Home

Sejarah Benteng Lalbagh Di Kota Dhaka Bangladesh
Berita

Sejarah Benteng Lalbagh Di Kota Dhaka Bangladesh

Sejarah Benteng Lalbagh Di Kota Dhaka BangladeshBenteng Lalbagh (Benteng Lalbagh, atau sebutan lainnya Benteng Aurangabad) merupakan benteng dari Kekaisaran Mughal ke-17 yang sama sekali belum selesai terletak di depan Sungai Briganga di barat daya Dhaka, Bangladesh [1]. Pada 1678 M, putra Muhammad Suhadar Muhammad Azam Shah (Kaisar Augamzeb Emahor Aurangzeb) mulai membangun, dan kemudian kaisar sendiri memulai pembangunan. Penggantinya, Shaista Khan, tidak tinggal di Dhaka sampai tahun 1688, tetapi dia tidak terus bekerja di benteng tersebut.

Sejarah Benteng Lalbagh Di Kota Dhaka BangladeshSejarah Benteng Lalbagh Di Kota Dhaka Bangladesh

Dhakacity.org – Benteng itu tidak pernah selesai, dan tidak dihuni untuk waktu yang lama. Sebagian besar kompleks telah dibangun kembali dan sekarang terletak di seberang bangunan modern. Benteng itu tidak pernah selesai, dan tidak dihuni untuk waktu yang lama. Sebagian besar kompleks telah dibangun kembali dan sekarang terletak di seberang bangunan modern.

Baca Juga : 10 Hal Tentang Kota Dhaka, Bangladesh 2021

Shaista Khan adalah Subahdar baru di Dhaka pada saat itu dan dia tidak menyelesaikan benteng ini. Pada 1684, putri Shaista Khan, Irk Dukht Pari Bibi, meninggal di sana. Setelah kematiannya, dia mulai berpikir bahwa benteng tersebut tidak menguntungkan dan meninggalkan struktur yang tidak lengkap. Di antara tiga bagian utama Benteng Lalbagh, salah satunya adalah Makam Pari Bibi dikutip dari kompas.com.

Bangunan dan Struktur

Dalam kurun waktu yang lama, benteng tersebut dianggap gabungan dari tiga bangunan (masjid, makam Bibi Pari, dan makam Divan Aiam), dengan dua gerbang dan sebagian tembok benteng rusak sebagian. Penggalian baru-baru ini yang dilakukan kepada departemen arkeologi Bangladesh yaitu telah mengungkap keberadaan bangunan lain.

Dinding benteng selatan juga memiliki benteng yang sangat besar di sudut barat daya. Di sebelah utara dinding benteng selatan adalah ruang utilitas, yang merupakan blok administratif yang stabil, dan di sebelah barat adalah taman atap yang indah dengan air mancur dan waduk. Kawasan pemukiman yang terletak di tembok benteng barat, dan juga di sebelah barat daya masjid.

Ada lima sendok di dinding selatan benteng, dua lantai, dan dua di dinding barat. Yang terbesar ada di dekat Namdaemun. Sejauh ini, ada terowongan bawah tanah.

Area pusat benteng ini ditempati sebanyak tiga bangunan yang berjajar, tetapi tidak dalam satu gedung Hammam di sebelah timur, masjid letaknya berada sebelah barat dan makam Bibi di antaranya. jarak. Jalur air dengan air mancur secara teratur menghubungkan ketiga bangunan ini dari timur ke barat dan utara ke selatan.

– Masjid Benteng Lalbagh

Masjid ini memiliki tiga kubah yang berukuran relatif besar dan relatif kecil, terdapat tangki air yang dapat membersihkan sendiri di depan masjid.

– Makam Bibi Pari

Makam putri Shaista Khan Bibi Pari (Bibi Pari) terletak di tengah kompleks. Ada ruang tengah berbentuk bujur sangkar berisi peninggalan Bibi Pari, dilapisi kubah segi delapan dan dilapisi pelat kuningan. Seluruh dinding bagian dalam dilapisi dengan marmer putih. Delapan ruangan mengelilingi bagian tengah ruangan. Ada lagi makam kecil di pojok tenggara ruangan.

– Diwani-i-Aam

Diwan-i-Aam adalah kediaman dua lantai Gubernur Mughal Bangladesh, yang terletak di sisi timur kompleks. Pemandian Turki di lantai pertama terletak di barat. Pemandian Turki memiliki ruang bawah tanah untuk air mendidih. Ada dinding partisi panjang di fasad barat pemandian Turki.

Bangunan itu terletak sekitar 39 meter di sebelah barat tangki air, mengalir dari utara ke selatan. Luas luar bangunan adalah 32.47m x 8.18m (107’x 29′).

Dalam arsitektur, dari sudut pandang desain, dinding eksterior suatu bangunan biasanya merupakan yang terpenting karena memberikan suasana ke seluruh bangunan. Ada banyak dinding luar yang memiliki nilai sejarah, sehingga konversinya biasanya sangat dibatasi atau bahkan dilarang menurut peraturan zonasi setempat atau undang-undang lainnya.

Terdapat tempat tinggal di setiap tingkat dua lantai dan lorong utama yang menghubungkannya. Terdapat juga Pemandian letaknya bagian selatan bangunan yang menjadi salah satu Hammamkhana yang ke ketujuh masih berada di reruntuhan Bangladesh.

Benteng Lalbagh Di Kota Dhaka BangladeshBenteng Lalbagh Di Kota Dhaka Bangladesh

Penggalian baru-baru ini (1994-2009) menunjukkan bahwa ada aula khusus di bawah Aula Hammamkhana, di mana para arkeolog menemukan alat untuk memanaskan air dan memasok Hammamkhana dengan panas melalui pipa terakota yang khusus dibuat untuk tujuan ini Air dan air dingin. Bintik hitam ditemukan di ruang bawah tanah, membuktikan bahwa api telah digunakan untuk tujuan memasok air ke pemandian Turki. Ada juga toilet di sebelah Hammamkhana.

Semua bangunan dan susunan Hammamkhana dengan jelas menunjukkan bahwa benteng dihuni oleh Subadas dari Bengal, dan Subadas adalah Shaista Khan. Dari laporan gubernur pabrik Inggris, Shaista Khan pernah tinggal di ruangan ini dan beberapa orang Eropa ditahan di sini.

Pada penelitian

Para arkeolog menemukan kelanjutan dinding benteng ke arah timur di bawah Jalan Shaishta Khan. Mereka percaya bahwa wilayah Kira saat ini menyumbang setengah dari rencana Pangeran Azam Khan. Pintu di sebelah tenggara benteng (berdekatan dengan Masjid Lalbag Shahi) cocok dengan pintu tengah di tengah benteng sesuai kebutuhan. Separuh bagian timur lainnya – yang mungkin direncanakan untuk keperluan administratif (kawasan Gilder Kira) – belum rampung atau punah belum lama ini.

Beberapa terowongan bawah tanah di benteng sekarang ditutup. Kedua terowongan tersebut dikatakan mengarah ke Benteng Zinzira yang sekarang telah hancur di sisi lain Sungai Briganga. Bagian lain dari jalan itu dibuat menjadi labirin. Dikatakan bahwa banyak Sepoy (tentara) yang gagal dari pemberontakan Sepoy pada tahun 1857 mencoba melarikan diri melalui jalur ini dan terbunuh. Tentara Inggris yang mengejar mereka tidak kembali. Untuk menyelidiki klaim ini, peneliti Inggris mengirim gajah dan anjing ke dalam terowongan, tetapi tidak ada yang kembali. Setelah itu, terowongan ditutup.

