodasi mereka terutama buat program sosial & rendezvous perusahaan. Tempat akomodasi rendezvous tampak luar biasa. Terletak pada Vangnahati, Sreepur, Gazipur.

06. Resor Nokkhottrobari
Nokkhottrobari Resort memberi Anda asal tidak sama buat menikmati & mencari sesuatu yg lain. Ini merupakan bumi yg majemuk & majemuk yg mengelilingi semua area pada desa hijau.
Itu penuh menggunakan loka-loka penghilang kebisingan. apabila Anda ingin menikmati saat Anda menggunakan loka penghilang kebisingan yg tidak sama pada pada Divisi Dhaka, maka Anda bisa menentukan resor ini buat loka menghabiskan saat terbaik Anda.

07. Resor Chuti & Tempat Piknik
Chuti Resort & Picnic Spot terletak pada Amtoli, Gazipur, pada Dhaka, Bangladesh. Mereka jua menunjukkan pada pelanggannya sarapan perdeo & layanan perdeo lainnya buat menerima hati mereka.
Ini merupakan loka pertama yg menyediakan gaya hayati ramah lingkungan pada pelanggannya. Aktivitas penetapan porto per orang terutama tergantung dalam kategori kamar yg ingin Anda pilih.

08. Taman & Resor Shohag Palli
Shohag Palli Park & ​​Resort meliputi sepuluh hektar taman yg terletak pada Sinaboh Safipur Road, Gazipur, Bangladesh. Ini terutama sekuler menjadi loka piknik menggunakan restoran yg tampak, ditambah taman, & penuh fasilitas.
apabila Anda ingin bersantai menggunakan pemandangan alam, maka Anda mampu menentukan resor ini. Ini merupakan loka piknik alami terbaik pada Bangladesh yg menyediakan layanan akomodasi tinggi menggunakan pengeluaran hayati glamor pada semua negeri.

Baca Juga : 10 Fakta Tentang Kemiskinan Di Bangladesh

09. Resor Sarah
Sarah Resort terletak & berlokasi pada Bhawal Rajabari, Gazipur, pada Dhaka, Bangladesh. Resor ini dibuat menggunakan unsur alam menggunakan ramah namun bahan & alat-alat resor terbaru ini glamor.
apabila Anda ingin berkunjung & menerima laba menurut Dhaka, maka Anda hanya membutuhkan saat satu 1/2 jam. Itu sebabnya buat kedap perusahaan, seluruh orang menentukan resor ini terlebih dahulu.
Vila premium menurut resor ini terlihat luar biasa & loka terbaik. apabila Anda ingin menghabiskan saat beserta istri Anda, maka itu merupakan penghilangan kebisingan yg paripurna & tanah tanpa global yg membawa Anda penuh kenikmatan.

10. Taman Nasional Bhawal
Menurut Undang-Undang Margasatwa tahun 1974, Taman Nasional Bhawal pertama kali diperkenalkan dalam tahun 1982 & meliputi 940 hektar lahan.
Taman ini mengelilingi semua area menggunakan hutan. Ada jua yg tersedia dalam tumbuhan, fauna, & lain-lain. apabila Anda ingin mengunjungi taman ini, maka Anda mampu leluasa tiba menggunakan memakai bus.

1 2 3 4