Kesultanan Mughal

Kesultanan Mughal (Persia: شاهانمغول Shāhān-eMoġul; gelar sendiri: Gūrkānī) merupakan sebuah negara yang memerintah Afghanistan, Baluchistan dan sebagian besar anak benua India pada masa kejayaannya. Istilah Machar adalah bahasa Mongolia versi Indo-Arya karena nenek moyangnya adalah Dinasti Timurid yang berasal dari Asia Tengah. Agama resmi Mughal merupakan Islam, dan sebagian besar penduduknya yang beragama Hindu.

Dalam kurang lebih dua abad, Kesultanan telah membentang dari tepi luar Lembah Indus di barat, Afghanistan utara ke barat laut, Kashmir di utara, dataran tinggi Assam, dan sekarang Bangladesh di timur dan selatan. Dataran Tinggi Deccan. India Selatan. Di masa kejayaan kekuatan terbesarnya, itu adalah salah satu monarki terbesar dalam sejarah Asia Selatan.

Setelah Kekaisaran Mauritian sebelum abad ke-16, hampir semua wilayah anak benua India ditata ulang. Nama lain dari bentuk kekaisaran adalah Hindustan, yang terlihat dari penggunaan gelar penguasa “Badish-i-Hindustan”.

– Babur

Zāhirud-Dīn MuḥammadbinʿOmar Sheikh (juga dikenal sebagai Babur) (lahir 14 Februari 1483-meninggal pada 26 Desember 1530 pada usia 47 tahun) adalah seorang penakluk Muslim dari Asia Tengah yang mendirikan Dinasti Mughal pada tahun 1959 di India. Raja m keturunan langsung dari keluarga ayahnya dari Timur, sekaligus keturunan Genghis Khan dari keluarga ibunya.

Pertempuran panipat pertama

Pada tanggal 21 April 1526, pertempuran pertama Panipat terjadi antara tentara penyerang Babur dan dinasti Lodi dari Kesultanan Delhi. Ini terjadi di India utara dan menandai dimulainya Kekaisaran Mughal. Ini adalah salah satu pertempuran paling awal yang melibatkan senjata peluru dan artileri lapangan di India.

Kemaharajaan Maratha

Kemaharajaan Maratha (Marathi: MarãṭhāSāmrājya; juga diterjemahkan sebagai Mahratta) atau Marathi Confederation adalah sebuah negara Hindu di India modern. Kekaisaran didirikan dari 1674 hingga 1818. Pada masa kejayaannya, wilayah kekaisaran mencakup sebagian besar Asia Selatan.

Kekaisaran Maratha menguasai anak benua India pada abad ke-18. Kerajaan Arab Saudi secara resmi didirikan pada 1674 ketika Shivaji dinobatkan sebagai Chhatrapati dan berakhir pada 1818 dengan kegagalan Perusahaan British East India (Pastwa Bajirao II). Pada awalnya, sejumlah besar orang membebaskan sebagian besar anak benua India dari kekuasaan Mughal.

Benteng Lalbagh Di Kota Dhaka Bangladesh 2021Benteng Lalbagh Di Kota Dhaka Bangladesh 2021

Sekelompok pejuang berbahasa Marathi dari Dataran Tinggi Dekkan bagian barat (sekarang Maharashtra) memberontak melawan dinasti Adil Shahi Islam di Bijapur, dengan tujuan mendirikan Hindavi Swarajya (artinya “otonomi India / India”). Namun, penguasa terakhir Bijapur ditaklukkan oleh Mugal Oranzeb. Oleh karena itu, kelompok pejuang Malaga melakukan permusuhan terhadap pemerintah Mughal hingga Perang Mughal Maratha (1680-1707). Setelah kematian Oranzeb, Maratha meraih kemenangan dan dominasi.

Baca Juga : Agen Tur Wisata Terbaik di Dunia

Kemudian, Kemaharajaan Maratha tampaknya berusaha mengembalikan bekas kerajaan Wijayanegara, seperti Kerajaan Mysore yang saat itu sedang berkonflik dengan Kerajaan Inggris. Setelah selesainya Perang Anglo-Mysore Kedua (1780–1784), Kekaisaran Marathon secara aktif menyerang dengan Perang Marathon-Mysore (1785-1787).

Maratha Kemaharajaan memiliki beberapa konflik dengan Inggris:

– Perang Anglo Marathon Pertama (1775–1782) – Perang Anglo Marathon Kedua (1803-1805) – Dalam Perang Anglo-Marathon ketiga (1817-1818), Inggris dengan cepat memenangkan perang tersebut dan membubarkan Kekaisaran Marathon. Negara bagian Satara dan Bangsler, serta wilayah Nagpur, Indore dan Gwalior menjadi distrik kerajaan di bawah kendali Kerajaan Inggris.

 

10 Hal Tentang Kota Dhaka, Bangladesh 2021
Berita

10 Hal Tentang Kota Dhaka, Bangladesh 2021

10 Hal Tentang Kota Dhaka, Bangladesh 2021 – Beberapa dari Anda mungkin sedikit baru di Kota Dhaka. Dhaka adalah ibu kota Bangladesh dan merupakan kota besar atau kota besar yang sangat padat. Kota ini juga menjadi salah satu kota besar di Asia Selatan. Menurut dai wikipedia.org, Dhaka terletak di tepi Sungai Briganga, dengan populasi lebih dari 16 juta pada tahun 2001. Ini menjadikannya kota metropolis dan kota terpadat di Bangladesh. Simak kisah di balik Kota Dhaka.

10 Hal Tentang Kota Dhaka, Bangladesh 202110 Hal Tentang Kota Dhaka, Bangladesh 2021

1. Permainan Cricket

Dhakacity.org Kriket adalah olahraga tim antara dua kelompok yang terdiri dari 11 orang. Bentuk kriket modern berasal dari Inggris, dan olahraga ini sangat populer di Persemakmuran Bangsa-Bangsa. Di beberapa negara di Asia Selatan, seperti India, Pakistan, dan Sri Lanka, kriket merupakan olahraga paling populer. Kriket juga penting di wales dan Inggris, Selandia baru, Australia, zimbabwe, Afrika Selatan dan Karibia, di mana orang-orang berbicara bahasa Inggris (disebut Hindia Barat atau Hindia Barat).

Baca Juga: Demonstrasi Anti-Modi Di Bangladesh, Menewaskan 10 Orang

Kriket adalah permainan yang melibatkan pemukul (“bat”) dan bola. Tujuan permainan ini adalah untuk mencetak lebih banyak poin (poin) daripada tim lain. Pertandingan kriket bisa berlangsung hingga lima hari, dan bisa berlangsung enam jam atau lebih per hari, dikutip dari merdeka.com

Aturan permainan

Ilustrasi lapangan kriket

Aturan permainan kriket dikodifikasikan dalam “Hukum Kriket” yang berlaku secara global (“Hukum Kriket”). Versi hukum kriket yang paling awal diketahui ditulis pada tahun 1744. Sejak 1788, manual ini dimiliki dan dipelihara oleh Marylebone Cricket Club di London.

Pertandingan kriket dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 11 pemain di lapangan khusus (lihat gambar di sebelah kanan) Lapangan kriket biasanya berbentuk bulat atau oval. Batas luar arena permainan ditandai dengan pembatas, pembatas tersebut bisa berupa pagar, ujung stand penonton, tali dan / atau garis di atas rerumputan. Tandai batas sebanyak mungkin di sepanjang rute

Ada celah persegi panjang di tengah lapangan (lihat gambar di bawah). Di kedua ujung lapangan terdapat struktur target yang disebut “gawang”. Jarak antara pintu-pintu kecil itu adalah 22 yard (20 m). Pelatarannya memiliki permukaan selebar 3 meter, dan rumputnya lebih pendek dari pelataran luar. Setiap gerbang tiket terdiri dari tiga tunggul pohon, sebuah batang kayu sepanjang 28 inci (710 mm) dimasukkan ke dalam tanah dalam garis lurus, dan dua kait ditempatkan di atas tunggul tersebut.

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, kedua ujung lapangan ditandai dengan empat garis putih: lipatan bowling, lipatan burst, dan dua lipatan. Ketiga tunggul pohon ditempatkan di tengah lipatan bowling dan panjangnya 104 inci (2; 600 mm). Lipatan pop-up ditarik keluar 4 kaki (1,2 m) di depan arena bowling; meskipun garis yang biasanya ditarik hanya 4 meter (2 meter ke kiri dan kanan gerbang tiket), panjang asli pop-up lipatan -up tidak terbatas. Meskipun panjang asli lipatan tidak terbatas, sudut kanan antara lipatan dan lipatan pop-up adalah 2,4 m.

2. “Kecanduan” cha

Teh merupakan minuman khas Dhaka yang bisa membuat Anda “ketagihan”. Orang Bangladesh sangat menyukai campuran manis susu dan teh panas. Bahkan, pengendara becak di sana bahkan bisa menghabiskan 20 cangkir teh sehari. Cha memberi mereka energi dan mengembara di Kota Dhaka. Mungkin cha mengandung “sesuatu”, jadi rasanya sangat istimewa.

3. Seni becak

Dhaka adalah kota yang penuh dengan becak. Lukisan dan seni dekoratif becak menjadi kebanggaan para pengendara becak di kota ini. Mereka sering menggunakan berbagai gambar kreatif dan unik untuk menggambar becak, seperti seniman film lokal, dewa, pemandangan alam, dll. Anda bisa membeli foto yang mereka buat di atas kayu sebagai oleh-oleh dan oleh-oleh.

Mungkin Anda tidak terlalu mengenal Bangladesh, tetapi tahukah Anda bahwa negara Asia Selatan ini memiliki transportasi umum roda tiga yang mirip dengan becak Indonesia? Sama seperti becak tradisional di nusantara, di Bangladesh, Lisha atau “thrisaw” merupakan salah satu angkutan umum yang sering Anda temui.

riksha menggabungkan sepeda dengan jok penumpang dengan dua roda, yang dicapai dengan mengayuh. Bedanya, pengendara riksha ada di depan dan penumpangnya di belakang.

4. Macet

Menurut data Forbes, Kota Dhaka adalah kota terpadat di dunia. Pada 2013, populasinya adalah 13,399 juta. Kota terpadat kedua adalah Mumbai di India, Karachi di Pakistan, Manila di Filipina, Lagos di Nigeria, Kogata di India, India di Delhi, Seoul, Mexico City, Teheran

Jika Anda kaya, mungkin Anda bisa bersantai di dalam mobil sambil merendam kaki. Tapi malang siap menyerap debu di knalpot mobil. Dari 23 kota terbesar di dunia, hanya 5 negara yang memiliki pendapatan tinggi. Sisanya berada di negara berkembang. Misalnya, di Mexico City, bandingkan jalan di sana dengan 0:57. Jumlah mobil lebih panjang dari jumlah jalan yang biasa dilalui pengendara.

Saat ini, Dhaka adalah kota terpadat dalam banyak hal dan menempati urutan ke-20 dalam hal jumlah penduduk. Jika hal ini terjadi, maka akan sulit untuk menyelesaikan masalah kemacetan perkotaan. Dalam hal infrastruktur jalan di Dhaka proporsinya hanya 7%. Sebaliknya, Paris mencapai 25%, dan Wina atau Washington dan Chicago mencapai 40%. Lebih buruk lagi, Dhaka memiliki 650 persimpangan di jalan-jalan kota, tetapi hanya 60 lampu lalu lintas. Meski begitu, beberapa orang terkadang meninggal.

Kerugian kemacetan tahunan mencapai 3,8 miliar dolar AS. Kualitas hidup masyarakat, polusi dan kualitas kehidupan sosial sangat buruk. Tidak ada jalan raya di pinggiran kota, dan kereta api hanya dapat diangkut ke luar daerah tersebut. Semua pekerja ada di kota.

Saat Anda datang ke Kota Dhaka, mohon jangan tanya teman Anda. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tinggal Anda? Cuma jika “tidak ada yang tahu” diblokir, jawabannya “jika jalan hanya kosong selama 15 menit”.

5. Pasar memiliki sejarah 300 tahun

Pasar tradisional Bangladesh, jago berbuka makanan cepat saji
Selama lebih dari satu abad, pasar di Khok’s Bazar, kota tua Dhaka, telah mewarisi tradisi menjadi pasar terbesar dan terpopuler untuk jajanan buka puasa di ibu kota Bangladesh. Kantor Berita China Xinhua mengutip kalimat ini

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang matahari terbenam di pasar Chawkbazar, suasana meriah selalu menyelimuti pasar (tanda buka puasa), tempat pedagang dan pedagang menjual makanan kepada ribuan pelanggan.

Kantor Berita Xinhua mengamati ratusan toko sibuk menjual barang-barang unik dan tradisional untuk Idul Fitri Ramadhan.

Warga percaya bahwa buka puasa tradisional di pasar ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner.

Makanan yang disediakan pun beragam, antara lain buah-buahan, kebab enak, telur, tahu, dan jajanan tradisional.

6. Sungai yang tidak pernah tidur

Sungai Buriganga Ini adalah sungai di Bangladesh yang mengalir melalui pinggiran barat daya ibu kota Dhaka. Kedalaman rata-rata adalah 7.6 meter (25 kaki) dan kedalaman maksimum 18 meter (58 kaki). Ini adalah salah satu sungai paling tercemar di negara ini.

Dahulu, aliran Sungai Gangga telah mencapai Teluk Benggala melalui Sungai Dhaleshwari. Pada abad ke-20, air permukaan dan sungai terkontaminasi oleh polietilen dan zat berbahaya lainnya di bangunan yang rusak di dekat tepi sungai.

Kota Dhaka Bangladesh 2021Kota Dhaka Bangladesh 2021

Padma, yang dikenal sebagai hidangan utama Sungai Gangga di Bangladesh, banyak berubah antara 1600-2000 Masehi. Sulit untuk melacak secara akurat berbagai saluran yang dilaluinya, tetapi kemungkinan besar mengalir melalui sungai Rampur Boalia, Chalan Beel, Dhaleshwari dan Buriganga, dan kemudian melalui Dhaka ke muara Meghna. Pada abad ke-18, sungai hilir mengalir lebih jauh ke selatan. Sekitar pertengahan abad ke-19, aliran utama selat melewati selat selatan, dan saluran itu disebut Kirtinasa. Padma (Padma) secara bertahap memulai jalurnya saat ini.

7. Kue yang fantastik

Tahukah Anda, selain terkenal dengan masakan kari ayamnya, Kota Dhaka juga menawarkan menu kue yang enak. Anda dapat menemukan berbagai kue khas Dhaka di toko kue lokal di pinggir jalan.

8. Pink Palace

The Pink Palace atau Ahsan Manzil adalah kediaman resmi keluarga Dhaka Nawab. Bangunan megah ini terletak di Kumartoli di sepanjang Sungai Buriganga di Bangladesh. Untuk melestarikan budaya dan sejarah, istana ini dijadikan Museum Nasional Bangladesh.

Ahsan Manzil pernah menjadi kediaman resmi dan tempat kedudukan Nawab. Bangunan ini terletak di Kumatori di sepanjang Sungai Briganga di Dhaka, Bangladesh. Proyek ini dimulai pada tahun 1859 dan selesai pada tahun 1872. Itu dibangun dengan gaya Kebangkitan Saracen India. Itu telah ditetapkan sebagai Museum Nasional.

Di zaman Mughal, ada sebuah rumah taman, milik Syekh Enayet Ullah, tuan tanah Jamalpur Porgona (Distrik). Syekh Enayet Ullah adalah orang yang sangat menarik. Dia membeli area yang luas di Kumartuli dan memasukkannya ke dalam rumah kebunnya. Dia membangun istana yang indah di sini dan menamakannya “Rongmohol”

Dia pernah suka mengumpulkan gadis-gadis cantik dari dalam dan luar negeri di sini, mendandani mereka dengan rok yang indah dan dekorasi yang mahal. Seperti kata pepatah, pendiri Dhaka (Wakil Kaisar Dehar) tertarik dengan salah satu gadis cantik. Dia mengundang Syekh Enayet Ullah ke sebuah pesta pada suatu malam dan membunuhnya dengan sebuah konspirasi ketika dia kembali ke rumah.

Gadis itu juga bunuh diri karena marah dan sedih. Di sudut timur laut halaman istana terdapat makam Syekh Enayet Ullah, yang dihancurkan pada awal abad ke-20.

9. Universitas Dhaka

Universitas Dhaka didirikan pada tahun 1921 dan merupakan kampus tertua di Bangladesh. Tempat ini bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat yang nyaman untuk bersantai dan mencari ketenangan. Berikut beberapa bangunan indah dari koloni Bangladesh, sekaligus monumen yang mencolok.

Universitas Dhaka (Bangladesh: Universityhaka Bishshobiddalôe) adalah universitas tertua di Bangladesh. Kurang lebih dari 34.000 siswa dan 1.500 guru, Universitas Dhaka merupakan universitas paling terbesar di Bangladesh. Menurut Asia Weekly, universitas ini adalah salah satu universitas terbaik di Asia (peringkat 64).

10. Dhaka’s old market

Sekitar 400 tahun yang lalu, Dinasti Mughal mendirikan Chawkbazar di tepi Sungai Buriganga. Dengan cepat menjadi pusat bisnis utama Dhaka.

Baca Juga : Wisata Pantai Terindah Dan Terbaik Di Italia 2021

Hingga beberapa dekade lalu, Chawkbazar di Dhaka Lama masih menikmati reputasi sebagai pusat kota. Namun, saat Dhaka berkembang dan menjadi kota metropolis yang besar, pentingnya Chawkbazar sebagai pusat komersial secara bertahap melemah.

Hal Unik Kota Dhaka, Bangladesh 2021Hal Unik Kota Dhaka, Bangladesh 2021

Saat ini, Chawkbazar telah menjadi pusat bisnis pembuatan dan penyimpanan bahan kimia, parfum dan produk plastik Banyak dari perusahaan tersebut mengabaikan larangan penyimpanan bahan kimia di bangunan tempat tinggal.

Pada tahun 2010, kebakaran fatal di daerah lain di Old Dhaka menewaskan 120 orang. Namun, lantai dasar bangunan tempat tinggal tersebut masih berfungsi sebagai gudang bahan kimia, tabung gas, dan produk plastik.

Toko buku ini memang sangat populer dan kalian juga bisa menemukan berbagai suatu macam buku internasional dan lokal. Banyak juga mahasiswa Universitas Dhaka memadati toko buku itu. Ada sekitar 20 toko buku yang tersebar di sekitar pasar lama di Dhaka.

Demonstrasi Anti-Modi Di Bangladesh, Menewaskan 10 Orang
Berita

Demonstrasi Anti-Modi Di Bangladesh, Menewaskan 10 Orang

Demonstrasi Anti-Modi Di Bangladesh, Menewaskan 10 OrangEnam hari lalu, sebanyak 10 orang tewas atau puluhan dari lainnya terkena luka ringan saat demonstran bentrok bersama polisi di ibu kota Bangladesh, Dhaka, dan kota pelabuhan Chittagong.

Demonstrasi Anti-Modi Di Bangladesh, Menewaskan 10 Orang

Demonstrasi Anti-Modi Di Bangladesh, Menewaskan 10 Orang
dhakacity.org

Dhakacity.org – Pada Sabtu (27/3) dikutip dari laman “Deutsche Well”, Para pengunjuk rasa turun langsung ke jalan untuk berdebat kedatangan Perdana Menteri India Narendra Modi (Narendra Modi), yang bertepatan dengan ulang tahun ke-50 berdirinya Bangladesh. Massa menyebut Modi sebagai pemimpin benteng Hindu yang kuat dan menyerukan kebencian dan kekerasan terhadap Muslim India Dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga : Fakta Terbakarnya Kilang Minyak Di Indramayu

Seorang polisi mengatakan kepada Reuters bahwa delapan orang dirawat di rumah sakit karena luka tembak.

Media mengatakan empat orang yang terluka adalah anggota organisasi Islam.

Di banyak wilayah di Bangladesh, banyak media sosial seperti Facebook dan aplikasi pesan instan lainnya tidak dapat diakses. Aktivis biasanya menuntut demonstrasi melalui media sosial dan aplikasi pesan instan. Saksi mata mengatakan bahwa setelah salat Jumat, dua kelompok pengunjuk rasa bentrok di luar masjid utama di Dhaka, Betar Mukaram.

Menurut media lokal, anggota organisasi Islam kelompok Hefasat-e-Islam melemparkan batu ke arah polisi dan menyerang banyak gedung pemerintah, termasuk kantor polisi di Shattur. Saat pengunjuk rasa membakar gedung perkantoran stasiun KA, jalur KA juga terputus.

Sebuah stasiun TV melaporkan bahwa sedikitnya 40 orang terluka dalam konflik tersebut, termasuk banyak wartawan.

Media lokal mengatakan kekerasan berlanjut di Brahamambari pada Sabtu sore, menewaskan lima orang. Ketika demonstrasi berubah menjadi kekerasan, aparat keamanan melepaskan tembakan untuk membubarkan massa.

Sejauh ini, aparat keamanan telah menolak untuk menerima pertanyaan “New York Times”. Modi tiba di Dhaka pada hari Jumat, merencanakan kunjungan dua hari untuk merayakan kemerdekaan Bangladesh dari Pakistan.

India sangat mendukung Bangladesh saat perang sembilan bulan dengan Pakistan, yang hampir menewaskan kurang lebih 3 juta orang, pada tahun 1971.

Ratusan pelajar dari pesantren tersebut bentrok dengan polisi dan penjaga perbatasan di kawasan Bramambaria. Polisi mengatakan mereka harus menembak untuk mengendalikan kekerasan. Abdullah Al Mamun, seorang dokter di Rumah Sakit Umum Brahmanbaria pemerintah, mengatakan: “Kami menerima tiga mayat yang terkena peluru, dan dua lainnya meninggal karena luka-luka berikutnya.

Seorang petugas polisi setempat memastikan bahwa lima orang tewas, tetapi tidak mau mengungkapkan identitas mereka karena tidak berwenang berbicara kepada media. Polisi Bangladesh belum secara resmi mengkonfirmasi jumlah korban tewas. Kekerasan dimulai di ibu kota Dhaka pada hari Jumat dan berlanjut di beberapa daerah di negara mayoritas Muslim berpenduduk 168 juta, di mana kelompok-kelompok tersebut menuduh Modi mengasingkan etnis minoritas Muslim di India, di mana mayoritas India berada di India.

Tragis Menewaskan 10 Orang

Tragis Menewaskan 10 Orang
dhakacity.org

Pada hari Jumat, pendemo ternyata pergi ke kota tenggara Chittagong untuk menyerang kantor polisi. Setelah polisi menembak, setidaknya empat pendukung organisasi Hefasat-e-Islam tewas. Di Dhaka pada hari Jumat, polisi bentrok dengan pengunjuk rasa dengan peluru karet dan gas air mata, dan puluhan orang terluka.

Pada Sabtu (27/3), ratusan Hefazat-e-Islamik dan anggota kelompok lain berbaris melalui Chittagong dan Dhaka untuk memprotes kematian pendukung mereka. “Polisi menembaki para pendukung perdamaian kami,” kata sekretaris organisasi organisasi Azizul Haque di rapat umum Chittagong. Dia menambahkan: “kita sepenuhnya tidak akan menyia-nyiakan darah saudara kami”.

Negara Islam Irak (Hefasat-e-Islam) melantamkan pemogokan nasional pada hari Minggu untuk memprotes karena pembunuhan itu. Amnesty International juga mengutuk tindakan yang dilakukan oleh polisi di Chittagong. Sultan Mohammed Zakaria, seorang peneliti Asia Selatan di Amnesty International, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Hak untuk protes damai telah diserang secara luas, terutama selama pandemi virus corona, yang pada akhirnya menyebabkan pertumpahan darah ini.”

Modi mendarat di Dhaka Jumat lalu untuk merayakan ulang tahun ke-50 kemerdekaan Bangladesh. Ini adalah perjalanan internasional pertamanya sejak wabah virus corona tahun lalu.

Setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, dia meninggalkan negara itu pada hari Sabtu dan memberi negara itu 1,2 juta vaksin Covid-19. Kedua negara mengeluarkan pernyataan bersama merayakan kerja sama dan kemitraan antara kedua negara, tetapi pemerintah Bangladesh tidak mengomentari protes tersebut.

Jejaring sosial tersebut menyatakan bahwa layanan tersebut tidak tersedia di Bangladesh pada hari Sabtu, menambahkan bahwa pihaknya menyatakan keprihatinan serius tentang pembatasan ketika komunikasi yang sangat efektif juga diperlukan agar mengatasi semua tentang pandemi virus corona tersebut. Facebook mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami tahu bahwa layanan kami dibatasi di Bangladesh.” Dia menambahkan: “Kami bekerja keras untuk mempelajari segalanya dan berharap dapat memulihkan akses penuh secepat mungkin.”

Pemerintah Bangladesh tidak berkomentar apakah akan memblokir Facebook dan aplikasi perpesanannya, tetapi sebelumnya telah menggunakan penutupan internet sebagai alat untuk mengekang penyebaran protes.

Sedikitnya sepuluh orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi yang memprotes kunjungan Perdana Menteri India Modi ke Bangladesh. Insiden itu terjadi selama dua hari di Dhaka, ibu kota Bangladesh, dan di kota pelabuhan Chittagong.

Pada Sabtu (27/3) dikutip dari “Deutsche Well”, para pengunjuk rasa langsung turun ke jalan untuk berbeda pendepat karena kedatangan Perdana Menteri India, yang bertepatan dengan peringatan 50 tahun berdirinya Bangladesh. Massa menyebut Modi sebagai pemimpin kubu Hindu yang kuat dan menyerukan kebencian dan kekerasan terhadap Muslim India.

Seorang polisi mengatakan kepada media bahwa delapan orang dirawat di rumah sakit karena luka tembak. Media mengatakan empat orang yang terluka adalah anggota organisasi Islam. Di banyak wilayah di Bangladesh, banyak media sosial seperti Facebook dan aplikasi pesan instan lainnya tidak dapat diakses. Aktivis biasanya menuntut demonstrasi melalui media sosial dan aplikasi pesan instan.

Demonstrasi Anti-Modi Terburuk

Demonstrasi Anti-Modi Terburuk
dhakacity.org

Saksi mata mengatakan bahwa setelah salat Jumat, dua kelompok pengunjuk rasa bentrok di luar masjid utama di Dhaka, Betar Mukaram. Menurut media lokal, anggota organisasi Islam Hefasat-e-Islam melemparkan batu ke arah polisi dan menyerang banyak gedung pemerintah, termasuk kantor polisi di Shattur.

Saat pengunjuk rasa membakar gedung perkantoran stasiun KA, jalur KA juga terputus. Sebuah stasiun TV melaporkan bahwa sedikitnya 40 orang terluka dalam konflik tersebut, termasuk banyak wartawan.

Media lokal mengatakan kekerasan berlanjut di Brahamambari pada Sabtu sore, menewaskan lima orang. Ketika demonstrasi berubah menjadi kekerasan, aparat keamanan melepaskan tembakan untuk membubarkan massa.

Seorang juru bicara Penjaga Perbatasan BGB berkata bahwa pada Jumat malam, pasukan cadangan militer telah dikerahkan. “Menurut instruksi Kementerian Dalam Negeri dan dengan bantuan Departemen Urusan Sipil, jumlah BGB yang dibutuhkan telah dikerahkan di berbagai wilayah negara”, kata Letnan Kolonel Fayzur Rahman kepada media.

Rahman mengaku belum ada laporan kekerasan sejak penempatan penjaga perbatasan. Ia mengatakan bahwa situasi saat ini normal. Sejak operasi memanas, jaringan Facebook Bangladesh tidak dapat diakses. Facebook mengaku masih menyelidiki insiden yang menghalangi akses ke Internet.

“Kami tahu bahwa layanan kami di Bangladesh dibatasi”. Kami sangat bekerja keras agar mempelajari hal tersebut (tentang insiden ini) seorang juru bicara Facebook mengatakan bahwa dia berharap dapat memulihkan akses penuh secepat mungkin.

Menteri Pos dan Telekomunikasi Mustafa Jabbar (Mustafa Jabbar) mengaku pihaknya tidak bertanggung jawab atas pembatasan akses Facebook. Petugas polisi mengatakan bahwa setidaknya empat korban ditembak mati selama demonstrasi. Mereka adalah anggota organisasi Islam garis keras “Hafazat e-Islam”.

Seorang pejabat mengatakan bahwa 1.500 pendukung Hefazat-e-Islam menyerang kantor polisi, meneriakkan slogan-slogan anti-moody. Pada saat yang sama, juru bicara kelompok tersebut menyatakan bahwa polisi menembak ke arah massa saat demonstrasi berlangsung damai.

Taktik Islam juga mengimbau pemogokan pada hari ini dan besok sebagai bentuk protes oleh pihak berwenang terhadap penembakan demonstran.

Pandangan organisasi tentang Modi dapat ditelusuri kembali ke pemerintah India nasionalis India pada tahun 2002 ketika negara bagian Gujarat di India memicu ketegangan agama dan menghasut kekerasan anti-Muslim, yang mengakibatkan kematian 1.000 orang. Pada saat itu, Modi adalah menteri utama Gujarat.

Seperti kita ketahui bersama, Hefasat-e-Islam sendiri kerap menggelar aksi protes berskala besar, menuntut agar Bangladesh memberlakukan undang-undang penistaan ​​agama. Pada 2013, bentrokan antara polisi dan ribuan pendukung Hefazat di Dhaka menewaskan hampir 50 orang.

 

Kota Masjid Dhaka City, Ibu Kota Bangladesh
Berita Blog Profil Tentang Dhaka Ciy

Kota Masjid Dhaka City, Ibu Kota Bangladesh

Kota Masjid Dhaka City, Ibu Kota Bangladesh – Dhaka merupakan nama sebuah ibu kota Bangladesh yang terletak di pinggiran sungai Buriganga. Kota ini menjadi pusat perniagaan, perindustrian serta administratif di Bangladesh. Adapun komoditas yang diperjualbelikan berupa gula, teh, beras dan yute. Sedangkan dari segi industrinya, kota ini memproduksi kerajinan tangan, tekstil dan produk dari yute yang berupa tali dan guni.

Sebagai salah satu negara di Asia Selatan. Dhaka ini memiliki banyak sekali Masjid. Sehingga dikenal dengan julukan kota Masjid. Selain itu terdapat beberapa Masjid ternama di kota ini, yang antara lain:

• Masjid Bintang
Tempat ini disebut dengan Masjid bintang karena mempunyai banyak sekali hiasan berbentuk bintang. Didirikan pada akhir abad ke-18 oleh Mirza Ghulam. Mempunyai desain interior yang indah dengan gaya arsitek khas Chinitikri. Dulunya, Masjid ini mempunyai gaya arsitektur khas Mughal. Seiring adanya perubahan era dan adanya renovasi, mempengaruhi pola arsitek tempat ibadah ini. Masjid megah tersebut menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi wisatawan musim dan non muslim.

• Masjid Baitul Mukarram
Adalah Masjid terbesar di Bangladesh dan juga di Dunia (kesepuluh). Tempat ibadah ini mampu menampung 40 ribu jamaah dalam satu kali ibadah. Mempunyai konsep Mughal, namun bentuk kubus pada bangunan ini mencerminkan pengaruh gaya Ka’bah. Selain itu, Masjid rancangan dari T Abdul Hussain Thariani juga ditambahkan beberapa bangunan lain berupa toko, perpustakaan, perkantoran dan lahan parkir yang sangat luas.

• The Khan Mohammad Mirza Mosque
Sesuai namanya, masjid ini didirikan oleh Khan Mohammad Mirza pada awal abad ke-17. Bangunan ini mempunyai ketinggian 5,81 meter. Sangat tinggi sekali, bukan? Selain itu bangunan ini juga tampak berbeda dengan masjid lainnya. Tempat ibadah tersebut khas dengan corak klasik namun menarik. Sehingga wajib dikunjungi oleh para wisatawan.

• Sath Gambuj Mosque
Berada di pinggiran kota Dhaka, bangunan masjid yang dibangun pada awal abad ke-17 ini sangat megah luar biasa. Tempatnya luas dengan konsep arsitek Mughal. Selain itu, Masjid ini juga mempunyai area taman yang sangat luas dan indah. Cocok sekali untuk kunjungan wisatawan pastinya.

• Masjid Binat Bibi
Di sebut juga dengan nama Binat Bibi mosque yang dibagun pada tahun 1456 oleh Bakt Binat. Bangunan ini merupakan Masjid tertua dan menyimpan sejarah tersendiri. Sampai sekarang, tempat ibadah ini terus dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Itulah beberapa Masjid populer di kota Dhaka, Bangladesh. Selain tempat ibadah untuk wisata religi, ada banyak sekali tempat-tempat menarik lainnya. Salah satu negara di Asia Selatan ini mempunyai jutaan tempat wisata indah untuk dikunjungi. Beberapa diantaranya seperti Museum, Taman Nasional, Benteng, casino terindah yang di bangun oleh  dan tempat-tempat menarik yang lainnya.

Sayur Dan Buah Ala Dhaka
Berita Blog Ibukota Bangladesh Tentang Dhaka Ciy

Sayur Dan Buah Ala Dhaka

Sayur Dan Buah Ala Dhaka – Bagi seorang yang cenderung vegetarian berkunjung ke dhaka merupakan surga. Sebab di dhaka mayoritas makanannya terbuat dari sayur dan buah. Meskipun ada masakan daging dan juga ikan, akan tetapi mayoritas warga dhaka memilih untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Meskipun masakan kebab yang mengkombinasikan daging dengan sayuran akan tetapi sayur menjadi makanan utama di dhaka. Sebagai kota yang didominasi oleh sungai, tentu saja bukan suatu persoalan besar jika dhaka mampu ditumbuhi oleh sayuran segar dan juga buah segar yang tumbuh dengan subur. Sehingga tidak heran jika mengkonsumsi sayur merupakan makanan wajib di kota dhaka.

Sebagai makanan pembuka, warga kota dhaka lebih memilih untuk mengkonsumsi sambal yang berasal dari buah-buahan segar. Sambal ini terbuat dari berbagai macam buah segar untuk membangkitkan selera makan. Sehingga bagi pecinta buah, sangat wajib untuk mencoba perpaduan buah segar yang dijadikan aneka sambal sebagai makanan pembuka. Pemberian saus yang kaya akan rasa semakin membuat sambal buah ini menjadi lebih kaya. Termasuk saus yang diberikan pada sambal termasuk dalam jumlah yang cukup banyak. Oleh karenanya tidak heran jika sambal buah ala dhaka sangat populer untuk dikonsumsi ketika waktu makan tiba sebagai makanan pembuka. Buah yang banyak dijumppai di kota dhaka adalah buah mangga. Sehingga sambal yang terbuat dari mangga sangat populer di kota dhaka.

Kari sayuran juga termasuk ke dalam salah satu menu andalan ketika berkunjung ke kota dhaka. Menghindari mengkonsumsi daging membuat warga dhaka mencari alternatif untuk memakan kari yakni dengan menggunakan bahan dasar berupa sayuran. Kari sayuran khas kota dhaka memiliki cita rasa yang kuat. Aroma rempah yang tajam membuat rasa kari sayuran khas kota dhaka cukup menggoda. Perpaduan rempah dan aroma sayuran yang cukup sesuai membuat kari sayuran ini memiliki cita rasa yang cukup menggoda untuk disantap. Sayuran yang diberi bumbu kari yang sangat tajam merupakan ciri khas dari makanan Bangladesh yang mayoritas merupakan vegetarian.

Selain mengkonsumsi buah dan sayur, warga dhaka juga mengkonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan tersebut dibuat menjadi dal yang merupakan makanan untuk menu sarapan. Sehingga warga kota dhaka tidak akan lengkap sarapannya jika tidak mengkonsumsi dal. Dal merupakan makanan wajib yang harus ada ketika sarapan. Sehingga jika anda berkunjung ke kota dhaka, akan lebih baik jika anda mencoba dal yang menjadi makanan khas kota dhaka dan juga mengkonsumsi masakan sayuran dan buah-buahan ala bangladesh yang kaya akan rempah dan bumbu yang bervariasi. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri ketika berkunjung ke kota dhaka. Sebab kekayaan kuliner unik inilah yang membuat kota dhaka mendapatkan banyak kunjungan yang berasal dari banyak wisatawan.

Hidangan Nasi Khas Bangladesh
Berita Blog Ibukota Bangladesh Tentang Dhaka Ciy

Hidangan Nasi Khas Bangladesh

Hidangan Nasi Khas Bangladesh – Nasi bagi warga Indonesia menjadi makanan pokok yang ditambah dengan aneka lauk pauk. Bagi warga bangladesh, nasi juga merupakan makanan pokok. Namun bedanya di bangladesh, nasi diolah dengan banyak jenis rempah yang membuat nasi memiliki kekayaan cita rasa. Jika di bangladesh pengolahan nasi dimasak sedemikian rupa dengan teknik tertentu ditambahkan dengan aneka lauk yang dimasak dengan bumbu rempah yang banyak. Selain itu nasinya juga dimasak menggunakan bumbu rempah yang sama sehingga cita rasa nasinya sendiri sudah mempunyai rasa yang cukup tajam. Kekayaan rasa yang cukup tajam dari aroma rempah pilihan khas bangladesh inilah yang membuat nasi di kota dhaka mempunyai tempat tersendiri untuk wisatawan yang datang ke kota dhaka.

Masakan nasi paling populer di dhaka adalah biriani. Biriani adalah masakan nasi yang dimasak menggunakan rempah berisi kentang, ikan, sayur, telur dan dal. Semuanya dimasak menggunakan rempah seperti kapulaga, cengkeh, bawang dan daun salam. Semuanya dimasak menjadi satu untuk dihidangkan dalam satu piring nasi lengkap. Selain itu terkadang nasi biriani juga dimakan menggunakan irisan daging ayam untuk memperkuat cita rasa dari nasi biriani itu sendiri. Namun ada juga nasi biriani yang menggunakan daging kambing dan daging sapi sebagai protein utama yang ada di dalam piring nasi biriani. Tentu saja semuanya dimasak menggunakan bumbu rempah khas dan cukup memperkuat rasanya.

Masakan nasi khas bangladesh berikutnya adalah payesh. Payesh sendiri merupakan puding nasi yang terbuat dari bahan beras ketan. Payesh lebih populer dijadikan makanan penutup dibandingkan dengan makanan utama. Sebab dominasi rasa manis dari olahan payesh inilah yang membuat payesh dijadikan makanan penutup. Payesh dibuat dari beras ketan yang diolah menggunakan susu,dan juga gula. Kemudian di atasnya diberikan tambahan kacang almond. Pemberian kacang almond pada masakan ini dilakukan guna menambahkan cita rasa manis yang kuat pada payesh. Penyajiannya selain menggunakan kacang almond, biasanya disajikan juga dengan menggunakan buah kering yang menambah cita rasa payesh lebih segar.

Versi lain dari payesh juga dapat anda temukan ketika anda berkunjung ke dhaka. Selain ada rasa payesh yang cenderung manis, ada juga payesh yang cenderung gurih. Payesh ini dibuat dari santan dan semolina. Pemberian santan sendiri digunakan untuk memperkuat rasa dari beras ketan itu sendiri. Biasanya payesh disajikan dalam sebuah kuali yang cukup besar. Sehingga boleh dikatakan bahwa payesh sebenarnya bukan makanan harian. Akan tetapi payesh sendiri dianggap sebagai makanan mewah yang harus dihidangkan ketika ada perayaan istimewa saja. Seperti perayaan ulang tahun. Sehingga payesh itu sebetulnya digunakan sebagai pengganti kue ulang tahun yang sangat jarang dijumpai di kota dhaka.

Seperti halnya masyarakat asia, nasi memiliki tempat tersendiri bagi warga dhaka. Bukan hanya dihidangkan sebagai makanan utama, ada juga nasi yang dihidangkan sebagai makanan penutup. Meskipun demikian, cita rasa dari nasi dan kuliner yang ada di dhaka tidak akan pernah berubah. Masakan nasi yang kaya akan rasa menjadi salah satu daya tarik bagi para pemain yang berkunjung ke Bangladesh. Terutama untuk jenis masakan yang hanya bisa dijumpai pada saat ada perayaan tertentu saja. Sehingga bisa dikatakan bahwa masakan nasi di kota dhaka memiliki variasi yang cukup berbeda dan cukup banyak variannya. Bagi wisatawan agen judi bola online yang belum pernah mencicipi nasi Bangladesh wajib untuk mencicipi masakan itu untuk membedakan nasi dalam berbagai versi baik itu sebagai makanan utama maupun penutup.

Masakan Khas Kota Dhaka
Berita Blog Ibukota Bangladesh Tentang Dhaka Ciy

Masakan Khas Kota Dhaka

Masakan Khas Kota Dhaka – Kota dhaka memiliki penduduk yang dominan adalah suku bengal. Suku bengal memiliki selera yang cukup kuat akan rasa pedas dan rempah. Kekayaan rempah yang ada di dhaka membuat kota ini memiliki kekayaan kuliner dan rasa yang sangat tajam. Meskipun cukup tajam, akan tetapi kenikmatan rasanya tetap terjaga. Rempah-rempah yang dijadikan racikan bumbu dasar untuk makanan di dhaka menjadikan makanan tradisionalnya sangat kaya akan rasa. Kekayaan rasa yang perlu dicoba inilah yang menjadikan berkunjung ke kota dhaka tidak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Makanan yang dominan merupakan makanan yang mempunyai cita rasa cukup pedas dan tajam. Sehingga bagi penyuka makanan pedas, wajib untuk mencobanya.

Bahan dasar dari makanan khas dhaka dominan adalah daging. Daging kambing menjadi bahan dasar dominan pada masakan dhaka. Daging kambing yang diolah dengan bumbu full rempah-rempah terutama rempah yang menimbulkan rasa pedas membuat cita rasa kambing lebih tajam. Tidak memiliki bau yang tajam tentu saja. Biasanya bumu rempah yang akan dijadikan masakan daging kambing dibuat dan digiling menjadi bentuk pasta. Kemudian dicampurkan dan dimasak bersama dengan daging kambingnya. Selain masakan daging kambing, ada pula masakan daging sapi yang juga diberikan perlakuan sama yakni diberikan bumbu pasta berupa rempah-rempah yang sudah digiling dengann cukup halus.

Bagi orang yang vegetarian, tidak perlu khawatir. Sebab di dhaka juga tersedia jenis masakan lainnya yang juga sangat istimewa untuk di makan. Bahan dasarnya adalah sayur dan juga ikan segar. Olahan sayur di dhaka kebanyakan diolah dengan cara dikukus. Namun untuk mengukus sayur maupun ikan, gaya mengukusnya langsung dicampuri dengan rempah-rempah bumbu agar mendapatkan cita rasa rempah yang sangat kuat pada sayur maupun ikan. Cara pengukusan dengan metode ini snagat terkenal di dhaka. Sehingga selain lebih sehat, rasa rempah-rempahnya sangat kuat pada makanannya. Bahkan merasuk hingga ke dalam daging ikannya. Metode pemasakan seperti ini sangat populer di seluruh dunia. Sebab dapat memperkuat cita rasa dari bahan dasar sayuran maupun ikan sungainya.

Dikelilingi oleh sungai besar maklum jika makanan khasnya sebagian besar didominasi oleh ikan sungai yang memiliki rasa cenderung gurih. Menggunakan perpaduan bahan bumbu rempah yang kuat membuat rasa gurih ikan sungai asli menjadi semakin terasa. Jenis ikan sungai cukup populer di dhaka. Sebab komoditas asli dari dhaka adalah ikan sungai. Selain itu, makanan sayuran juga cukup banyak tumbuh dan banyak varietasnya yang bisa dijumpai. Bagi seorang yang vegetarian, sangat cocok dengan masakan di dhaka. Pemberian minyak mustard juga menjadi salah satu alasan mengapa masakan di dhaka menjadi sangat kaya akan rasa yang cukup tajam.

Musim Tak Tentu di Dhaka
Berita Blog Ibukota Bangladesh Tentang Dhaka Ciy

Musim Tak Tentu di Dhaka

Musim Tak Tentu di Dhaka – Dhaka merupakan ibukota dari Bangladesh. Namun ada beberapa hal yang sangat istimewa dari kota dhaka. Kota ini memiliki letak geografis yang sangat berbeda. Memiliki kondisi geografis yang unik membuat perjalanan musim di kota ini menjadi sedikit rumit. Permasalahan di dalam kota dhaka sendiri memiliki kecenderungan yang sangat rumit. Oleh karenanya, bisa dikatakan bahwa keberadaan musim di kota dhaka sangat tidak menentu. Kondisi cuaca yang ada di kota dhaka sangatlah ekstrim. Bagaimana tidak, ketika musim kemarau tiba dhaka selalu saja kekeringan. Sedangkan ketika musim penghujan datang, dhaka selalu kebanjiran. Hal ini tentu saja sangat mengganggu kehidupan normal di kota dhaka. Cukup sulit memang untuk memastikan bahwa kota dhaka benar-benar aman.

Secara geografis, kota dhaka secara keseluruhan berupa dataran rendah. Sehingga cuacanya memang cenderung sedikit panas. Dialiri oleh sungai-sungai besar membuat daerah di sekitar aliran sungai menjadi tanah yang sangat subur. Dataran rendah yang menjadi countour utama dari dhaka memang sangat unik. Oleh karenanya dhaka memiliki kecenderungan cuaca yang sedikit ekstrim. Meskipun cuacanya ekstrim, namun lahan pertanian tumbuh subur di kota dhaka. Sebab aliran beberapa sungai besar yang mengelilinginya inilah yang membuat tanah-tanah di kota dhaka menjadi gembur dan dapat ditumbuhi oleh tanaman-tanaman pertanian. Sehingga untuk masalah pangan, dhaka tidak memiliki masalah yang cukup serius untuk dikhawatirkan.

Sungai besar yang mengelilingi seluruh daratan di kota dhaka diantaranya addalah sungai gangga, sungai brahma, dan beberapa sungai lainnya yang memiliki aliran yang cukup deras. Oleh karenanya meskipun cuacanya tidak menentu, dhaka tetap memiliki komoditas tanaman pangan yang tetap tumbuh subur. Sungai-sungai itu menjadi satu-satunya sumber air bersih yang ada di kota dhaka. Warga dhaka mengandalkan aliran sungai untuk beraktivitas dan menjadikannya sumber air bersih yang benar-benar digunakan untuk keperluan sehari-hari. Setidaknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan air bersih, warga dhaka sangat mengandalkan sungai-sungai ini untuk memenuhinya.

Sungai-sugai besar yang mengelilingi kota dhaka juga menjadi sumber tenaga listrik yang mengaliri di seluruh kota dhaka. Meskipun memiliki sumber listrik sendiri, akan tetapi tidak mampu secara keseluruhan memenuhi kebutuhan listrik warga dhaka yang sering bermain game online melalui laptop, hp dan komputer mereka. Ditambah lagi setiap warga suka menonton siaran pertandingan bola sehingga kebutuhan listrik warga dhaka sering tidak mencukupi.

Selain itu, sungai ini memiliki aliran yang tidak terlalu deras. Airnya yang cukup jernih memang sanagt dijaga dengan baik oleh warganya. Sebab air inilah yang menjadi sumber penghidupan warga kota dhaka. Jika sungainya tidak dijaga kualitas airnya maka warga kota dhaka akan kesulitan mencari sumber air bersih lainnya. Sungai jugalah yang menjadi penopang perekonomian kota dhaka. Sehingga warga sangat menjaga kualitas dari air sungai yang mengaliri di seluruh kota dhaka. Sebab sungai merupakan sumber penghidupan untuk warga kota dhaka yang paling utama.

Masalah Serius yang Dialami Kota Dhaka
Berita Blog Ibukota Bangladesh Tentang Dhaka Ciy

Masalah Serius yang Dialami Kota Dhaka

Masalah Serius yang Dialami Kota Dhaka – Dhaka menjadi kota yang cukup penting. Alasannya adalah dhaka merupakan ibukota dari negara Bangladesh. Sebagai ibukota negara, dhaka memiliki peran penting untuk sejarah utama negara Bangladesh. Seluruh sejarah penting Bangladesh terjadi di dhaka. Oleh karenanya, dhaka memiliki peranan yang lebih dari sekedar ibukota negara. Memiliki jumlah penduduk yang cukup padat membuat dhaka memiliki sejumlah masalah sosial tersendiri yang cukup serius. Bangladesh sebagai negara kecil yang memiliki permasalahan serius tentu saja membuat dhaka city memiliki segudang pekerjaan yang harus diselesaikan dengan baik. Termasuk permasalahan lingkungan yang menjadi pekerjaan besar di kota dhaka yang sudah terjadi sejak lama.

Masalah serius yang terjadi di kota dhaka diantaranya adalah kota dhaka selalu dilanda angin topan yang cukup kencang. Bahkan beberapa diantaranya sudah menelan korban jiwa yang cukup besar. Pada tahun 1970, kota dhaka pernah dilanda badai besar hingga memakan korban jiwa sekitar 500 ribu jiwa. Kemudian pada tahun 1991, badai besar juga melanda kota dhaka dengan korban jiwa sebesar 140 ribu jiwa. Hal ini menandakan bahwa dhaka memiliki kondisi permasalahan lingkungan yang cukup serius. Hal ini merupakan dampak dari kondisi geografis kota dhaka yang secara keseluruhan di kelilingi oleh sungai besar yang berdampak pada angin yang bertiup cukup kencang. Seluruh daratan yang ada di dhaka memang merupakan dataran rendah. Tidak heran jika badai angin topan besar sering melanda kota dhaka.

Dhaka memiliki jumlah penduduk sekitar 15 juta jiwa. Mayoritas merupakan suku bengal. Sebagian besar warganya memeluk agama islam. Tidak heran jika kota dhaka terkenal dengan julukan sebagai kota masjid. Kota ini memiliki banyak sekali masjid yang cukup besar. Sehingga julukan sebagai kota masjid tepat rasanya diarahkan di kota dhaka. Sebagian besar warganya merupakan warga suku bengal yang memiliki karakteristik yang cukup unik. Sehingga tidak heran jika permasalahan sosial juga sangat kental di kota dhaka. Kehidupan yang cukup damai di kota dhaka memang tetap terjalin. Sebab di kota dhaka merupakan kota yang cukup besar.

Meskipun memiliki suku lain yang menjadi perbatasan dengan burma, akan tetapi suku bengal mampu hidup berdampingan dengan suku lainnya. Meskipun secara geografis bisa dikatakan dhaka tidak menguntungkan, namun untuk masalah perekonomian bukan menjadi yang terlalu utama. Sebab sebagian warganya merupakan warga petani yang hidup dengan memanfaatkan lahan pertanian di sekitar sungai. Meskipun angin kencang dan kekeringan sering melanda kota dhaka, namun sungai-sungai yang mengalirinya tidak pernah kering ketika musim kering. Hanya saja angin topan yang cukup besar terlalu sering melanda kota dhaka yang berdampak pada banyaknya korban jiwa ketika badai besar itu datang. Sehingga penduduk harus waspada dengan adanya angin topan tersebut ketika musim angin topan sedang terjadi.

Dhakacity - Informasi Terbaru Kota Dhaka Bangladesh